Belajar Membuat Bot Kirim File sederhana telegram

Membuat Bot Telegram Sederhana

RYANID.MY.ID - Membuat bot telegram sangat mudah sekali, prosesnya hanya dengan melakukan chatting dengan BotFather. BotFather sendiri adalah satu-satunya bot yang bisa digunakan untuk membuat dan memanaging bot yang kita buat. Semua Bot telegram biasanya ter-integrasi dengan server web, yang dimana bisa membuat bot tersebut hidup. Sementara telegram bertugas memvasilitasi komunikasi antara pengguna dengan server bot. Kebanyakan bot telegram dibuat dengan bahasa phyton (bahasa pemrograman web) yang bisa digunakan untuk saling terhubung antara server telegram dengan server bot.

Sebelum kamu lanjut pahami terlebih dahulu bagaimana alur kerja bot telegram. Gambaranya begini, kamu bisa memiliki akun Bot di telegram, dan kamu bakalan dapat kode akses token dari BotFather. Kode akses token ini bisa digunakan untuk melakukan permintaan ke server telegram melalui Rest Api (Sebuah URL Api). Jadi kamu bisa mendapatkan informasi pengguna yang berinteraksi dengan bot kamu, seperti foto, nama, username, nomor hp, dan pesan chat yang dikirim oleh pengguna ke Bot Telegram kamu. Bot telegram membutuhkan server agar bisa memproses data yang dikirim oleh pengguna.

Bisakah membuat bot tanpa koding? Bisa, sekarang ada layanan bikin bot yang gratis dan bisa buat kamu belajar. Namanya TIPSharEs, salah satu channel telegram milik orang yang bisa digunakan untuk melihat pengumuman tentang layanan pembuatan Bot Mereka. Tapi tenang saja dalam artikel kali ini penulis akan memandu anda membuat bot sendiri hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, bot yang akan kita buat adalah bot Filesharing dimana kamu bisa membagikan file telegram lewat URL ke orang lain.

Sebelum kita lanjut, aku mau jelasin terlebih dahulu ke kalian. Bot telegram punya server sendiri yang independen, sewa server butuh biaya. Makanya nggak selamanya bot bisa online, nah kamu lihat artikel ini di tulis tanggal berapa? Tanggal 11 juni 2021, jadi bila suatu saat kamu datang ke sini dan pengen buat bot cek dulu apakah masih work atau nggak. Kalau sudah tidak bekerja lagi, kamu bisa skip artikel ini dan cek artikel yang lebih baru di Google.

Cara membuat Bot Telegram

  1. Pertama, chat akun @BotFaher klik Mulai untuk membuka percakapan.
  2. Ketikan command /newbot untuk membuat bot baru.
  3. Kemudian kamu bakalan dapat pesan balasan berupa instruksi untuk memasukan nama. Ketik dan kirim nama bot yang kamu inginkan.
  4. Selanjutnya kamu diminta membuat username, masukan username yang terdiri dari karakter tanpa spasi. Username harus di akhiri dengan kata bot dan dipisahkan dengan simbol undesrcore (_), contoh DikalaAndaMelihat_bot.
  5. Salin kode akses token yang diberikan oleh BotFather, caranya tekan lama pada kode maka secara otomatis akan terasalin.
  6. Selanjutnya buatlah sebuah Channel Telegram, pada layar Home klik ikon pena » Lalu pilih Channel Baru » masukan Nama dan Deskripsi bebas. Lakukan sampai kamu berhasil membuat Channel Baru.
  7. Oke Tahap berikutnya, kirim pesan ke channel yang udah kamu buat. Klik pesan yang terkirim, pilih opsi salin tautan.
  8. Buka Halaman Pembuatan Bot Telegram (situs pihak ketiga)
  9. Pada Halaman atas klik Login dengan telegram, kamu akan diminta memasukan Nomor HP dengan format internasional. Ketik nomor akun telegram kamu tanpa angka 0 didepanya.
  10. Selanjutnya, cek aplikasi telegram kamu akan ada pesan dari Telegram Official. Kamu diminta mengizinkan Bot mengakses akun tele kamu. Klik izinkan.
  11. Kembali lagi ke halaman Login Pembuatan Bot, aku yakin halaman akan merefresh dengan sendirinya. Masukan data yang dibutukan, seperti kode akses token, URL salinan dari chat ke channel, kode id abaikan saja klik submit.
  12. Sekarang Kamu sudah mempunyai bot sendiri, bot sudah aktif tanpa perlu menyiapkan server sendiri.


Cara menggunakan Bot Telegram Berbagi File.

Chat ke username bot yang sudah kamu buat sebelumnya, klik start untuk memulai percakapan. Sekarang kirim file apa saja atau teruskan dokumen ke Bot yang kamu buat, nanti bot balakalan memberi URL untuk mengakses file tersebut. Salin dan bagikan URL bot ke media sosial.

Dan apabila ada orang yang mengakses link tersebut dia akan di arahkan ke Bot kamu, dan bisa membuka file tersebut dengan menggunakan akun telegram miliknya. Cara ini sering digunakan oleh anak-anak pencari receh untuk membagikan video viral agar akun mereka tidak kena laporan.

Sebagai contoh untuk Bot Telegram buatan dikala anda melihat, kamu bisa melakukan chat ke Bot @DikalaAndaMelihat_bot, dan ketika comand berikut.

1. /start 60c2d2c7b64f8
2. /start 60c2a3e21f63a

Sampai disini kamu sudah mempunyai Bot Telegram sendiri dan bisa digunakan untuk saling berbagi dokumen file. Aku nggak bisa manyediakan screnshoot langkah kerja, sebab panduan yang di tulis di atas adalah hasil kiriman dari tim manager Dikala anda melihat. Gunakan Bot dengan bijak, kamu bisa menggunakan bot ini untuk keperluan file sharing.

Kiriman Manager Dikala

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚
  1. Andre

    Joss gan mantap, udah setahun ane jadi pelanggan ente sampe sekarang masih berteman. rekomended pokonya..

Tambahkan Penilaian kritik dan saran

Penilaian atau rating hanya bisa ditambahkan setelah anda membeli produk, rating yang sudah ditambah tidak bisa di ubah.