Pihak By.U mohon tingkatkan kualitas pelayanan

kartu byu.jpg

Inflasi memang tak dapat di hindari, kita hidup di mana pertumbuhan semakin massiv. Tingkat kebutuhan meningkat, angka kelahiran baru meningkat, jumlah penduduk banyak, persaingan dalam mencari kerja semakin sulit.

Anggaplah saya adalah remaja yang punya kondisi ekonomi yang berkecukupan, saat ini tengah berusaha dalam bekerja demi kualitas hidup yang lebih baik kedepanya.

Dalam bekerja saya selalu membutuhkan akses data internet, internet sudah menjadi jantung utama dalam setiap pekerjaan saya. Dengan adanya layanan internet murah, tentu saja itu menjadi manfaat terbaik buat saya yang tidak sanggup membeli paket internet fiber yang harganya 300 ribu ke atas.

Sudah 2 tahun saya menjadi pelanggan setia By.u, sebelumnya saya suka ganti-ganti provider. Alasan saya mengganti provider karena kualitas jaringan internet provider tersebut menurun dan di barengi dengan harga kuota data yang di naikan.

Rasanya tidak cocok, kualitas jaringan sering hilang, sering muncul, terkadang tidak ada jaringan internet sama sekali. Padahal kita sudah membayar senjumlah uang untuk menikmati jaringan internet.

Saya sangat menyesalkan hal ini. Seharusnya dengan bertambahnya tarif paket internet maka pelayanan harus semakin baik dari sebelumnya, bukan bertambah buruk seperti sekarang.

Selama 2 tahun tersebut saya sudah meninggalkan provider indosat, sim card utama yang nomornya sudah saya gunakan sejak tahun 2018 lalu. Saat itu, indosat menyediakan paket Yellow kuota harian di banderol dengan harga Rp 1000/GB.

Semakin hari harga kuota tersebut di naikan, awalnya naik cuma 500 ruoiah, beberapa bulan naik lagi. Harga paket data naik hingga sekarang harga paket yellow Rp 4500/Gb sehari.

Dengan harga yang begitu mahal justru kualitas jaringan indosat di wilayah saya bertambah buruk. Jaringan internet berkecepatan tinggi 4G yang saya gunakan bahkan terasa seperti cuma menggunakan 3G seperti masa lalu.

Sebagai gambaran jaringan 4G indosat tidak bisa di gunakan untuk menonton youtube dengan resolusi 720px. Bisa di bayangkan betapa lemotnya jaringan tersebut. Belum juga kelar masalah jaringan internet, provider indosat mengalam down untuk jaringan seluler nya di wilayah saya.

Jaringan seluler tiba-tiba hilang menjadi (x), bar signal tidak pernah penuh. Saya juga sudah melapor ke cs, sudah beberapa kali, kirim data alamat, nomor, nik, dan juga kabupaten. Sampai 4 bulan masalah tersebut belum juga teratasi, akhirnya saya memutuskan menghentikan penggunaan provider indosat.

Beralih ke By.U, awalnya saya suka sekali dengan provider by.u.Layanan ini memberikan kualitas jaringan seluler yang kuat setara dengan telkomsel, paket data yang juga murah dan ramah di kantong.

Selama 1.5 tahun saya menggunakan layanna By.U dan sebagai pengguna setia sayapun mengupgrade paket data saya yang sebelumnya biasa menggunakan 50rb/bulan ke unlimited 150rb/bulan.

5 Bulan telah berlalu, paket data indosat mengalami kenaikan harga sebesar Rp 1499. Sekarang harganya 151.499, bagi saya naik segitu tidak masalah tetap saya beli. Karena kondisi keuangan saya sudah lebih baik dari sebelumnya, tentu saja tidak keberatan.

Tepat pada hari ini koneksi indosat mulai bermasalah. Dimana kuota unlimited yang saya beli dengan harga 151.499 di berlakukan batasan fup. FUP Mulai berlaku setelah penggunaan data melebihi 100GB, dan kecepatan di turunkan menjadi 128kbps.

Ini namanya melanggar perjanjian, kata unlimited pada byu ternyata sama saya bohong alias penipuan. Padahal sudah cukup kita di batasi kecepatan hingga 200Kbps ( 2MBps ), itu adalah internet yang layak di gunakan untuk browsing, nonton, dan main sosmed.

Kalau di turunkan lagi apa gunanya? Seperti yang kita ketahui jumlah data yang ada di internet terus mengalami peningkatan ukuran. Misalnya gambar yang dulunya berkukuran kecil sudah banyak gambar yang ukuranya besar, dan terlihat jelas.

Browsing kalau dulu hanya menghabiskan kutoa ratusan kb, sekarang sekali browsing bisa menghabiskan kuota sampai 10Mb. Ini artinya dokumen dalam sebuah website mengalami kenaikan ukuran.

Tolonglah kepada pihak By.U kenapa harga di naikan tapi kualitas pelayanan dan produk justru di kurangi. Apakah sudah mengalami kerugian atau bagaimana?

Naikan sajalah harga tapi kualitas jaringan janganlah di kurangi, sekarang sudah tidak ada bedanya antara by.u dengan indosat. Sudah saya sebutkan di atas, bermasalahnya jaringan By.u sangat mengganggu saya bekerja.

Kuota internet sudah sangat di butuhkan, semua kegiatan membutuhkan kuota internet. Komunikasi saya menggunana whatsapp dan telegram, dan transaksi banking saya menggunakan mobile banking. Setiap berbelanja menggunakan metode cardless.

Jujur saya suka byu, terlihat berbeda dengan provider lain. Kalau provider lain meskipu n sudah membeli kuota internet, pulsa juga harus diisi guna memperpanjang masa aktif simcard.

Teruntuk tim byu, manager byu, dan teknisi byu mohon perhatikan keluhan yang ada. Jangan cuma fokus promosi mencari pengguna baru, kami adalah pelanggan yang sudah masuk dalam ekosistem byu.

Dan bagaimanapun byu wajib memberikan pelayanan yang maksimal, dan mengurangi kendala apalagi terkait konektifitas jaringan internet. Kalau begini terus lama-lama kami akan pindah berpaling ke provider lain.

Saya sebelumnya menjadi pengguna setia axis, kemudian beralih ke indosat, beralih lagi ke smartfreen, masih bermasalah saya pindah ke indosat, kemudian terakhir saya pindah ke byu hingga saat ini.

Semua provider penyedia layanan GSM dan internet provider berbasis radio di indonesia hanya unggul selama masa promosi. Setelah setahun atau dua tahun tepatnya ketika basis pengguna mereka rame, layanan kocar kacir banyak masalah muncul.

Masalah yang sering saya alami adalah jaringan internet yang lemot, saking lemotnya membuat pengguna emosi dan kesal. Ditambah lagi dengan kualitas signal kecil, di daerah saya kalau pakai indosat baterai hp cepat habis gara-gara mencari signal.

Tolonglah lebih utamakan konsumen lama daripada konsumen baru, kami adalah orang yang membuat layanan anda tetap berjalan. Saya juga pelanggan rutin, setiap bulan membeli paket data hanya untuk di gunakan sehari-hari.

Jika byu tetap masih mengalami kasus gangguan di masa mendatang, maka terpaksa saya harus pindah ke provider lain. Sulit rasanya berpindah provider sim card, nomor saya sudah di gunakan di banyak layanan.

Halo tim by.u, sekali lagi saya ingatkan perhatikan keluhan dan tingkatkan kualitas layanan. Sudah banyak saya mengirim keluhan bahkan mengisi formulir laporan keluhan pelanggan. Sama sekali tidak ada tanggapan apalagi perbaikan dari pihak byu.

RyanID
RyanID Tertarik pada teknologi, full stack developer at netzku.com