Cara sambung kabel Headset tanpa Warna

RYANID.MY.ID - Menyambung kabel headset bisa dibilang sulit bagi pemula, tapi kalau sudah paham tekniknya akan terasa lebih mudah. Saya sudah berkali-kali mencoba sambung kabel Headset, tidak semua percobaan berhasil.

Bahkan saya sering gagal, headset cuma berbunyi sebelah, suara headset jadi putus-putus, microphone nggak berfungsi dan masih banyak lagi. Kesalahan demi kesalahan, akhirnya saya bisa menemukan rumus yang tepat bagaimana cara menyambung kabel Headset dengan mudah.

Tips ini membutuhkan sedikit pengetahuan tentang kelistrikan, minimal bisa paham cara mengukur tegangan listrik. Dalam praktek nya, tips ini membutuhkan alat ukur lisrik berupa MultiTester Analog. Kalau nggak punya kamu bisa menggunakan LED Mini bekas senter sebagai indikator.

Dalam tips sebelumnya saya mengajarkan cara sambung headset menggunakan patokan warna kabel. Kali ini, saya akan mengajarkan tips sambung kabel dengan menggunakan pin out Jack Audio 3.5mm pada umum nya.

Dari Analisis saya sebelumnya, banyak teman-teman yang masih salah dalam menyambung kabel. Padahal sudah mengikuti langkah-langkah dengan benar. Kesalahan terjadi karena perbedaan pabrikan kabel.

Karena pabrikan Headset banyak, jadi mereka punya prinsip yang beda-beda. Saya juga sering mengalami kasus, dimana warna kabel sudah tidak lagi singkron sesama kabel headset pada umumnya.

Dengan memahami pin kaki Jack Audio 3.5mm, kamu akan bisa menyambung kabel sendiri. Setiap pin jack audio akan menggambarkan fungsi dari setiap jalur sambungan, dan dengan bantuan alat tester kamu bisa mengetahui tiap pin terhubung ke kabel mana saja.



Menentukan hubungan sambungan antara kabel dengan pin jack audio

  • gambarlah sebuah jack audio 3.5mm dengan 4 pin di ujungnya, satu pin beri simbol tanda. Misalnya, pin pertama (paling ujung) saya kasih simbol angka 1
  • Kupas kabel kawat halus headset, kikis bagian email nya dengan cara di panaskan selama 30 detik. Lakukan untuk keempat kabel yang sama
  • Gunakan alat pengukur, bisa multitester analog atau gunakan lampu led. Hubungkan positf baterai ke salah satu pin jack audio
  • Hubungkan ujung tester lain nya ke kabel jack, jika tidak nyala pindahkan ke kabel yang lain sampai kamu menemukan led menyala/ kabel terhubung.
  • Catat warna kabel dan terhubung ke pin jack nomor berapa.
  • Ulangi langkah di atas sampai ke-empat kabel ditemukan hubungan pin out pada jack.

Jika kamu punya pengetahuan seputar kelistrikan, pasti bisa memahami tahapan yang sudah saya contohkan di atas. Pastikan kamu sudah melakukan langka dengan benar, jika pin jack kamu hanya ada 3 itu artinya cuma stereo nggak ada jalur mic.

Sekarang kamu perhatikan pin out jack audio 3.5mm jenis TRRS dibawah ini, lihat kembali hubungan kabel pada pin. Cobalah sambung kabel pada masing-masing tempatnya berdasarkan sambungan pin.
Pin Kabel Headset Type TRRS

Setelah semuanya tersambung dengan baik, lakukan kalibrasi. Coba pasang pada perangkat smarthone, putar suara dan dengarkan. Apakah suaranya sudah pas atau belum, periksa juga apakah jalur microphone terhubung.

Setelah semuanya di rasa cukup jangan lupa kencangkan sambungan, bagian kawat terhubung perlu di kencangkan. Tahapan ini membutuhkan kesabaran, karena harus presisi banget.

Kamu mungkin tidak akan merasakan dampaknya 1-2 hari setelah headset di sambung. Dampak sambungan tidak kuat bisa kamu rasakan seminggu kemudian, suara pada speaker terdengar putus-putus. Kadang hilang kada cuma bersuara sebelah.

Pada bagian sambungan kalau kamu punya bekas cup/penutup Headset bekas rumah tombol gitu lebih baik gunakan itu lebih kuat. Menggunakan Lakban, kantong kresek tidak bisa menjamin kekuatan.

Ketika sedang dipakai kabel headset sering tertarik oleh tubuh, apalagi saat digunakan sambil rebahan. Belajar dari pengalaman pribadi, saya menyarankan agar sambungan diberi sebuah rumah.
Pemberian penutup pada sambungan kabel Jack Audio

Bebas mau terbuat dari apa saja, yang penting bisa melindungi kabel bagian sambungan agar tidak selalu bergoyang. Kalau di sambung manual bagian, sambungan ini akan selalu menerima goyangan serta tarikan dari luar.


Harga sebuah Headset/earphone di pasaran sudah cukup murah. Menyambung headset hanya sebagai alternative saja, ketika kita nggak punya banyak uang, sedang berhemat. Yang penting paham cara menerapkan ilmu nya, jangan pernah hilang. Ilmu pengetahuan seputar elektronika sangat penting di masa depan.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚