Tempat beli laptop murah di shopee dan tokopedia

ASKComputer Jakarta selatan

Ingin membeli laptop baru dengan harga miring? Aku punya solusi nih, buat kamu yang sedang mencari laptop baru tapi harganya pengen miring. Khususnya untuk laptop seri ROG, atau laptop gaming yang sanggup menjalankan program berat.

Biasanya laptop baru dengan harga yang sangat mahal masih menggunakan processor i5 generasi 10. Padahal processor sekarang sudah core i 7 generasi ke 11. MInimal dengan harga yang sangat mahal tersebut kita bsia mendapatkan processor yang multi thread lah.

Solusinya adalah membeli ke distributor tak resmi. Distributor tak resmi berbeda dengan barang black market, distributor ini ada tapi tidak secara resmi bekerja sama dengan pihak vendor. Garansi nya juga beda, kalau garansi distributor resmi kamu bisa klaim di bengkel resmi mana saja.

Sekali lagi ini adalah toko non resmi, tapi menjual produk original. Salah satu alasan kenapa harga bisa murah, karena garansi nya menggunakan garansi distributor selama 5 hari. Serta garansi service selama 1 tahun. Paket bundling yang akan kamu dapatkann juga berbeda jauh dibandingkan membeli unit dari distributor resmi.

Kemarin aku baru saja membeli laptop ASUS ROG G512Li, laptop ini merupakan laptop gaming kelas entry level dengan harga yang cukup terjangkau buat pelajar. Dalam paket nya kalau kita membeli dari official store ( distributor resmi ) bundling yang akan didapatkan lengkap, ada tas laptop khas ROG, Mouse Gaming khas ROG, Adaptor ROG, dan webcam kalau ada.

Jika kamu membeli pada distributor non resmi, jumlah kelengkapanya sudah pasti beda. Kalau kemarin saya hanya mendapatkan 1 unit laptop, 1 unit charger, 1 unit tas laptop kas ROG, dan 1 unit Mouse murahan seharga 10ribuan.

Kalau kamu tanya kenapa harga bisa murah, karena laptopnya pernah di unboxing oleh pemilik toko, atau laptop nya bekas review, dan pernah di pajang di eltase toko. Dari segi kelengkapan juga sudah berkurang dari membeli langsung asli. Tapi kalau di hitung-hitung cukup lumayan kita bisa menghemat 1 - 2 jutaan.

Contoh ya laptop ASUS G512Li di toko hijau harganya 16 jutaan, dengan spesifikasi kecil processor masih seri i5, ram masih 8GB. Kayanya tangggung kan, dan saya beli di toko shopee harganya 2 juta lebih murah tapi sudah dapat RAM 16GB, ssd 512Gb, serta Processor i7-1050H generasi ke 10.

Kalau garansi menurutku opsional sih, mau ada garansi atau tidak tetap saja konsumen kesulitan klaim garansi apalagi kalau unit sudah kita terima. Mau garansi resmi atau bukan, tetap sama. Kalau garansi distributor gak masalah karena ada jaminan tukar unit selama 5 hari jika produk bermasalah.

Jadi kita di kasih kesempatan menukar unit langsung di tokonya. Masalah garansi tidak perlu repot, ini aku punya xiaomi redmi note 11. Punya sedikit masalah bugs di software masalahnya sering terdisconned bluetooth setelah pemakaian selama 3 jam.

Mau klaim garansi ya percuma sih, di sini juga gak ada service center xiaomi, mau di kembalikan atau retur ke toko takut ongkirnya mahal eh pas perjalanan retur malah barang hilang. Makanya aku bilang garansi itu cuma buat sekedar profesionalitas saja.

Untuk menentukan mana penjual yang memang jujur bisa di lihat dari rating reviews, berapa rata-rata bintang penjualan dari toko tersebut. Kalau bintangnya rata-rata 4.9 artinya performa toko bagus, dan mereka pasti menjual unit original.

Pastikan juga melihat rating bernilai rendah alasanya apa, kalau di toko yang aku rekomendasikan ini alasanya karena produk tidak lengkap, serta tidak menggunakan packing kayu. Setelah aku tilik lagi, memang ternyata konsumen tidak membaca deskripsi produk.

Harga murah tidak termasuk packing kayu. Di sini aku hanya mau membagikan gimana cara mendapatkan unit laptop baru dengan harga sedikit lebih murah, dan dengan hardaware yang sedikit uptodate. Misalnya saja sekarang RAM 8GB rasanya tidak lagi cukup untuk menjalankan program berat seperti editing dan multitasking.

Dan toko ini berani memberikan kapasitas RAM 16Gb, atau mungkin sudah bawanya. Pokonya ini laptopnya aku terima sudah pernah di nyalakan sejak bulan Februari 2022 lalu. Sekitar 5 bulanan, mungkin saja ini unit bekas laptop review tapi bukan laptop bekas hanya di buka untuk di review saja.

Jadi wajar harganya bisa turun 1-2 jutaan. Selisih harga segitu bagi saya sih lumayan banget hahaha, bisa buat jajan donk. Mana lagi susah juga ngumpulin uang 1juta, masa harus nunggu gajian bulan depan baru bisa dapet.

Walaupun ini recomended seller jangan pernah melakukan transaksi di luar shopee ya. Pastikan kamu melakukan transaksi di marketplace, ini pengalaman saya. Kemarin mau beli laptop kata seller kenapa gak sekalian ambil Extra paket sayang laptop baru kena baret.

Akhirnya saya memutuskan beli juga tuh Extra paketnya. Tapi karena sudah co, akhirnya bayar di luar shopee. Karena di shopee gak ada kan QT tertulis malah tidak di includekan oleh pihak gudang. ini enaknya kalau admin nya trusted. Saya minta kirimkan lagi tuh Extra paket yang kurang.

Pada hari itu juga langsung di kirim, ressi nya juga di kasih. Oke sih, lumayan sekali menurutku udah dapat harga miring. Barang sampai juga tidak ada masalah, sudah di tes semua. Untuk ketahanan baterai ini sanggup bertahan hingga 3 jam lamanya.


Tips membeli laptop buat pemula secara online

Bagi pemula yang masih belum paham mengenai sistem komputer pasti akan sangat kesulitan menentukan jenis merk apa yang akan di beli. Laptop memang banyak jenisnya, bahkan produk dengan seri yang sama bisa saja mempunyai performa yang berbeda.

Hal ini di pengaruhi oleh jenis hardware yang di pasangkan pada laptop tersebut. Jadi wajar saja kalau satu unit dengan type yang sama punya SKU yang berbeda-beda. Untuk pemula, yang masih belum paham dengan dunia komputer mungkin aku akan sarankan beli yang murah dulu.

Laptop bekas jadi solusi laptop murah yang masih bisa di ajak bekerja di era sekarang. Saran saya jangan membeli laptop jadul yang di produksi pada tahun 2017 kebawah, karena teknologi nya masih belum canggih seperti laptop sekarang.

Kalau bisa pilih laptop tahun rilis 2017-2022, untuk mendapatkan harga miring kamu juga bisa membeli laptop bekas. Pertama, aku tekankan lagi jangan memeli laptop di forum jual beli facebook.

Forum jual beli facebook sangat banyak sekali penipuan, serta jaminan keaslian barang tidak ada. Saya sudah beberapa kali transaksi hp di sana selalu kena tipu oleh penjual. Sebaiknya pilih seller laptop terpercaya di toko online.

Seller yang terpercaya bisa di lihat dari reputasi toko nya. Lihat sudah berapa lama merchant toko tersebut bergabung ke marketplace. Lihat juga sudah berapa banyak jumlah barang yang berhasil terjual, dari segi rating dan testimoni lihat jumlah bintang rata-rata.

Terakhir lihat juga testimoni buruk atau bintang satu. Testimoni buruk atau bintang satu mencerminkan kualitas pelayanan dari toko tersebut, kalau ulasanya hanya terkait kelengkapan produk, paket datang lama, atau tidak lengkap saya rasa bukan kesalahan dari seller.


Tips memeriksa laptop yang hendak di beli

Pertama sebelum melakukan periksa laptop periksa terlebih dahulu apakah kelengkapan sesuai atau tidak. Setelah dinilai kelengkapan produk lengkap, langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian laptop perhatikan ada atau tidaknya baret dan goresan di layar. Baret dan goresan menandakan kalau laptop tersebut bekas, dan bisa mengurangi nilai harga jual jadi kamu bisa menawar.

Proses selanjutnya adalah pemeriksaan pada bagian hardware, cek semua speaker, keyboard, kemudian tes kesehatan ssd/hardiks, cek juga touchpad, perhatikan adanya jamur serta garis pada layar. Setelah proses di lakukan dan tanpa masala, selanjutnya periksa ketahanan baterai.

Untuk memeriksa ketahanan baterai charger terlebih dahulu hingga penuh, pada saat mengisi daya perhatiakan apakah charger masuk dan berfungsi dengan baik. Kemudian, tunggu sampai baterai terisi 100%.

Langkah terakhir adalah memeriksa performa cpu dengan menjalankan beberapa program berat, coba putar video 2 jam untuk melihat berapa lama ketahanan baterai. Jika baterai bertahan selama 30-40 menit artinya baterai sudah soak, dan minta di ganti.


Selama proses pemeriksaan dan unboxing produk pastikan kamu berada di area yang punya cctv. Bisa juga dengan merekam sendiri video proses pemeriksaan. Pada dasarnya laptop bekas punya ciri khas sendiri, misal nya ada beberapa tombol yang tidak berfungsi.

RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.