Equalizer mini plus pannel 12 channel untuk amplifier rakitan

Kit Equalizer 10 channel

ryanid.my.id - Dalam dunia sound sistem, peran equalizer memang tidak bisa di pisahkan. Tanpa adanya equalizer suara yang di hasilkan tidak begitu bagus, walaupun kita masih bisa mendengarkan nada bass yang menggebu, treble yang jernih, tapi tetap saja tidak sesuai harapan.

Equalizer mampu memfilter frekuensi tertentu, sehingga suara yang di hasilkan lebih terdengar keren. Misalnya untuk nada mid dan bass nya komplit, nada treble bisa di pangkas sesuai dengan level tertentu, bahkan mampu memisahkan nada vocal.

Ada orang bilang tanpa equalizer suara speaker jadi flat, mekik atau kaya toa. Dimana suara treble jauh lebih dominan dibanding bass, hal ini karena treble mempunyai frekuensi yang tinggi dibanding nada bas yang berkisaran 50-250Hz.

Oleh karena itu saya menyertakan equalizer dalam project amplifier 150 watt rakitan. Saya memilih jenis equalizer rakitan yang sudah ada panel depan nya, setelah memasang equalizer ini suara yang di keluarkan oleh power amplifier jadi enak di dengar.

Saya bisa memfilter nada mid dan low, dua hal ini adalah perpaduan yang wajib banget kita atur ketika menggunakan sound sistem ataus peaker aktif. Untuk equalizer ini hanya mempunyai potensio untuk memfilter 5 frekuensi saja per channel nya. Adapun frekuensi yang bisa di atur adalah 50Hz, 150Hz, 5Khz dan 12Khz.

Ada dua channel, jadi totalnya ada 10 potensio geser. Meskipun stereo equalizer ini tetap menggunakan catu daya tunggal, dengan input tegangan maksimal 12 volt. Pertama pemakaian saya mendapati suara menjadi serak, tapi setlah saya otak atik suaranya jadi bagus lagi.

Ternyata untuk output dari Equalizer ini terbalik, dimanaa R adalah L dan L adalah R. Tapi jika kamu menggunakan power suplay yang terpisah dari power amplifier, inputnya malah benar. All over equalizer ini sangat bagus untuk di gunakan pada power amplifier class D.



Equalizer menggunakan IC tidak mengurangi suara volume

Karena Ekualizernya menggunakan sumber daya listrik jadi tidak mengurangi volume yang di umpankan. Masih tetap bisa mendapatkan suara yang keras tanpa harus membuka potensio volume hingga maksimal. Jadi kita bisa memfilter dengan mengarahkan potensio ke arah di bawah nol atau bisa meningkatkan gain dengan mengarahkan potensio ke arah atas di atas nol.

Penggunaan equalizer jauh lebih baik di banding menggunakan kit low pass filter, dua kali saya bisa memutar musik dengan hanya meloloskan frekuensi mid, atau cuma bass nya saja, atau cuma vocal nya saja. Walaupun jumlah frekuensi yang bisa di filter cukup terbatas, tapi in lumayan sudah cukup untuk PA kelas D.


Menggunakan Catu daya tunggal dengan supply 12v

Equalizer tidak membutuhkan sumber daya simetris, hanya butuh 12 volt tunggal. Masih tetap bisa di suplay dengan tegangan di atas 12 volt, tapi lebih baik menggunakan catu daya 12 volt agar kit nya awet. Bagi anda yang bekerja dengan tegangan tinggi 34-63 volt dc, untuk menghidupkan equalizer ini di butuhkan komponen tambahan.

Siapkan sebuah resistor 500 Ohm, dan ic 7812 kedua komponen ini di gunakan untuk menurunkan tegangan tinggi menjadi tegangan kerja equalizer. Sementara resistor di gunakan untuk membatasi jumlah arus yang di alirkan.



Kualitas suara yang di hasilkan

Setelah memasuki kit equalizer kualitas suara tidak seperti sebelumnya. Dimana suara akan berkurang sedikit, kalau yang sebelumnya terdengar sangat keras setelah memasuki kit ini suara menjadi lebih lembut, jernih, dan bahkan mempunyai bass yang lebih nendang pada sub bassnya. Getaran pada speaker begitu terasa, tidak seperti jedug-jedug tapi sudah gler banget.

Jika kamu pernah mendengarkan musik pasti tahu perbedaan bass nada rendah dan nada mid, nah pada nada rendah yang tidak menggunakan low pass filter itu terdengar sepertu jedug alias kurang horeg karena tidak di filter dengan baik.

Setelah melalui rangkaian ini nada low dan mid nya bisa di pisah, jadi kita bisa menaikan gain frekuensi nada low, menurunkan frekuensi nada mid sejajar, dan menurunkan semua nada treble sedikit. Sehingga di peroleh karakter suara seperti sound sistem asli, berasa sedang mendengarkan organ tunggal pernikahan.



Berapa harga satu unit kit equalizer 10 channel?

Harganya tidak murah bagi sebagian orang, meskipun produk ini hanya sebuah kit tapi harganya lumayan mahal. Kamu bisa mendapatkan harga sebesar 80ribu di tokopedia, atau di shopee dengan harga di atasnya. Harga tertinggi untuk kit ini adalah 90ribu.

Saran saya pilih produk yang sudah menggunakan panel agar lebih mudah dalam pemasangan, karena banyak produk yang di jual tanpa panel. Kalau tanpa panel memang sedikit lebih murah di banding pake panel, tapi kita akan kesulitan membuat garis lubang geser nantinya.

Kecuali kalau kamu punya alat pemotong yang memadai tidak masalah mau beli kit setengah - setengah. Harga yang saya sebutkan di atas adalah harga yang saya dapatkan, setiap toko mempunyai harga jual yang berbeda-beda tergantung lokasi.

Apakah anda berminat membeli produk ini? Jika iya saya sudah mempunyai sebuah link produk khusus. Tautan di bawah in adalah link mengarah ke produk versi menggunakan panel dengan harga 80ribu. Kamu bisa saja mencari equalizer di tokopedia, tapi waktu mu sangat bearti.

Beli di Tokopedia

Mencari produk yang pass, dan seller yang ramah tentu tidak mudah. Dengan mengklik link saya di atas, kamu sudah menghemat waktu. Manfaatkan gratis ongkos kirim untuk mendapatkan potongan yang lebih murah.

RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.