Cara membuat kompresi archive file dengan telegram

Cara membuat zip file menggunakan telegram

RYANID.MY.ID - Terkadang terbayang dalam benak kamu bagaimana caranya mengarsipkan atau membuat file zip dengan bantuan aplikasi telegram. Tentu saja bukan mengarsipkan file yang ada pada Storage Android, tapi mengarsipkan file yang sudah ada di server telegram sehingga file nya bisa di unduh sekaligus atau diimport secara langsung ke akun Google Drive maupun Mega.Nz.

Beruntung kamu sampai ke artikel ini, sebab aku sudah mencari nggak ada satupun orang bikin artikel cara membuat file zip dengan bot telegram. Setelah 2 hari akhirnya berhasil juga, dengan telegram aku bisa mengelolah file yang ada di server sana dengan cara remote sehingga tidak perlu melakukan unduh upload lagi. Bot telegram membantu mengelolah file yang aku simpan di server telegram, aku juga bisa mengimport secara langsung file yang berada di host lain ke telegram dengan menggunakan bantuan URL Uploader X Bot.

File yang disimpan pada telegram ini sangat fleksibel, aku bisa mengimportnya ke akun Google Drive, Mega, atau Cloud Drive lain bila aku mau. Oke skip, sekarang aku mau berbagi kepada pembaca setia blog RyanID. Bisa nggak sih semua file yang ada di telegram dijadikan sebagai zip dengan metode di teruskan gitu. Bisa banget, kamu bisa banget. Cara ini sangat cocok bila kamu mmpunyai banyak file di telegram tapi sayang dan ingin mengarsipkanya agar menjadi sebuah file saja.

Sebagai contoh aku punya banyak file dalam daftar simpanan (Chat yang disimpan) semua file tersebut didapat dari pesan kiriman ada juga yang didapat dari import lewat URL. Kalau sudah terlalu banyak suatu saat kalau kita menghapus history chatting pasti semua file bakalan hilang akses nya. Nah agar nggak hilang aku mau menjadikanya satu file saja dan kemudia mengimportnya ke akun Google Drive.


Cara Membuat Zip Arhive dengan Telegram

Teknik ini menggunakan bantuan Bot Pihak ketiga, kamu bisa menggunakan bot secara gratis dengan batasan file yang bisa di tambahkan maks 500MB. Bila ingin menambah kapasitas kamu bisa melakukan Upgrade akun ke versi pro dimana batas limit file yang diberikan lebih besar lagi. Perlu kamu ketahui proses membuat arsip dilakukan di sisi server jadi file nya bakalan di unduh dari telegram ke server bot ini tentunya memakan waktu. Tergantung seberapa besar ukuran file yang kamu berikan, kemudian setelah di arsipkan file akan di unggah kembali ke server telegram oleh Bot. Format yang didukung ZIP, TAR, BZ, GZ.

Ikuti instruksi dibawah ini, pastikan kamu sudah menginstall dan login di situs web atau aplikasi telegram. Penulis tidak akan memandu kamu bila di arahkan ke halaman login telegram. Buat pengguna PC link bot dibawah nggak bisa di klik cukup copy user name ya lalu ketik di kotak pencarian telegram.

  1. Chat Ke Bot nya @ZipperProBot
  2. Setelah chat, kamu cari dan teruskan file kiriman ke Bot Tersebut, kemudian pilih opsi Add
  3. Tambahkan satu satu, setelah proses Add selesai kamu bisa menambahkan file lain caranya sama. Teruskan file (fordward) ke bot dan pilih Add. Hanya satu file bisa ditambahkan dalam satu waktu.
  4. Setelah semua file di tambahkan, buat zip dengan ketik command /zip Nama File yang kamu inginkan.
  5. Proses membutuhkan waktu, dan bila selesai maka kamu bisa mengunduh file Archive nya atau diteruskan (fordward) ke chat lain.

Ini merupakan kebalikan dari artikel cara mengekstrak file archive zip, rar, tar, gz dengan telegram. Alasan kenapa menggunakan bot telegram sebab karena kamu ingin mengelolah file di sisi server, kalau mengelolah file di sisi client pastinya butuh banyak kuota internet untuk proses download dan upload. Seperti yang kita ketahui, file yang sudah di unggah ke server telegram bisa dengan mudah di teruskan ke pengguna lain.

Kalau kamu membutuhkan bot lain buat mengelola file yang sudah kamu arsipkan bisa baca kumpulan tools bot utilitas telegram yang bisa kamu coba gratis. Ada bot Mega Uploader, BotDuniaUploader, dan Google Drive yang dimana bisa membantu menyalin dan mengimport file kamu ke akun penyimpanan awan.

Ternyata aplikasi telegram sangat cocok digunakan sebagai media penyimpanan unlimited. Karena aku sendiri menyimpan file di telegram dan menggunakan bot untuk membagikan file lewat URL. Pengguna yang mengakses file juga bakalan di arahkan ke telegram untuk mengakses file. Kalau dihitung aku sudah punya banyak file hasil import tanpa perlu mengunduhnya ke perangkat Android. Semua file di kumpulkan lewat pesan terusan dan juga import lewat URL menggunakan bantuan bot URL X Uploader Bot.