Penghasilan Google Adsense Blog selama 2 tahun

Pembayaran Google Adsense

Penghasilan setiap orang bisa berbeda-beda tergantung jumlah klik dan juga jumlah page views dan harga iklan yang mereka dapatkan. Penulis sendiri sudah memiliki akun Adsense dan memonetisasi blog sejak tahun 2019, karena pada tahun 2019 sd pertenghan 2020 ada rintangan yang membuat penulis gagal dapatin $ 10 pertama maka pada rentang tanggal ini tidak dihitung.

Penyebab penulis gagal mendapatkan $ 10 pertama adalah blog AGC, dulu sewaktu blog ini berjaya selalu muncul di halaman ter-atas Google dengan Otoritas domain Rendah : DA 2, PA 10. Banyak blog AGC yang menyalin artikel penulis secara otomatis, dampaknya blog penulis mengalami penurunan visitor hingga nol perhari.

Google menganggap postingan saya duplikat dan mengecualikan semua di Hasil penelusuran, sementara milik AGC bisa bebas ter-index Google. In karena pelaku AGC mengganti tanggal terbit lebih awal daeipada artikel saya. Kalau saja pelaku AGC tidak mengatur tanggalnya pasti penulis akan menang dalam proses pengajuan banding dan klaim hak cipta di Google DMCA.

Kembali lagi ke topik ya, rata-rata blog penulis mendapatkan kisaran 200 s/d 1000 page views dalam sehari. Tergantung algoritma Google bagaimana merangking artikel penulis, kadang bisa page one kadang juga nggak muncul sama sekali, kadang ada di bagian bawah. Faktor lain yang mempengaruhi jumlah visitor adalah musim, ya beberapa artikel dibuat khusus. Misalnya pada pembukaan prakerja ada webinar. Pasti artikel yang penulis buat tentang masalah webinar SiillAcademy.

Dengan rata-rata visitor segitu mana bisa mendapatkan banyak uang. Untuk mengakalinya meningkatkan CTR Adsense penulis memasang floating Teaser welcome untuk memicuh klik pada iklan header, kemudian iklan lipat layar. Lipat layar adalah iklan panjang ditengah artikel dengan jendela kecil yang dimana kalai di scroll iklan akan berada di tempat. Bagi pengguna HP layar sentuh dan mengetuk layar (bukan megeser) pasti iklan akan terklik.

Kemudian penulis juga menggunakan sticky Ads dengan tombol hide x mini. Tujuanya agar orang bisa kepeleset, mau klik sembunyikan iklan malah klik iklan. Dengan metode ini penulis bisa mendapatkan klik setiap hari dan meningkatkan CTR. Namun metode ini dikurangi penggunaanya mengingat ada pengunjung yang sama (dengan IP sama) mengklik iklan lebih dari satu kali.

Kesalahan fatal ini bisa menyebabkan trafik tidak valid, penggunaan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan akun Adsense dibanned. Contohnya? Blog droidide.com, akun Adsensenya dibanned akibat menggunakan floating teaser. Sebenarnya bukan floating teaser welcome yang menyebabkan adsense dibanned tapi klik berulang dari pengunjung dengan IP yang sama.

Sebagai contoh, pengunjung setia kamu mengunjungi situs kamu. Hari ini dia salah klik sekali (masuk jadi earning kamu), terus minggu depan atau bulan depam dia salah klik lagi. Dalam jangka waktu yang lama klik tersebut akan menjadi kecurigaan Adsense, adsense bisa dibanned akibat trafik tak valid.

Penulis butuh setahun lamanya untuk mendapatkan penghasilan, mulai dari berjuang melawan AGC yang tiap hari ada saja artikel yang dicopas. Cek aja sejarahnya di lumendatabase.org, disana penulis sempat melaporkan banyak Blog AGC. Laporan ada yang diterima ada yang ditolak, rupanya wajib menggunakan bahasa inggris agar investigasi bisa dilakukan dengan cepat.

Kedua untuk meningkatkan trafik penulis menggunakan konten +18, sebenarnya cuma nulis beritanya sih hasil re-write dari media nasional Tribunnews.com, terkadang buat sendiri. Caranya penulis cari dan tonton videonya, lalu penulis cari kronologisnya habis itu buat deh. Artikel semacam ini baru 10 menit dipublikasikan bisa menyentuh angka 100-600 page views. Disinilah peluang penulis buat dapatin banyak penghasilan, tapi sisi kelemahanya bisa kena limit adsense.

Iklan bisa dibatasi tayanganya pada halaman yang membahas konten dewasa. Pembatasan biasa terjadi setelah seminggu atau dua minggu artikel dipublikasikan. Tapi tetap saja legit, jadi penghasilan penulis baru bisa menyentuh angka 1.290.000 juta setelah setahun. Selanjutnya penulis dapat penghasilam 180rb yang bisa bikin penghasilan mambah.

Penghasilan mendarat dengan selamat pada Rekening Bank BCA yang baru saja penulis buat. Disini sudah banyak pengalaman yang penulis dapatkan. Ternyata bagian terpenting dari Adsense itu adalah trafik dan cara mudah buat mendapatkanya adalah dengan berpromosi bukan mengandalkan Pencarian Google.

Penulis juga sempat gabung dengan Partner Family, dengan sumber trafik 90% dari facebook terbukti mereka bisa gajian tiap bulan. Ada juga pemain Facebook Ads dengan hasil jutaan per-hari, populer dengan Syera Sailendra atau kelas Blogger Mentoring. Bahkan banyak dari admin grup konten dewasa telegram yang merambah ke dunia blogging, mereka menjadikan blog sebagai URL safelink demi mendapatkan uang.

Kalau kamu nggak percaya sama earning/pendapatan partnert pak Rusman Patiwaell, bisa lihat dibawah ini scrennshootnya. Ini diambil dari situs pendapatan ter-atas dengan 90% trafik berasal dari grup facebook.
Earning Partnert Family

Tapi janga coba ya, konten dewasa juga bahaya. Faktanya orang yang mau akses konten rata-rata menggunakan VPN, trafik asal VPN inilah yang menyebaban pemotongan gede di akhir bulan pembayaran (Potongan trafik tidak valid). Kalau terjadi secara terus menerus akun Adsense bisa dibanned, memang sangat rawan sekali kalau blog dijadiin safelink.

Lebih baik main Facebook Ads, Kolam Facebook Bansos atau Trafik Organik untuk dapatin passif income. Dengan trafik facebook orang bisa dapat puluhan juta sehari bahkan ada yang dapet miliaran, pak rusman patiwael (Partnert Family) rata-rata pendapatan anggotanya puluhan juta dan ratusan ribu. Sementara Pemain Facebook Ads Syera Sailendra panen sampai 1 M perbulan. Sementara untuk trafik organik Google memang tidak bisa di andalkan, serba susah carinya.

Kalau Google Adsense mau cari trafik dari mana saja boleh asalkan kalian memahami sistem kerja algoritma Adsense. Di atas penulis menyebutkan dua perihal, pertama klik berulang dari pengguna 1 ip dan penggunaan VPN. Kedua hal inilah yang bikin akun kamu jadi kena pembatasan iklan, kena hukuman ditangguhkan selama 30 hari, bahkan dibaned.

Klik Berulang juga bisa di samakan dengan tampilan ber-ulang dari admin / ip pemilik akun Adsense. Makanya kalau kamu view atau lihat blog sendiri biasa sering kena pembatasan iklan, Google Adsens sedikit sulit mendapatkan pemasukan.

Sekarang kamu paham kan? Kenapa penulis sangat membenci autoblog yang sering disebut dengan AGC. Blog jenis ini sangat mempengaruhi pendapatan blog kecil. AGC ada dua jenis, ada artikel yang boleh di AGC ada yang tidak. Kalau artikel umum seperti berita media nasional boleh di AGC dengan syarat menyertakan sumber. Tapi bagi karya tulis blog personal, tidak diizinkan, kecuali penulisnya mengizinkan secara tertulis.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚