Bikin Bot file to Link dengan ForceSubs Channel

Mudah membuat bot file sharing atau berbagi file dengan telegram

RYANID - Panduan ini adalah cara lanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara deploy bot telegram file share. Apa sih bot file sharing ini? Bot ini adalah bot yang bisa menggenerate URL pada setiap file yang kita kirim ke bot. Dengan begitu kamu bisa membagikan file ke orang lain yang berada di telegram tanpa harus memforward file nya.

Keunggulan yang dimiliki oleh bot ini adalah bisa menambag subs channel atau anggota gruo telegram. Bila kamu membagikan link file, file tersebut tidak akan bisa dibuka sebelum orang bergabung atau melakukan subcribe ke sebuah channel yang ditarget. Bot akan memaksa orang lain, sub dulu baru deh boleh akses konten.

Bot ini dijalankan menggunakan Python dan pyrogram. Sebelumnya pastikan kamu sudah punya akun Heroku, silakan daftar dulu akun heroku (cuma daftar aja sampe selesai jangan buat aplikasi apapun ya).

Heroku adalah Web hosting aplikasi berbasis cloud computing yang dilengkapi berbagai software untuk menjalankan program. Dengan akun gratis kamu bisa membuat 1 aplikasi di akun gratisan, tapi ingat akun gratis ini punya batasan tersendiri. Bila pengguna bot banyak direkomendasikan menggunakan paket berbayar, sebab bot akan kewalahan menghandle ribuan proses dalam satu detik.



Persiapan sebelum deploy

1. Wajib punya akun bot, silakan buka telegram ketik username @BotFather di kolom pencarian pilih akun yang bercentang biru. Kemudian klik start dan kirim teks /newbot. Masukan nama bot dan username bot sampai kamu mendapatkan kode Api token. Salin kode Api token simpan pada notepad.

2. Chat ke bot @TGIdsBot (Cukup kilk start saja). Biarkan bot nya ada di dalam daftar chat kamu.

3. Buatlah sebuah channel telegram yang akan dijadikan sebagai database panampung semua file yang akan kamus simpan. Setelah channel nya jadi, tambahkan bot yang udah kamu buat sebagai admin.

Bot yang sudah dubuat

Setelah selesai Kirim pesan ke channel tersebut, lalu fordward/teruskan pesan nya ke @TGIdsBot. Pilih opsi Ids Only, habis itu salin kode angka yang ada tanda minus nya. Sebagai contoh -1001163516829, simpan kode id Channel database ya.

Pada Chat details kamu salin juga kode id nya, ada kode id yang bisa kamu salin. Kode id ini nanti bisa digunakan sebagai owner bot, simpan pada notepad.

4. Dapatkan ID Channel atau grup yang bakalan kamu jadikan sebagai bahan promosi, jadi pengguna akan dipaksa masuk ke channel/grup ini. Caranya gampang sama seperti langkah nomer 3 di atas, ketik pesan ke channel/grup nya lalu fordward ke @TGIdsBot.

kode id akun dan id telegram

Catatan bila kamu nggak bisa dapatin kode ID grup, gunakan alterrnative berikut. Tambahkan @MissRose_bot sebagai admin pada geup yang kamu mau, habis itu ketik teks /id maka kamu akan mendapatkan kode id grup nya.

Contoh kode id



Cara mendapatkan App ID dan Api App Hash telegram

Kode ini adalah kode api yang digunakan untuk berinteraksi dengan server telegram dalam enkripsi kriptograpi MtProto. Cara mendapatkanya mudah, silakan login saja di http://my.telegram.org/. Masukan nomor HP telegram kamu dalam format internasional (+62 kalau indonesia). Setelah itu kamu akan diminta otp yang dikirim ke aplikasi telegram, masukan kode otp yang kamu terima.

Selanjutnya buat aplikasi baru, beri nama aplikais bebas ya. Buat sampe kamu mendapatkan kode api app id dan api app hash. Salin kode nya simpan ke Notepad.



Cara Deploy Aplikasi Mudah banget!

Salin dan tempel tautan berikut ini ke tab browser kamu https://github.com/ryanjauhari/file_save, habis itu scroll ke bagian bawah tepat pada bagian Installation klik Deploys To Heroku.

Deploy file sharing bot telegram

Akan muncul beberapa kotak input yang wajib kamu isi, bot ADMINS masukan kode id telegram kamu. Tambahkan lebih banyak kode id user pisahkan dengan spasi.

Api Hash app id masukan kode yang sudah kamu dapatkan sebelumnya. Masukin dengan bener jangan kebalik nanti bot nya error.

Kolom Channel id masukan kode id database channel. Kode id yang valid ada tanda minus nya, bila kode id tidak punya tanda minus itu artinya kode id yang kamu dapatkan tidak valid atau kode id user.

Kolom Forcesubs channe isi dengan kode id grup atau boleh juga dengan channel yang ingin kamu promosikan. Sekali lagi, id grup atau channel ada minus nya ya kalau nggak ada tanda minus di awal kemungkinan id tidak valid.

Pada kolom Owner ID masukan id telegram kamu, sesuaikan juga pesan welcome / selamat datang. Pesan ini akan mucul apabila pengguna mengirim pesan /start ke bot.

Dan terakhir TG Bot token masukan kode token bot yang berhasil kamu buat sebelumnya. Klik Deploy.... Proses deploy memakan waktu beberapa saat tunggu sampe selesai. Kalau udau selesai jangan kemana-mana, lanjutkan tahap dua dibawah.



Tahapan Mengaktifkan Worker Heroku.

Klik Resource setelah kamu deploys, disini akan ada tulisan free dynos. Klik edit pada worker kemudian aktifkan, setelah itu bot kamu sudah berjalan. Coba chat deh bot nya maka bot akan membalas pesan kamu, untuk melihat gambar worker main seperti apa silakan lihat gambar dibawah ini.

Mengaktifkan Worker pada Herokue

Jika kamu sudah mengikuti panduan dari atas sampai bawah dengan baik penulis bisa pastikan bot yang kamu buat bisa berjalan seperti biasa. Dalam posting kali ini penulis akan menyertakan screnshoot bot yang sudah jadi, bot ini bisa digunakan untuk menambah jumlah subs channel.


Proses membuat bot tanpa koding sama sekali, kamu bisa mengikuti langkah di atas. Tapi bila kamu ingin belajar membuat bot telegram dengan koding PHP penulis membuka jasa les pembelajaran bot, harganya murah untuk paket belajar bikin bot hanya 50ribu saja. Silakan chat ke akun @ryanx telegram atau bila tidak ada response sama sekali silakan kirim email ke kontak page dibawah blog ini.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚