Cara membuat bot telegram topup Game simpel mudah

Cara membuat bot topup game telegram

Pernahkah kamu terfikir ingin membuat bot telegram topup game? gak cuma topup game tapi juga bisa di gunakan untuk menjual produk digital, seperti akun shared, ebook pdf, lisensi aplikasi dan sejenisnya?

Banyak yang kefikiran begitu, tapi nggak banyak yang bisa mewujutkan. Ada beberapa alasan kenapa jarang ada orang mau mewujudtkanya. 1. Membuat bot telegram membutuhkan waktu yang tidak sedikit. 2. Meskipun seorang sudah memahami basic coding ia harus mempelajari sistem mekanisme kerja dari telegram itu sendiri. 3. Prospek nya kecil, habis banyak waktu hanya untuk development, sementara hasilnya sulit laku di pasaran. 4. Biaya yang mahal, untuk menjalankan bot telegram, minimal harus menyediakan dana 50rb/bulan.

Bot telegram meskipun terlihat sangat simpel, program tersebut tidak ada hubunganya dengan telegram. Program tersebut hanyalah sebuah aplikasi berbasis backend yang memanfaatkan platform telegram sebagai jalur komunikasi mereka. Jadi program nya benar-benar kita install pada server sendiri, dan tidak terkait dengan server telegram sama sekali.

Biaya server inilah yang tidak murah dan sulit di jangkau oleh semua kalangan. Apalagi kalau kita bikin bot telegram menggunakan pustaka python, jatuhnya butuh sumber daya server berkapasitas besar. Beruntung sekarang saya sudah sediain bot program yang dapat di beli dengan harga di bawah 100 ribuan.

Kalian gak perlu lagi repot melakukan coding, setup server, dan segala macam. Karena saya sendiri sudah pernah mengalami banyak masalah, melakukan setup server mandiri sangat menjengkelkan. Apalagi gak ada orang yang mau kita mintain bantuan, saya udah alami semua, error, bug, bot gak jalan, server terus crash udah saya alami semua, hingga akhirnya pengalaman tersebut membuat saya untuk inovasi bikin bot telegram pree installer.

Konsep nya begini, kita menyediakan program untuk kamu memasang script source bot telegram tanpa harus repot memahami masalah server semuanya otomatis. Konfigurasinya jadi lebih simpel, yang di butuhkan hanya integrasi bot ke Telegram, dan layanan API H2H pihak ketiga.

Gak lagi butuh jasa developer untuk integrasi ke layanan payment gateway, karena di sini sudah ada fitur untuk integrasi ke layanan Payment Gateway terkemuka. Dukungan untuk layanan Tripayment dan tokopay sebagai gateway otomatisasi. Dukungan integrasi ke Digiflazz, dan ApiGames ( di fasilitasi oleh netzku ).

Kalau digiflazz kamu bisa pilih seller sendiri, mau menambahkan seller mana sebagai suplier PPOB. Tapi kalau TokoVoucher di fasilitasi oleh Netzku Pulsa, produknya jadi termanaged dengan baik, tanpa perlu melakukan ubah-ubah sesuatu lagi.

Apa sih perbedaan suplier antara manual ( Digiflazz ) vs TokoVoucher? perbedaanya kalau digiflazz semua produk yang ada di toko kamu di atur secara manual, kalaua da seller yang nonaktif harus berpindah ke seller lain. Metode input data juga agak berbeda, di mana kamu harus menambahkan sendiri metode input per kategori nya.

Sedangkan Netzku Pulsa, produk sudah ada sebelumnya ngambil produk yang super lengkap dari toko voucher. Harga produk sudah di tambahkan dengan Fee API, kok ada biaya fee API? Iya betul, karena server akan terus melakukan pembaruhan harga secara otomatis, melakukan update terhadap mekanisme input sesuai dengan permintaan penjual.

Untuk penambahan harga sih gak akan terlalu membebani, karena biaya API tersebut akan di tambahkan pada biaya konsumen akhir. Misalnya harga produk Di TKV 25rb maka akan jadi 25.100, hanya bertambah 100 rupiah. Harga tersebut masih tergolong cukup murah, kamu masih dapat mengambil keuntungan 400-500 rupiah per transaksi nya.

Kenapa sih keuntunganya harus di ambil 400-500? Karena persaingan bisnis lebih ketat sekarang, makin banyak platform penyedia layanan topup, dengan menurunkan harga maka kita bisa membuat jualan tetap laku, dan meningkatkan daya tarik pembeli.

Makin banyak pembeli akan semakin untung, misalnya sehari ada 100 transaksional, jika kita ambil keuntungan 500 rupiah dalam 1x transaksi maka total keuntungan adalah 50rb. Konsep nya memang begitu, lebih mengarah ke pembeli yang royal dan menjadi pelanggan tetap.

Cukup berbeda dengan bisnis Offline, yang di mana mengambil keuntungan cukup besar kisaran 500 - 2500 untuk biaya penjualan. Saat ini suplier yang di dukung hanya ada Digiflazz sama Netzku Pulsa, belum ada yang lain. Nanti kalau semakin banyak penggguna installer, maka bot ini bisa berpeluang untuk join partneran dengan banyak vendor.

Salah satu kunci untuk dapat berpartner itu adalah menghasilkan volume transaksional yang tinggi. Maka dari itu saya memfasilitasi dalam hal penyediaan akun vendor suplier, gak pengguna sendiri yang menyiapkan akun. Jika di lihat dari prosesnya bisnis Topup Game, melibatkan B2B ( Bussiness to Bussiness ), jika kamu hanya sebagai pedagang ecer ya fairs. Saya pernah membuat video begitu rumitnya cara melakukan penyiapan akun digiflazz :


Cara install bot telegram topup game sendiri

Saya sudah bekerja keras untuk membuat mekanisme installasi jadi lebih mudah dan bebas error, teknik ini berbeda seperti kita menginstall program python biasa. Kalau program python biasa, pertama-tama kita harus membeli server, harus install os atau memilih paket runtime yang di tawarkan oleh Serverless.

Kali ini nggak, kamu gak akan berhadapan dengan ERROR. Cukup buat akun bot telegram lewat @BotFather, daftar akun billing di Netzku.com/register, lalu masuk ke tautan produk https://netzku.com/project/MyShop jangan lupa siapkan biaya 66rb untuk setup awal.

Saat kamu membayar biaya sewa 55rb, uang yang kamu bayarkan akan di potong untuk biaya penyiapan server pertama sebesar 38 rb ( biaya ini satu kali bayar ). Kemudian sisanya dapat di gunakan untuk menjalankan server bot selama 1 bulan penuh, kamu juga bisa melakukan offline server dan pada saat offline tagihan tidak akan di bebankan.

Bot yang kamu install akan tetap ada di akun meskipun dalam waktu lama kamu offline alias tidak digunakan. Ini cukup berbeda dengan layanan lain, karena program nya di buat menjadi SaaS ( Software as A service ), tidak ada biaya terkait data yang tersimpan di cloud. Semua data di tampung, namun untuk transaksional dia hanya akan mencatat transaksi 1 tahun terakhir saja.

Urutan langkah membuat bot

  1. Persiapkan terlebih dahulu dana sebesar minimal 100rb, buat topup credit Netzku.
  2. Buat akun Billing Netzku, untuk tautan daftar bisa klik Netzku.com/register
  3. Setelah mendapatkan akun Topup Credit dulu, habis itu baru order bot nya di Netzku.com/app/marketplace
  4. Klik Install/Checkout setelah membeli, dan otomatis codebase program akan di salin ke sebuah virtual server acccount kamu. ( Untuk info server non specific, karena ini SaaS ).
  5. Buat akun bot telegram di @BotFather, berikan Nama bot, Username, lengkapi profile about, dan deskripsi.
  6. Dapatkan code token bot, buat channel baru ada chanenl transaction history ( public ), channel database ( private ), dan salin masing-masing ID gunakan NetzkuBot untuk mendapatkan ID masing-masing channel dan id administrator.
  7. Salin semua id yang di dapatkan, lalu simpan ke virtual konfigurasi bot di Netzku.com ( masuk ke account kamu, lalu simpan ke sana )


Untuk langkah-langkahnya memang cukup panjang, ini baru langkah nya belum lagi nanti kamu harus mengenal fitur dan cara penggunaan bot telegram. Banyak banget yang harus di pelajari, oleh sebab itu kita gak menawarkan source code langsung. Ini saja sudah cukup rumit mulai dari pembelian program ( sewa ), persiapan untuk mengintegrasikan dengan telegram, Digiflazz, TokoVoucher. Kalau harus koding, beuh ampun gak akan sanggup.


Mendaftar digiflazz dengan menggunakan server Netzku Dashboard sebagai verifikasi

Untuk membuat akun digiflazz kamu harus terlebih dahulu mempunyai aplikasi server pulsa sendiri, entah itu aplikasi atau website. Server pulsa adalah program yang berjalan sebagai penerus transaksional, dia mengelolah transaksional meneruskann dana pelanggan dan menjual produk-produk digiflazz kepada end user ( pemebeli akhir ).

Ada juga server pulsa yang bekerja sebagai aggregator dia bekerja sama dengan distributor resmi, kalau kita bekerja sama dengan digiflazz sebagai penyedia H2H ( Host to Host ). Mungkin belum tahu apa itu host to host. Mekanisme host to host adalah layanan yang menghubungkan antara server pulsa penjual dengan server pulsa milik agent distributor resmi. Anggap aja distributor itu adalah agent atau suplier yang menjual, sementara kita sebagai pembeli.

Tonton video pertama, video pertama di atas adalah cara saya mendaftar akun digiflazz dan menggunakan Netzku sebagai verifikasi server pulsa nya. Ingat alamat IP yang di berikan mungkin berbeda dengan alamat IP yang akan anda dapatkan. Karena ip yang di berikan netzku bersifat unik untuk setiap grup kelompok pengguna.


Integrasi dengan TokoVoucher gunakan NetzkuPulsa

TokoVoucher mempunyai 3939 produk, jadi gak bisa di muat satu account satu produk dengan SKU yang sama. Oleh karena itu semua produk tokovoucher dapat di tambahkan ke bot kalian lewat mekanisme netzkupulsa. Netzkupulsa akan memanaged produk, memperbaruhi harga otomatis, menambahkan parameteri input yang di butuhakan ( misalanya saat topup game di butuhkan pilihan server id, maka netzkupulsa berisi list data nya ).

Mekanisme input ServerID bisa di gabung dengan Nomor Target pengisian / ID game. Tapi terkadang pihak tokovouucher tidak memberikan informasi terkait API yang membutuhkan id atau tidak. Ini di tambahkan manual oleh administrator. Tanpa ada biaya tambahan untuk menggunakan sumber suplier dari Netzku Pulsa, namun harga produk akhir akan mengalami kenaikan harga 50-100 rupiah.

Tinggal kamu deposit Modal minimal 100rb. Kalau digiflazz minimal modal yang harus di tanam adalah 200rb kan, tapi di NetzkuPulsa minimal modal yang bisa di tanam adalah 100rb dengan catatan saldo mengendap adalah 50rb. Jadi kamu bisa langsung jualan tanpa perlu mempersiapkan dokumen KTP, NPWP, dan data usaha lain.

Hanya perlu mengatur margin keuntungan, memperbesar branding, dan mempromosikan bot telegram agar lebih banyak di kenal oleh orang lain.


Oh ya, apa yang saya tulis cukup panjang kali lebar, tapi saya udah berusaha memberikan referensi ke video yang tepat agar tidak salah jalan. Nah bagi yang belum paham, dan ingin dibantu untuk penyiapan bot telegram nya, silakan inbox ke telegram @RyanX. Untuk layanan support, tanya jawab seputar produk bot telegram SaaS topup game dan toko online GRATIS.

RyanID
RyanID Saya aslinya tertarik pada teknologi elekronika, tapi karena kurang di dukung ortu, akhirnya pindah ke coding. Saat ini bekerja sebagai fullstack dev di Netzku.com