Cara menghapus url m=1 di blogger dengan javascript

Cara hapus kode url ?m=1 di blogger

RYANID - Blogger menghasilkan paremeter URL ?m=1 ketika di akses lewat peramban seluler, juga ?m=0 atau tanpa paramenter bila di akses menggunakan pc atau desktop. Sebenarnya parameter ini menamdakan sebuah tampilan halaman, pada blogger terdapat dua tampilan. Yang pertama tampilan mobile dan kedua tanpilan desktop, kedua ini dibedakan pada pembuatan theme. Namun kebanyakan theme blogger sekarang sudah responsive alias bisa menyesesuaikan diri sesuai ukuran layar.

Pada pengaturan template juga dipilih gunakan tema desktop diperamban seluler, dengan begitu parameter URL ?m=1 jadi tidak berfungsi. Walaupun tidak ada gunanya tetap saja tidak bisa dihapus, ini adalah pengaturan permanent dari blogger itu sendiri.

Salah satu alternative buat menghapus parameter ini adalah dengan menggunakan bantuan javascript. Prinsip kerjanya gini, pertama kita menggunakan sebuah fungsi khusus untuk memanipulasi URL setelah halaman dimuat. Kelemahan dari teknik ini bisa menurunkan Google Page speed karena halaman terkadang direfresh ulang setelah dimuat.

Kelemahan lainya adalah hanya berlaku pada peramban yang mendukung javascript. Sebagian browser tidak mendukung, sehingga terkadang ketika membuka sebuah URL Post maka yang terlihat pada addressbar adalah nama domain saja.

Sampai disini apa masih tertarik ingin menghapus parameter ini? Jika masih tertarik silakan lanjutkan membaca, dibawah ini aku sediakan tutorial menghilangkan URL blogger ?m=1 dengan bantuan javascript. Caranya sangat gampang, sebagian besar pengguna blogspot pasti bisa melakukanya.


1. Pertama, salin kode script dibawah ini.

<script type='text/javascript'>      //<![CDATA[
var uri = window.location.toString();if (uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;,&quot;?m=1&quot;) &gt; 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf(&quot;?m=1&quot;));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);}
       //]]></script>

2. Masuk ke Blogger » Menu Theme » Edit HTML lalu cari teks </body>, pastekan di atas kode penutup body. Simpan theme, selesai deh.

3. Bagi pengguna template VioMagz, LinkMagz bisa di tambahkan via witget. Klik Menu Tata letak / Layout pada blogger » scroll ke witget paling bawah, pada bagian custom script pastekan kode. Lalu simpan, cek blog mu paremeter url ?m=1 sudah hilang.


Cara di atas sudah pernah penulis coba, sudah ada pemisah antara script dengan dokumen XML kita menggunakan CDATA. Sehingga tidak akan terjadi error apapun pada saat mengedit template blogger. Saran aku, sebelum melakukan percobaan ada baiknya cadangkan terlebih dahulu template yang sedang kamu pakai sekarang. Buat jaga-jaga kalau terjadi error yang tidak diinginkan atau desain template hancur kamu bisa memulihkanya dengan mudah hanya dengan file backup.

Prinsipnya cukup sederhana, kita menggunakan fungsi javascript history push state untuk memodifikasi riwayat dan enambahkan URL baru pada addressbar browser tanpa perlu melakukan refresh halaman ulang. Namun beberapa proses masih menetapkan refresh halaman, jika ingin melihat proses perubahan dari tanpa m ke ?m=1 dan kemudian berubah lagi jadi tanpa ?m=1 bisa cek di Google Page speed.

Cukup sederhana namun sangat bermanfaat, semoga bisa membantu buat teman-teman yang mengalami masalah atau merasa tidak nyaman dengan parameter URL m dari blogger.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚