Saya kehilangan data gara-gara 000webhost.com

Bahaya menggunakan 000webhost.com

Saya adalah pengguna 000webhost sejak tahun 2017 lalu, platform yang mempromosikan hostinger ini memang benar-benar gratis. Tapi sayang sekali dibalik layanan gratis ada resiko kehilangan data.

Sudah sering saya kehilangan data akibat akun hosting yang dibanned, tapi karena data yang saya gunakan tidak terlalu penting saya abaikan saja. Namun kali ini saya benar-benar muak dengan pelayanan 000webhost, pertama saya kehilangan data di tahun 2018.

Bertepatan ketika website saya banyak digunakan oleh orang, pengunjung sehari anggaplah 400 visitor. Tapi anehnya web saya dibanned dengan alasan di laporkan oleh pihak ketiga sebagai phising atau penipuan.

Bayangkan, web blog seperti biasa bisa-bisa nya di anggap sebagai phising. Potensi kerugian bisa mencapai 2 juta, karena web saya merupakan cms bisnis. Saya kehilangan data lagi di tahun 2021, blog ini pernah dikaitkan dengan 000webhost.

Lalu apa yang terjadi? Data saya hilang, akun di banned tanpa sebab. Alasanya tetap sama, web saya dilaporkan oleh pihak ketiga sebagai phising. Jelas saya menderita kerugian, apalagi data yang ada di 000webhost tidak saya backup.

Walaupun 000webhost benar-benar gratis, tapi saya tidak merekomendasikanya. Hosting gratis itu hanya modus, setelah kamu membuat akun dan menginstall wordpress akun akan langsung dibanned. Muncul tulisan berlogo seekor anak anjing sedang tidur di atas laptop, Website is sleeping. If you are the website owner you can wake website from sleep in the members area.

000webhost mengintruksikan jika ingin membangunkan kembali website, kamu harus masuk ke dashboard. Setelah masuk ke dashboard kamu diminta untuk memverifikasi akun dengan KTP dan mendeskripsikan jenis website yang kamu buat serta konten di dalamnya. Apa kamu mau melakukanya?

Bila sudah terlanjur di banned, sebaiknya iklashkan saja data website yang hilang. Bila kamu mempunyai dana terbatas masih bisa membeli web hosting kok, ya memang rata-rata harga web hosting cukup mahal.

Aku pertama mencoba layanan dari warnahosting, paket pemula dapet harga 25rb/bulan. Bayarnya bisa bulanan bisa juga langsung beli selama 6-1 tahun, tergantung kamu sampai kapan mau beli. Dengan harga segitu kamu sudah bisa membuat bisnis mu go online.

Selain 000webhost ada lagi web hosting berbahaya yang menawarkan layanan mereka secara gratis, salah satunya php.id. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau php.id suka menjual skrip orang, bahkan di webnya saja ada tuh promosi source code gratis. Sebenarnya source code dan webhosting tersebut tidak gratis.

Dibalik kata gratis ada promosi terselubung, contohnya : 000webhost eksis karena mempromosikan hostinger, php.id embel-embel gratis cuma di luarnya saja. Setelah kamu login ke php.id pasti akan diminta pembayaran. Nggak ada layanan hosting gratis, operasional server itu butuh biaya. Baik biaya listrik, biaya sewa isp, biaya perawatan, perangkat keras dan sebagainya.

Kalau ketemu web hosting gratis, hati-hati lihat dulu riwayatnya. Rating bisa di manipulasi, karena pembeli cenderung menilai lebih dulu saat menerima produk. terlalalu cepat menilai tanpa mencoba terlebih dahulu. Tapi kalau review atau pengalaman pengguna, itu asli loh. Kecuali review yang menggunakan affiliasi, sudah pasti mereka mengunggulkan layanan.



Banyak pengguna hosting Gratis karena tidak punya uang

kenapa web hosting gratis masih bisa laku? karena nggak semua dari kita punya uang, harga web hosting kan mahal. Kalau orang seperti saya, dibanding beli hosting lebih enak buat makan. Tapi kalau sudah mengetahui poensi penghasilan dari sebuah website jadi nggak ragu buat ngeluarin dana.

Sebelum saya membuat website ini, saya nggak punya uang sama sekali. Kantong saya kosong, beruntung ada orang yang mau menolong saya. Dia menyewa jasa pembuatan bot telegram, dan berani membayar mahal. Dari sinilah modal saya bisa terkumpul, hingga saya bisa kembali membeli laptop buat kerja.

Dalam catatan transaksi di bawah ini mungkin belum seberapa, saya sudah menghasilkan 7 juta lebih dari membangun website. Semua pendapatan yang bisa dinikmati langsung berasal dari jasa. Ya saya menyediakan jasa pembuatan bot telegram untuk bisnis.
Pendapatan selama 3 bulan ngeblog..

Website ini akan tetap berada di domain MY.ID, saya ucapkan terimakasih kepada kang ivan yang sudah membuat layanan hosting ber-harga murah. Bisa dibilang ya, jarang sekali ada layanan hosting lain dengan harga murah 25rb/bulan.

Ada, tapi minimal berlangganan nya nggak bisa satu bulan. Tapi harus 3 tahun sekaligus, jika kamu memilih bulanan harga semakin mahal. Tentu saja kita akan kesulitan membeli web hosting.

Kalau kamu punya rekomendasi web Hosting lain yang sama seperti WarnaHost komen di bawah ya, siapa tahu bisa berguna buat saya dan temen-temen pembaca blog ini.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚