Inilah penyebab Facebook tidak bisa di akses selama 6 jam

Facebook Error 503

Saat situs jejaring soscial milik marzukerberg error saya sedang mengerjakan skrip, dan tidak peduli tentangnya. Banyak dari teman-teman yang mengeluhkan jaringan facebook, nggak cuma itu sosial media yang dinaungi oleh facebook tidak bisa di akses, WhatApp, Instagram, Dan facebook tak bisa di akses sama sekali.

Kalau melihat dari berita lokal belum ada media yang menyebutkan penyebab masalah facebook error. Namun disini saya mencoba mencari informasi dengan melakukan investigasi. Tidak berpatokan dengan situs media nasional, karena kebanyakan dari mereka hanya membuat artikel karangan (dugaan-dugaan yang belum pasti).

Saya menggunakan aplikasi HTTP Header Checker untuk memeriksa domain facebook. Saat di akses menggunakan alat tersebut host dengan alamat https://m.facebook.com tidak ditemukan. Ini artinya tidak ada server manapun yang merespon permintaan ketika saya melakukan permintaan ke host m.facebook.com

Biasanya kalau berhasil ini akan mengembalikan kode 301, sebab faceboik itu kan ada dua mode. Pertama mode desktop dan kedua mode mobile, ulrlnya juga beda. Saya paham karena dulu pernah iseng melakukan chek terhadap server facebook untuk menguji apa respon header nya.

Namun kali ini saya mendapati 503 UnAvailable, kode error ini biasanya terjadi ketika server kelebihan beban alias sudah tidak sanggup menangani permintaan yang sudah berlebihan. Saya tidak mengetahui secara pasti, apakah memang benar server facebook yang bermasalah atau konektifitas jaringan yang bermasalah.

Metode yang saya gunakan untuk hal ini adalah dengan menggunakan cURL dan mengabil nilai respon header dari server. Nah tools yang saya gunakan adalah komputer Remote, jadi saya sama sekali nggak menggunakan ISP Provider untuk memeriksa koneksi ke facebooknya. Hal ini membuktikan kalau jaringan koneksi internet sedang baik-baik saja bukan karena masalah kabel bawah laut apalagi masalah transmisi jaringan.

Saya yakin gangguan yang di alami oleh facebook adalah overload alias kelebihan beban server, meskipun facebook sudah mengoperasikan beberapa server namun ingatlah layanan ini mencangkuo seluruh dunia. Mungkin saja pada malam ini ada pertambahan jumlah/total penggguna yang online berkali-kali lipat atau masalah kerusakan internal dari server facenbook.

Jangankan facebook, saya saja ketika web/blog ini mendadak down jadi bingung perbaiki masalahnya dimana. Ketika terjadi error atau masalah yang paling sulit dilakukan adalah menemukan penyebabnya, walaupun kita udah mengetahui jenis errornya tapi penyebab yang jelas akan sangat membantu dalam perbaikan kedepanya.

Untuk saat ini saya hanya bisa memberikan informasi sedikit ini, belum banyak info yang saya dapatkan. Ini adakah hasil penyelidikan kecil-kecilan, kamu juga bisa melakukanya dengan menggunakan HTTP Header Checeker. Gunakan server di beberapa bagian negara untuk mendapatkan informasi apakah facebook juga error di negara tersebut atau tidak.

Atau kamu bisa menggunakan VPN, dengan vpn kamu bisa meminta bantuan terhadap server luar buat akses ke facebook dan kemudian memberikan data ke kamu. Jika tidak mengalami masalah itu artinya hanya di indonesia yang down akibat overload pengguna

Ini pertamakalinya Raksasa teknologi dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia mengalami gangguan selama 5 jam. Ketiga Media sosial Facebook, WhatsApp, dan Instagram masih tetap tidak bisa di akses hinggs pukul 3 malam. Saya fikir ini adalah kerusakan parah, durasi downtime yang sangat lama dan bahkan belum pernah terjadi sebelumnya.

Beruntung hanya terjadi pada malam hari, meskipun cuma 5 jam Marzukerberg tetap mengalami kerugian hingga triliunan rupiah. Seperti biasa kalau perusahaan besar selalu menghasilkan transaksi keuangan setiap detik, tapi jika layanan mereka terganggu pasti mengalami masalah juga.

Buat teman-teman yang bisnisnya masih bergantung pada satu sosial media ada baiknya sekarang segera buat spilit bisnis. Saya sendiri mempunyai 3 metode promosi untuk meningkatkan penjualan, pertama melalui Google, Layanan Facebok, dan juga telegram. Apabila salah satu layanan ini mengalami gangguan, entah itu akun diblokir, gangguan internal lain, jadi masih bisa jualan. Pengguna sosmed akan pindah ke sosmed lain apabila sosmed yang dia gunakan mengalami masalah. Misalnya pada kasus facebook kemarin, saat semua server facebook, whatsapp, dan instagram mendadak tidak bisa di akses banyak orang pindah ke Twitter dan telegram untuk tetap terhuhung.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚