Periksa pesanan alfagift sebelum kurir pergi

pesanan alfagift.jpg

RyanID - Alfagift merupakan program alfamart dengan tujuan untuk memberikan pengalaman belanja yang mudah ke konsumen. Alfagift adalah toko gerai alfamart online dengan wilayah cakupan yang luas. Dengan aplikasi ini pembeli bisa membeli produk yang tersedia di alfamart sekitar hanya dari ponsel menggunakan aplikasi alfagift.

Keunggulan dari alfagift adalah memberikan kemudahan dalam berbelanja, dan juga dukungan pengiriman gratis. Alfagift memberikan berbagai metode pembayaran, bisa via cod, transfer bank dan juga bayar pake e-wallet.

Di sisi keunggulan alfagift di atas terkadang kita mengalami masalah. Mulai dari paket nya lama sampe, produk tidak lengkap, hingga salah kirim. Nah di sini aku mau menceritakan terlebih dahulu apa saja yang sering aku alami ketika berbelanja di alfagift.

Paketnya lama dateng. Seperti biasa buat kita yang sudah sering memesan barang di alfagift pastinya mendapatkan pelayanan yang baik, dimana pengiriman sangat cepat cuma memakan waktu 30 menit saja.

Tapi terkadang ada kalahnya dai masa tertentu paket yang kita pesan tidak datang lebih dari 1 jam. Hal ini pernah saya alami, dan setelah saya hubungi layanan costumer care mereka ternyata paket lama dateng di karenakan pada saat itu sedang ada banyak pesanan dan juga wilayah pengiriman yang cukup jauh.

Okelah masalah ini kita bisa maklumi, karena dengan cara apapun yang nama pekerjaan memang tidak bisa di selesaikan dengan secepat mungkin. Kecuali kalau jumlah pekerja pengirimanya banyak. Nikmati saja lagian kita sudah mendapatkan gratis ongkos kirim.

Masalah kedua saya juga sering mengalami kurang produk. Agak rumit untuk komplen, karena saya menggunakan jaringan internet. Sementara nomor costumer yang disertakan harus di hubungi dengan telpon biasa.

Akhirnya saya terpaksa harus membeli pulsa untuk menghubungi cs atau mas kurir. Masalah baru muncul, ketika nomor si costumer yang tercantum dalam daftar pengiriman ternyata tidak bisa di hubungi. Alhasil saya menghubungi alfamart jakarta via email dan juga nomor HP.


Informasi kontak Alfagift

Nomor kontak yang bisa anda hubungi sudah tertera di bagian halaman pemesanan. Klik pesanan yang pernah anda order, kemudian scroll ke bagian hubungi toko. Di sana tertera nomor toko tempat di mana anda membeli produk.

Nomor ini selalu bisa di hubungi kapanpun, tapi bila alfamart tempat anda sengaja mematikan nomor mereka atau sengaja menambahkan nomor kamu ke daftar hitam sehingga sulit untuk di hubungi kamu bisa menghubungi kantor alfamart.

Informasi kontak kantor Alfamart/Alfagift

Artikel ini di rancang untuk memudahkan anda sebagai pelanggan agar bisa menghubungi costumer care, bukan untuk menjatuhkan karyawan ya. Jadi begini, kamu hubungi saja kontak dalam halaman pesanan, kalau mereka tidak bisa di hubungi baru deh komplen ke office jakarta. Karena setiap kita komplen ke pusat karywan alfamart yang bekerja di toko tersebut dapat SP (Surat Teguran), surat teguran SP1, SP2, SP3, jika dalam 6 bulan dapat surat teguran sebanyak 3x maka akan berujung pemberhentian hubungan kerja (PHK).

Saat di hubungi yang menjawab adalah robot, jadi untuk terhubung ke costumer care nya ada tindakan khusus yang harus di lakukan. Lewat telepon saya harus menekan angka 3 kemudian memilih nol untuk terhubung ke costumer service.

Setelah itu saya di tanya nama, dan keluhan yang saya alami. Kemudian cs akan menanyakan nomor pesanan yang ada di aplikasi, jadi pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengambil tangkapan layar sebelum menelpon.

Karena setelah kamu terhubung ke jaringan telpon 2G otomatis jaringan 4G internet ponsel kamu akan mati. Menghubungi alfacare melalui telpon jauh lebih cepat dari pada email. Tapi tetap saja penyelesaian masalahnya membutuhkan waktu 1-2 hari. Cukup lama bukan?

Biar tidak kejadian hal yang sama sebelum kurir meninggalkan bilang dulu tunggu, dan cek terlebih dahulu barang yang kamu terima. Ini saya sudah beberapa kali mengalami produk yang di terima kurang dan juga produk tidak sesuai dengan pesanan.

Lalu bagaimana jika produk yangg kita pesan tidak sesuai apakah kita makan terlebih dahulu produknya atau harus menunggu penyelesaian? Jadi buat produk yang salah atau kurang sebaiknya di simpan dulu produk nya.

Karena setelah mereka datang, kalau salah kirim atau salah masukin nanti akan di tukar dengan produk yang lain. Tapi jika produk ada yang kurang tidak masalah kamu mau makan produk yang sudah di beli sebelumnya, pihak alfamart hanya perlu mengirimkan produk yang kurang.


Alfagift salah memasukan produk atau kurang

shopping list.jpg
Kesalahan ini merupakan kesalahan karyawan, saya pesan Belfoods Chicken nuget 500 Gram di kirim yang 250 Gram. Dan saat mau menghubungi nomor toko terkait tidak bisa, alhasil saya menghubungi Greater Jakarta.

Berdasarkan pengalaman saya penyelesaian lewat gearter jakarta call center lebih cepat di selesaikan. Dan kalau via Email membutuhkan waktu 2-3 hari kerja, ketika kita sudah tidak lagi membutuhkan produk tersebut.


Saran buat pekerja alfagift terdekat

Sebaiknya berikan nomor telpon siaga yang bisa di hubungi setiap waktu. Jika tidak ada, berikan lah cara lain agar konsumen bisa menghibungi dengan cepat.

Karena di Alfagift tidak menyediakan fitur untuk komplen. Mereka hanya memberikan satu-satunya nomor toko, terkadang nomor toko tidak dapat di hubungi.

Saya paham kalau kalian itu bekerja dengan baik, dan profesional. Semuanya begitu, kalian pasti tidak mau kehilangan pekerjaan karena di nilai tidak profesional. Hal kecil saja bisa mengganggu karir kalian.

Tapi bagaimana pun kami sebagai konsumen ingin mendapatkan pelayanan terbaik dan cepat. Itu alasan kenapa kami mencari cara cepat agar bisa di layani, seandainya info kontak yang di berikan tidak bisa di hubungi ya solusinya mencari kontak lain. Benar bukan?

Di sini saya tidak mengetahui kalau melaporkan suatu ke salahan ke kontak cs jakarta akan menyebabkan kena teguran. Yang saya tahu adalah agar masalah saya bisa lebih cepat terselesaikan. Namu karena ini berakibat fatal, maka dari itu berikan info kontak yang bisa di hubungi serta jangan menambahkan nomor kami ke daftar hitam.

Jadi mereka memang sengaja menambahkan nomor ke daftar hitam agar tidak di hubungi, atau mematikan telpon agar tidak di hubungi. Karena saya sudah beberapa kali melakukan telpon, dan tidak bisa terhubung. Nomor yang anda tuju saat ini tidak dapat di hubungi atau sedang berada di luar jangkauan.

Jadi sebagai barang bukti agar suatu saat terhindar dari penuntutan, sebaiknya kamu gunakan recording. Sebagai bukti kalau ada pelanggaran, karena kemungkinan setelah ini saya terbitkan akan muncul pekerja alfamart yang mengencam saya. Atau kamu yang melaporkan kesalahan.

Jika kita punya bukti mau di tuntut dengan cara apapun kita tetap bisa memenangkan sengketa. Misalnya ketika nomor hp alfamart saat di hubungi tidak bisa terhubung bahkan berkali-kali ya bisa saja kita mencari nomor alternatif yang lain.

Rekaman akan menjadi bukti kalau kita itu tidak salah, dan tidak ada niat buruk. Makanya dari atas saya peringatkan untuk komplen sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah layak atau tidak.

RyanID
RyanID Tertarik pada teknologi, full stack developer at netzku.com