Aku nyobain nonton youtube lagi setelah vakum setahun

NisaTube sedang mereview Ringlight Harga Rp50.000

RyanID News - Seperti biasa aku adalah Youtuber yang gagal, aku pertama memulai youtube tahun 2015 lalu dengan alat seadanya. Tapi semua keterbatasan itu membuatku nyerah, video pertama yang aku unggah adalah video berkebun. Semua aktifitas kita di hutan, menjelajahi banyak pepohonan, dan mencari bahan makanan dihutan, dan sebagainya. (Channel ini sudah kuhapus pada tahun 2019 lalu).

Habis itu Aku mulai menjadi penonton setia Youtube ketika tahun 2019, pada masa itu ada kuota yang harganya murah. Cuma 1rb/GB, buat nge youtube-an aku beli 3x dalam sehari. Nonton youtube lebih enak, walau ada iklan tapi iklanya tidak terlalu banyak seperti sekarang. Jarang sekali aku menemukan iklan di awal video yang nggak bisa di skip.

Tapi sekarang lebih parah lagi, iklan muncul di awal video sebelum diputar. Aku bisa bilang parah karena youtube nggak cuma nayangin satu iklan, tapi dua sampai 3 iklan tanpa bisa di skip secara langsung. Bagiku dengan kuota internet terbatas iklan ini sangat mengganggu, iklan bakalan menyedot 500Kb -1Mb kuota sebelum kita mulai menonton video.

Jelas aku benci ini, iklan dirancang mengganggu kenyamanan pengguna. Youtube tidak menyenangkan seperti dulu, aku tahu kegiatan ini hanya akal-akalan youtube untuk meningkatkan pengguna user premium mereka. Sangat disayangkan ide bisnis Google semacam ini, ternyata selain monopoli (menguasai android) untuk memenangkan persaingan Google juga bisa mengusir pengguna dari salah satu platform mereka malui kegiatan tak menyenangkan.

Pada Jan 2020 aku resmi vakum dari Youtube, semua channel yang aku kelolah ditinggal begitu saja. Aku juga mulai jarang menonton video youtube, harga kuota yang semakin mahal serta iklan yang bejibun adalah sebab kenapa aku harus berhenti menonton video Youtube.

Penggunaan kuota internet tidak seperti masa lalu dimana 1GB bisa awet semingguan, dan bisa awet selama 12 jam ketika dipake buat nonton youtube seharian. Dengan estimasi ukuran video yang ditonton tidak lebih dari 10MB.

Sekarang youtube sangat mengerikan, aku yakin kamu akan sangat jarang menemukan video tanpa iklan. Baru-baru ini peraturan terbaru dari Youtube menyatakan dia berhak memonetisasi channel yang tidak tergabung dalam mitra partnert Youtube. Ini artinya Youtube bakalan menayangkan iklan pada video yang tidak di monetisasi oleh pemiliknya, dan hasilnya menjadi 100% milik perusahaan.

Tak ada waktu buat kabur dari iklan, karena iklan tayang lebih awal sebelum video diputar. Ada sekitar 1 hinggs 3 iklan yang akan tayang, meskipun durasinya pendek hanya 20-30 detik tapi tetap saja iklan tersebut mencuri kuota kita. Apalagi video nya berubah menjadi HD pastinya kuota data yang disedot meningkat semakin banyak.


Beda banget ya hehehe, antara kebutuhan dan uang

Saran gw sih, jangan habiskan sebagian besar waktumu hanya untuk menonton video Youtube. Aku tahu, anak jaman sekarang hampir setiap hari menghabiskan waktu di Youtube. Dalam video ada zat adiktif yang membuat penontonnya selalu ketagihan untuk menonton video baru dari channel favorit mereka.

Aku jarang nonton Youtube tapi bila ada keperluan aku bakalan mengunduh video youtube dan menontonnya secara offline. Cara ini lebih hemat dibabdingkan memutar video secara langsung di Aplikasi Youtube, ukuran kualitas streaming akan meningkat pada koneksi internet yang stabil. Tidak ada pengaturan otomatis untuk mengubah setelan ini, kita hanya diberikan opsi pada saat menonton video. Kamu bakalan merasa repot jika satu kali memutar video harus memilih ukuran manual yang rendah untuk streaming video.

Telegram Bot ini @Playlist_dl_Robot bis mengunduh semua video dalam satu playlist dan mengirimnya ke anda lewat pesan instan telegram. Terkadang aku juga bisa menggunakan @urluploadxbot untuk mengunduh satu file video yang aku mau serta menggenerate thumbnail setiap beberapa menit scene dalam video.

Dengan begitu aku bisa mengetahui inti dalam video tersebut, apakah bagus buat di tonton atau tidak. Kebanyakan video yang aku unduh adalah video berbasis ilmu pengetahuan, jarang banget aku nonton video hiburan. Channel yang aku kenal The Sheny Peanut, Daftar 5, Creative Channel, Den JC, Sisi Terang, Learn Enginering Indonesia, Bang Tekso, TechIn Asia, Nous ID, dan masih banyak lagi. Rata-rata adalah channel edukasi.


Nggak ada yang melarang kok, kamu boleh nonton

Kamu bebas menonton video yang kamu mau, tapi rasakan bedanya antara nonton YT versi tahun sebelumnya vs nonton YT sekarang. Jelas terasa beda banget, persaingan youtube meningkat banyak anak muda yang beralih ke Youtube. Mereka datang karena ada orang yang pernah pamer penghasilan Jutaan bahkan Miliaran dari youtube, makanya banyak anak muda yang berbondong-bondog mau jadi Youtuber.

Kita bisa menemukan beragam konten di Youtube tapi juga bakalan menemukan iklan yang sangat mengganggu. Daripada nonton iklan mending berlanggananan Youtube premium deh, aku lihat paketnya ada yang murah-murah. Tapi mau nggak mau kita wajib merogo kocek dobel, harus beli kuota harus berlangganan youtube premium pula.

Aku punya solusi nih buat kamu yang mau nonton YT tanpa iklan, dengan menggunakan Youtube Mod Apk. Aplikasi yang dirancang pihak ketiga dengan layanan yang serupa seperti Youtube Berlangganan alias Tanpa Iklan, tapi disini kamu nggak akan bisa login karena pastinya aplikasi ini tidak punya izin akses ke akun Google karena sumber kode Appsnya sudah di ubah.

Silakan unduh lewat link di atas, lewati halaman destinasi ada dua halaman. Halman pertama berisi tips melewati, dan halaman dua berupa destinasi page. Moga kamu betah ya nonton youtube.

Ini yang nonton lihatin apa sih? :

Ry/Jurnalis

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚