Cara memblokir situs berita di hasil pencarian Google

web newz.jpg

RYANID.MY.ID - Terkadang kita di buat jengkel oleh situs web berita nasional yang di mana begitu merajai hasil penelusuran google. Apapun kata kunci yang kita ketik pasti ada saja web berita yang membahas topik di luar liputan, misalnya web bola membahas topik seputar lagu, atau stus tribunnews membahas seputar download film.

Hal yang bikin kita makin kesal kebanyakan situs berita rakus, mereka menggunakan banyak iklan, asset js iklan dari berbagai situs. Semakin banyak iklan akan menguras banyak data internet, apalagi kalau kita menggunakan akses data seluler akan langsung tesedot habis.

Dengan artikel yang di bagi menjadi beberapa halaman tentu saja semua orang akan langsung kesal dengan situs news, hadir nya situs yang dengan iklan mengganggu di halaman pertama google tentu akan membuang banyak waktu. Kamu mungkin perlu lebih banyak waktu untuk memilih artikel dari sumber website yang ingin di baca, tidak mungkin mengklik hasil penelusuran teratas yang begitu banyak iklan.

Sayang sekali sampai sekarang belum ada cara apapun untuk memblokir hasil penelusuran dari web berita, jangan sedih dulu. Ada alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk memfilter hasil penelusuran dari situs web yang nggak diinginkan. Cara ini bisa bekerja dengan baik pada peramban chrome dan kiwi browser yang ada pada android.

Saya mengetahui tekniknya secara langsung ketika bertanya di forum komunitas google webmaster, beruntung ada salah satu pakar yang menjawab pertanyaan saya. DIa memberikan rekomendasi terbaik, saya di sarankan menggunakan ekstensi pemblokir situs dari hasil penelusuran.

Ekstensi ini bekerja dengan menambahkan strip otomatis ketika kita melakukan pencarian pada peramban chrome, saat melakukan pencarian pada bagian bawah judul deskripsi web akan ada sebuah opsi tombol untuk menambahkan hasil pencarian ke dalam daftar blokir. Jika domain tersebut sudah di tambahkan ke daftar blokir maka setiap pencarian kamu di masa mendatang tidak akan mucul hasil pencarian dari web tersebut.

Tanda strip di google mempunyai fungsi untuk membantu memfilter website yang mengandung kata kunci yang tidak kita inginkan, ekstensi ini secara otomatis menambahkan strip pada keyword ketika kita melakukan penelusuran dengan mesin pencari google.



Cara memblokir web berita dengan ekstensi Personal Blocklist

  • Silakan download terlebih dahulu ekstensi nya, klik disini untuk download
  • Setelah di download pasang ekstensi pada peramban chrome, berikan semua izin yang di butuhkan.
  • Lakukan pencarian dengan kata kunci bebas, nanti kamu akan dapat melihat sebuah opsi blokir situs

blokir tribun.jpg



Situs apa saja yang wajib di blokir?

Blokir semua situs web yang menurut kamu mengganggu, kalau menurut pendapat saya ada beberapa situs web media nasional yang sangat menjengkelkan. Di mulai dari yang pertama semua subdomain tribunnews.com, popmama, linetoday, semua anak perusahaan brilio, suara.com, kompas.com, dan masih banyak lagi.

Situs web berita yang saya nilai tidak bagus adalah web berita dengan halaman sedikit tapi iklan banyak. Web yang saya sebutkan di atas memuat javascript eksternal iklan dari berbagai sumber, wajar saja ketika mengunjungi web tersebut paket data seluler jadi terkuras habis sama seperti mengunduh sebuah file di internet.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kecualikan sebagian situs web berita yang konten nya kamu suka. Saya suka sama tirto, kompasiana, wikipedia, dan web - web lain yang menyajikan konten full satu halaman dengan lebih sedikit iklan.



Apakah Ekstensi bisa di install di Browser seluler?

Ekstensi Personal Blocklist bisa di pasang pada peramban mana saja asalkan peramban tersebut mendukung penggunaan ekstensi atau add ons. Di saya sudah mengenal Kiwi Browser, peramban yang sama seperti Gooogle chrome tapi punya keunggulan bisa memasang ekstension seperti layakanya chrome pada peramban desktop.

Ketika kamu menggunakan peramban seluler saya tekankan agar tidak terlalu banyak memasang ekstensi. Maksimal pasang 3 ekstensi saja, kebanyakan ekstensi bisa menbuat halaman jadi lemot, patah-patah, atau bahkan browser jadi lag ketika ingin melakukan scrolling.



Cara ini lebih effisien untuk menghemat waktu dalam berselancar di internet, web berita bisa menempati halaman teratas Google karena mereka menggunakan teknik spilit page. Spilt page ini di sebut juga membagi sebuah artikel jadi beberapa halaman. Tujuan mereka tentu saja untuk meningkatkan page views dan juga memperpanjang durasi sessi.

Metrik tersebut di gunakan oleh Google untuk merangking sistus web. Website yang punya sessi rata-rata kunjungan lebih lama di sebut bagus. Dengan adanya spilit page uang yang di hasilkan web news juga lebih banyak dampak dari page views yang banyak. Satu user memuat sampai 4 halaman karena artikel nya di bagi jadi beberapa halaman.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚