Balajar membuat Bot telegram tanpa Koding

Gampang Membuat Bot Telegram Tanpa Koding

RYANID.MY.ID - Karena bot telegram ini mudah di program maka membuat bot telegram adalah hal yang mudah. Bahkan sebuah aplikasi bisa membuat aplikasinya sendiri. Namun kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara membuat bot telegram dengan nol pengetahuan koding. Telegram merupakan layanan yang lengkap dan membuka lebih banyak API mereka, sehingga memungkinkan server pihak ketiga lebih leluasa ber-interaksi dengan user telegram melalui akun Robot.

Sebelum melangkah, pastikan kamu sudah membuat akun Robot terlebih dahulu. Akun robot hanya bisa dibuat menggunakan @BotFather, silakan chat bot fathernya. Gunakan command /newbot untuk membuat bot baru lalu balas dengan ketik Nama Robot kamu. Selanjutnya kamu diminta untuk membuat username robot, gunakan username yang simpel dan mudah dibaca sebab ini bakalan menjadi username dan URL bot kamu nantinya.

Username khusus akun robot pastikan menggunakan kata bot di akhir kata. Sebagai contoh saya ingin membuat username RyanID maka botnya akan seperti ini RyanIDbot. Habis itu kamu bakalan mendapatkan kode akses token untuk mengendalikan bot kamu, salin dan simpan kode nya.


Kali ini kita bakalan membuat Bot Penerima Umpan balik (Feedback)

Fungsinya untuk menerima pesan dari pengguna lain, meskipun kamu punya akun telegram pribadi tapi dengan menggunakan bot bisa jadi lebih private dan lebih teratur. Akun kamu bakalan bersih dari daftar chat nggak penting yang dikirim oleh akun telegram orang lain hanya untuk bertanya, kritik, saran (umpan balik).

Bot ini juga menjaga media yang dikirim tetap aman, misalnya nih ada yang kirim foto terus dihapus. Kalau menggunakan akun telegram biasa chat yang dihapus oleh pengirim akan di tarik kembali dan dihancurkan oleh telegram. Tapi dengan menggunakan bot pesan tersebut tetap ada tersimpan dalam database robot, kamu masih bisa melihatnya walaupun file, pesan atau media sudah dihapus oleh pengirim.

Cara membuat bot nya gampang, pertama Chat Robot pembuat robot ?, ketik saja username @LivegramBot di telegram kemudian klik start. Mudah kan? Aku harap teman-teman paham dengan penjelasan ini, kalau masih nggak paham mending ngulang lagi baca dari atas.

Step selanjutnya adalah mengaitkan robot kita, caranya kamu cukup balas dengan paste kode akses token. Setelah selesai klik kirim dan bot kamu akan secara otomatis terkoneksi, kamu bisa melakukan beberapa konfigurasi khusus.

Coba chat bot yang kamu buat tadi, caranya? Tadi kamu buat username robot buat apa cuk? silakan cari saja atau klik usernamer robot kamu dalam daftar chat BotFather. Karena kamu adalah admin (pemilik bot) maka kamu akan melihat log daftar pesan masuk yang dikirim oleh pengguna lain.

Dengan bot ini nama kamu bakalan tersamarkan alias anonymous, orang lain bisa menghubungi kamu dan kamu bisa melihat pesan beserta nama akun mereka namun orang lain atau pengirim pesan tidak akan bisa melihat nama kamu sebagai admin bot.

Masih bingung dengan tahap-tahapanya? Itu artinya kamu kurang teliti membaca, silakan dibaca dan pahami baik-baik artikel aku ini, dalam paragraf kedua aku sudah mulai mengajarkan cara membuat akun robot. Masih nggak paham? Sudah cari saja artikel lain, itu artinya kamu masih sama dengan anak SD.


Membuat Bot Berbagi Files URL sharing Telegram

Berbagi file di telegram bisa dilakukan dengan mudah, caranya kita cukup dengan mengirim dan memforward pesan media ke pengguna lain. Satu media bisa di forward ke pengguna lain, tapi cara ini cukup ribet bayangin kalau jumlah pengguna yang wajib kita kirimi ada 100 orang nggak mungkin kan mengirimnya satu-satu.

Berbagi file sharing via URL bot sangat cocok digunakan untuk konten dewasa, konten tersebut kalau dikirim langsung ke Grup atau channel telegram channel atau grupnya bisa dihapus. Oleh sebab itulah banyak orang menggunakan bot untuk mendistribusikan konten ke pengguna mereka.

Sumber file atau media tidak harus kita sendiri yang mengunggahnya, cukup dengan memforwading media ke bot Filesharing kemudian admin akan mendapatkan tautan yang bisa dibagikan. Apabila tautan tersebut diklik maka bots akan mengirimi kita file yang sudah tersimpan sebelumnya.

Bot ini membutuhkan akses ke channel telegram lain, sebab dia tidak menyimpan file ke server mereka melainkan ditimbun di telegram. Bila ada permintaan file maka bot akan meneruskan (fordward) pesan yang sebelumnya sudah tersimpan dalam channel kedua kamu.

Cara membuat Bots Nya gampang, pertama kamu wajib membuat akun Robot di Bot Father, Scroll kembali ke atas baca paragraf nomer 2 kalau kamu masih lupa. Setelah mendapatkan akses token lanjut ke tahap kedua, apa sih tahap kedua ini? Tahap kedua adalah mendaftar di situs pembuatan Bot Telegram agar bot kamu bisa di aktifkan.

Namun ada syarat lain yang kamu butuhkan, kamu wajib membuat channel telegram private yang bakalan menampung semua media dan pesan yang diforward oleh Bot. Di telegram klik ikon pensil, pilih buat channel baru dan nggak perlu tambah anggota cukup klik next. Habis itu buka channel yang baru saja kamu buat, kirim pesan ke channel lalu klik dan pilih opsi salin tautan.

Sekarang kamu sudah punya dua data, pertama kamu punya kode akses token bot, kedua kamu sudah punya URL posting dalam channel. Sekarang tinggal kamu daftar disini klik bots.shrimadhavuk.me/TIPSharEs/, nanti kamu bakalan di Redirect ke halaman login telegram. Klik Login menggunakan telegram, bahasa inggrisnya "login". Masukan nomor akun telegram kamu, dan kamu bakalan menerima kode masuk OTP lewat aplikasi telegram.

Masukan kode OTP pada website login telegram, jika berhasil akan ada 3 kolom yang wajib kamu isi. Silakan paste saja pada kolom Token dan URL pesan channel, kolom ID yang berisi angka jangan dihapus itu adalah user id untuk akun kamu sebagai admin. Kalau kamu ganti nanti bot nya bakalan berpindah admin.

Sekarang kamu sudah berhasil membuat bot telegram tanpa koding, cukup forward saja pesan media ke bot ini maka bot akan mengirimi anda URL unik. Url unik bisa dibagikan dan orang lain bakalan bisa melihat konten kamu.

? ARTIKEL INI SENGAJA DIBUAT TANPA MENGGUNAKAN GAMBAR, BILA ANDA INGIN MEMINTA GAMBAR SILAKAN CARI POSTINGAN LAIN. TAHAPAN-TAHAPAN MEMBUAT BOT TELEGRAM TANPA KODING ITU BANYAK, HALAMAN INI PASTI BAKALAN BERAT BILA BANYAK MENYERTAKAN GAMBAR

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚