Inilah alasan kenapa kamu harus menjadi silent Reader di Facebook

Kenapa Kamu wajib Jadi Sider

Biasa di sebut dengan sider atau kalimat panjangnya silent Reader adalah salah satu kegiatan di facebook yang dimana kita hanya menjadi pembaca dan diam. Tidak menanggapi postingan apapun yang ada di sana. Sekarang dunia facebook sudah semakin ketat, semakin sering pengguna ber-interaksi menanggapi postingan orang lain bisa saja akun di batasi atau langsung dinonaktifkan.

Masih mending bila akun kamu hanya di hukum dengan dibatasi, gimana kalau kena checkpoin atau di nonaktifkan? Pasti akan sangat ribet sekali memperbaiknya. Aku sudah meninggalkan banyak akun hanya karena masalah spele, salahnya aku terlalu sering bermain fb. Berkomentar, menyukai, dan menambahkan teman tanpa ada batasan. Dampaknya akun hilang, akun yang saya gunakan nggak bisa bertahan lama. Paling bertahan sampai 1-3 tahun, kemudian hilang.

Sangat disayangkan apabila akun yang sudah banyak kenangan harus lenyap ditelan waktu. Saya lihat, banyak teman-teman yang punya album foto sampai ribuan gambar di facebooknya. Meskipun kamu diberi opsi unduh data facebook saat akun di nonaktifkan, kamu tetap mengalami kerugian.

Semua daftar teman yang sudah terkonfirmasi sebagai teman hilang, jumlah follower / pengikut facebook hilang yang sudah kamu dapatkan dengan susah payah hilang, Halaman Facebook yang kamu kelola dan hanya punya admin tunggal akan hilang, Semua obrolan mesenger kamu akan hilang semua.

File cadangan salinan data yang diberikan oleh facebook pada umumnya berupa halaman HTML sederhana. Dan folder-folder yang sudah tersusun rapi berisi file, gambar, video, stiker, chat, dan daftar postingan akun facebook kamu. Data ini jumlahnya sangat banyak, jadi tidak mungkin bisa dibuka dengan perangkat biasa. Kamu juga bakalan kesulitan memfilter dokumen lama, sebab ada banyak sekali file dengan nama berupa digit angka.

Algoritma facebook menggunakan teknik ini untuk mendeteksi akun yang mencurigakan, biasanya akan masuk ke dalam daftar spam. Kamu mungkin akan melihat pesan "Tampaknya anda sudah terlalu sering menggunakan fitur ini, silakan dicoba di lain waktu". Kamu sudah terkena limit yang dimana tidak bisa memposting, berkomentar, dan menanggapi post orang lain di FB.


Keuntungan menjadi silent Reader di FB

Anggaplah facebook sebagai media bacaan, tangan nggak capek cukup scroll doang. Ada begitu banyak konten yang bisa di nikmati, ya walaupun 80% konten plagiat alias di ambil dari website lain. Akun bisa jadi lebih awet, siapa sih yang gak suka punya akun dengan umur tahunan bahkan sampai tua. Foto dan kenangan masa lalu masih bisa di buka kembali.

Dan yang terakhir kamu terhindar dari pemblokiran facebook serta fitur rekomendasi. Fitur rekomendasi facebook akan terus merekomendasikan konten serupa bila anda terus-terusan ber interaksi dengan konten tersebut. Kebiasaan ini bisa bikin kamu selalu kecanduan dan pengen membukanya tiap hari hanya karena rasa penasaran. Menghabiskan banyak waktu di FB tanpa produktifitas percuma, tidak ada uang tak bisa makan.

Mungkin karena sudah terbiasa, kalau lihat konten bagus jempol kamu bakalan ikutan pencet react haha, love, like, angry, wow. Atau mungkin bila konten tersebut sangat menarik bukanya tidak mungkin kamu bakalan berkomentar di sana. Interaksi ini dicatat oleh FB dan digunakan untuk merekomendasikan iklan beserta konten yang sama. Mungkin disini ada teman-teman yang bertanya kok facebook bisa tahu ya barang yang aku cari di Online Shoop.

Iya bener banget, karena FB mengumpulkan banyak data penggunan. Makanya fb dikencam banyak pihak, dinilai terlalu barbahaya bila terjadi kebocoran data. Fb bisa mengetahui aktifitas kamu diluar fb karena situs web yang kamu kunjungi memasang skrip Facebook Pixel yang diamana secara langsung membagikan data ke Facebook. Jika sessi kamu aktif di browser (Sudah Pernah Login), semua data yang tercatat di website yang kamu jelajahi akan terdata juga di akun kamu.

Mau melihatnya? Cek Facebook Lite » Pengaturan » Aktifitas di luar Facebook. Jangan kaget, kamu akan menemukan semua situs dan aplikasi pihak ketiga yang pernah kamu gunakan. Walaupun kamu tidak mengizinkan data aktifitas dari situs web lain dibagikan ke Facebook tapi ini sudah terjadi. Integrasi facebook pixel di situs web lain membuat Facebook bisa memahami apa yang kamu klik, benda apa yang kamu cari, url apa yang kamu akses, bahkan kegiatan mengetik komentar juga bisa di lacak.

Data kamu aja udah banyak di koleksi oleh aplikasi buatan Marzukerberg ini. Apalagi kalau melakukan tindakan di dalamnya, kamu bakalan semakin menyumbang data buat dikelolah oleh facebook. Tapi ingat loh ada Rahazia yang bakalan bikin kamu jengkel nyesel dan kesel banget.