Hit elektrik apakah bisa mengusir nyamuk?

penggunaan hit elektrik.

Akhir-akhir ini selain musim panas, pada malam hari juga musim banyak nyamuk. Untuk mendapatkan pengalaman tidur yang lebih nyaman, saya harus mencari cara agar dapat mengusir nyamuk. Kalau metode jadul yang pernah kita lakukan pada masa lalu, hampir setiap malam menggunakan obat nyamuk bakar.

Di setiap rumah pasti ada kaleng/piring yang menjadi tempat untuk meletakan obat nyamuk bakar. Obat nyamuk bakar memang tidak bisa di ragukan, dengan kandungan bahan aktifnya ia dapat membuat nyamuk pergi.

Menurut informasi yang saya dapatkan, obat nyamuk di buat dari bahan aktif berupa pyrethrum atau pyrethrin. Bahan ini bisa di dapatkan dari tanaman atau bunga, bahan ini dapat mengganggu sistem saraf nyamuk dan membuatnya tidak nyaman. Sehingga nyamuk dan srangga sejenis lainya sudah pasti akan menghindar masuk ke dalam ruangan.

Setelah itu, 7 tahun tidak lagi menggunakan obat nyamuk. Saya lebih prefer menggunakan selimut dan celana panjang / baju tidur. Tapi, hanya paada tahun kali ini saya merasakan tidak nyaman. Ketika menggunakan selimut, badan terasa hangat, tidur pun tidak nyenyak.

Dan ketika di buka, badan gatel semua karen adi gigit nyamuk. Saya sempat mencoba menggunakan obat nyamuk seperti pada masa lalu, tapi saya agak sedikit malas karena bersifat ketergantungan. Dalam 1 kotak seharga 5000 bisa di pakai dalam jangka waktu 4-5 hari.

Akhirnya beralih pada produk HIT Elektrik, produk hit elektrik sebenarnya sudah ada sejak lama. Bahkan kita belum pernah mencoba sama sekali. Pada masa itu, kita menganggap bahwa produk ini hanya orang kaya yang bisa beli, harganya juga mahal banget.

Lagian saya hanya di beri uang jajan paling besar Rp 2000. Dan di SMP Rp 6000, di SMK kadang-kadang di kasih 10 ribu. Lumayan kecil buat beli obat nyamuk rasanya sayang, tapi kini saya sudah punya uang sendiri. Dan harga HIt elektrik, sudah cukup terjangkau. Saya mendapatkanya seharga 20 ribu di alfamart.


Prinsip dasar kerja dari Hit elektrik

Hit bekerja dengan cara memanaskan sebuah batang karbon yang menjadi sebagai jembatan minyak. Minyak refil pada Hit mempunyai bahan aktif yang dapat mengganggu saraf dan sistem komunikasi pada nyamuk.

Cara kerjanya begini, sebuah resistor shunt di tempatkan pada alat. Resistor ini akan menghasilkan panas, panas yang tercipta akan menguapkan minyak yang terdapat pada botol refil. Gas terciptak karena minyak yang di gunakan mempunyai titik didih yang lebih rendah.

Gas inilah yang akan mengusir nyamuk. Gas yang di hasilkan bukanlah uap air, tapi murni gas udara sehingga tidak akan bercampur atau larit pada air apabila di sekitarnya ada air. Gas tersebut membawa bahan aktif iseksida yang tidak di sukai oleh nyamuk.


Pengalaman menggunakan Hit elektrik

Menurut saya, dan berdasarkan pengalaman pribadi, Hit elektrik mampu mengusir nyamuk. Pada saat awal-awal di nyalakan rasanya cukup berbeda pada sebelum menggunakan hit, saya bisa tidur bebas tanpa harus menggunakan selimut.

Biasanya nih, kalau tanpa selimut di gigit nyamuk sering ke bangun di tengah malam. Badan jadi gatel, bentol semua, ada yang sudah di garuk sampai luka. Setelah penggunaan hits selama 1 malam, saya langsung tertarik untuk menggunakan alat ini.

Malam pertama lumayan kerasa dampaknya, malam kedua, malam ketiga saya terus menghidupkan hit elektrik setiap malam. Tapi, pada malam ke 6, saya merasakan penggunaan hit elektrik mengalami penurunan performa. Akhirnya, saya sering utak atik alatnya... Pertama saya guncang-guncang biar minyak nya mau naik, kadang saya terbalikan.

Bau aroma dari Hit Elektrik sih tercium, tapi entah kenapa saya masih merasakan di gigit nyamuk. Mereka malah semakin banyak, saya mulai berfikir untuk memindahkan hit elektrik lebih dekat dengan tempat tidur. Tujuanya agar bahan aktif tersebut lebih cepat menyebar, sampai saat ini masih tetap sama.


Efektfitas Hit elektrik berkurang

Sebenarnya saya masih mencari beragam kemungkinan pencebab, penyebab utama yang dapat saya curigai adalah kemungkinan minyak dari hit elektrik tidak mau naik ke atas. Karena minyak tidak mau naik, uap gas bahan aktifnya tidak akan menjadi gas lagi.

Hit elektrik kan mempunyai mekanisme yang sama seperti obat nyamuk bakar. Perbedaanya, obat nyamuk bakar menggunakan asap untuk menjadikan bahan aktif sebagai gas. Sedangkan hit elektrik dia hanya perlu memanaskan sebuah elemen agar menguap dan dapat membentuk gas dari minyak yang sudah di campur bahan aktif yang tidak di sukai nyamuk.

Bahan aktif tersebut rata-rata sama, harusnya dampak yang di timbulkan juga sama. Dan entah kenapa setelah di pakai 2 hari, rasanya sudah tidak efektif lagi. Hingga artikel ini di tulis sudah 3x saya melakukan perubahan pada hit elektrik. Memindahkan tempat, mengguncang, menekan botol, dan sebagainya.

Mungkin ada sejenis nyamuk yang mengabaikan rasa tidak nyaman tersebut dan masih tetap berkeliaran. Cuma beda tipis, sebelum menggunakan hit elektrik saya sering mendengar suara nyamuk berkeliaran di telinga saya. Namun setelah menggunakan hit elektrik itu lumayan berkurang.


Antara hit elektrik vs obat nyamuk bakar pilih mana?

Untuk saat ini saya pilih Hit dulu, lebih siimpel dalam penggunaan. Pada segi harga hit elektrik lebih hemat dan murah, satu set alat dan botol refil bisa di gunakan selama 3-4 minggu.

Hit masih menjadi pilihan, pada suatu ruangan kecil 2x 2.5 meter dengan pentilasi yang lebih sedikit, penggunaan hit tidak boleh lebih lama dari 4 jam di nyalakan. Saya merasakan kepala pusing, setelah menghirup gas yang di hasilkan oleh Hit.

Rasa pusing nya tidak seberapa, itu tidak mengganggu kemampuan berjalan atau beraktifitas. Rasanya seperti tidak nyaman, sepert seolah-olah kita habis di putar-putar. Menurut saya, kalau pada manusia juga menyebabkan gejala ringan seperti ini, pasti pada nyamuk akan lebih menyakitkan lagi.


Kembali ke preferensi masing-masing, saya menganggap bahwa hit elektrik mempunyai efektifitas 40%. Pendapat saya juga di perkuat dari tetangga yang datang ke sini dan bercerita mengenai perihal banyak nya nyamuk, hingga ia menceritakan berbagai jenis obat anti nyamuk yang ia gunakan. Dari pengalamn nya ia menceritakan kalau baygon semprot jauh lebih efektif di banding Hit elektrik.

RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.