Cara memperbaiki akun Blogger yang terkunci

Cara mengatasi blog yang terkunci

RYANID.MY.ID - Apa kamu masih menggunakan Platform Blogger? Sudah seharusnya kamu lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan platform tersebut. Karena, berkat mudahnya membuat blog di Blogger.com dan meningkatnya pengguna, Google nggak tinggal diam.

Layanan Blogger.com di revisi, sistem keamanan juga diperbaruhi. Karena adanya peraturan baru, mau nggak mau kamu harus bisa pasrah ketika terjadi masalah. Beberapa masalah blogger yang sering saya alami adalah Error 5xx, dan juga speed loading blog menjadi lemot.

Masalah lain yakni, Tools AGC yang bermunculan. Karena blogger sifatnya publik (sudah banyak orang yang paham denah lokasi dan celah-celah blogger) jadi nggak heran kalau artikel kamu sering di Copy Paste orang lain secara otomatis.

Saya sendiri sudah pindah ke SelfHosting. Sebelumnya saya adalah korban dari banyaknya permasalahan yang ditimbulkan oleh BlogSpot. Pertama, artikel saya terus-terusan kena AGC, kemudian Error Server 5xx yang tak bisa diperbaiki, terkadang gambar related post tidak muncul.

Blogspot banyak sekali mengandung kesalahan, saya menemukan Blogger tidak mendukung pengguna Smartphone. Faktanya, ketika saya hendak mengedit artikel dengan fitur pengetikan HTML. Parah banhet, lebih banyak lag, dan salah ketik. Bahkan mau copy paste code saja, udah di mark all tapi setelah itu tombol opsi copy nggak muncul.

Buat kamu yang masih mempertahankan Blog dengan platform Blogger/Blogspot, aku ada sedikit saran agar blog kamu tetap aman. Bebas dari di kunci oleh Google.

Yang pertama, jangan membagikan URL blog kamu di sosial media. Bukanya nggak boleh sih, tapi harus pada tempatnya. Jika tidak sesuai tempat, terkadang ada orang yang tidak suka dengan artikel kamu. Mereka akan melaporkanya sebagai pelanggaran ke pihak Google, entah iseng atau bagaimana ya memang begitulah resiko nya.

Saya lebih merekomendasikan Trafik organik dari penelusuran di banding sosmed. Trafik sosmed bagus asalkan targetnya tepat.

Kemudian, jangan pernah melakukan plagiarisme / menyalin artikel berita terus di publish ulang. Saya pernah mencobanya, dan artikel saya di draftkan otomatis oleh Google. Alasan mereka penipuan/hoaks, hati-hati saja buat kalian yang bikin blog News dengan blogsoot.

Jangan sesekali menggunakan blogspot untuk membuat blog pelanggaran, apalagi menggunakan blogger untuk membuat blog AGC. Satu kali saja kamu di laporkan oleh orang lain, blog kamu terkunci/diban oleh Google.


Cara mengembalikan Blog yang di kunci oleh Blogger

Sebelumnya pastikan kamu sudah membaca dengan teliti pedoman komunitas blogger/Blogspot terbaru agar bisa memahami, mana konten yang memang benar-benar melanggar dan mana baik. Di bloggger ada pedoman komunitas dan persyaratan layanan yang wajib kamu patuhi serta tidak boleh di langgar.

https://draft.blogger.com/content-policy?hl=id

Setelah kamu memahami pedoman komunitas blogger, lakukan identifikasi terhadap postingan kamu yang melanggar. Lakukan banding, rancang sebuah kalimat banding yang akan kamu gunakan. Sebelumnya jelaskan dengan detail mengapa blog kamu bisa terkunci.

Sebagian blog terkunci akibat tidak adanya pelanggaran, mungkin artikel yang kamu posting berkualitas rendag atau hasil pagiarisme dari blog lain. Masuk ke blogger.com, pada bagian dashboard klik ikon tanda tanya yang ada pada pojok kanan atas layar. Kemudian klik kirim masukan, paste teks banding yang sudah kamu catat sebelumnya.

Sembari menunggu balasan dari blogger kamu bisa meminta rekomendasi di platform komunitas blogger, disana ada banyak orang/pakar yang bisa memberikan kamu solusi buat mengembalikan blog yang terkunci.

Proses pemulihan akun terkunci membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apabila blog kamu termasuk blog dengan skala menega. Sebaiknya persiapkan perpindahan, ini berguna untuk mencadangkan semua konten blog yang sebelumnya terkena dampak.

Buatlah sistem pengalihan 302, kalau kamu masih menyimoan cadangan artikel lama. Bisa langsung pulihkan, beralih-lah ke cms wordpress atau menggunakan cms ringan seperti mecha cms. Blogger sudah tidak cocok buat kamu yang ingin leluasa dengna artikel.

Sebagai contoh saja, artikel edukasi seks bisa di anggap sebagai pelanggaran. Bahkan ketika saya memposting sebuah artikel berita dengan topik bantuan sosial, artikel tersebut di draftkan otomatis oleh blogger karena di anggap penipuan. Mereka tidak benar-benar bisa menilai artikel baik/buruk.


Cara menghindari blog di kunci di masa mendatang

Langkah terbaik adalah mencadangkan artikel dan data blog setiap hari, dan jangan gunakan domain blogespot. Gunakan nama domain sendiri, ini tentunya bisa membantu anda mengontrol trafik ketika terjadi masalah. Saya punya banyak pengalaman buruk dengan blogger/blogspot, makanya saya bisa membagikan pengalaman ini pada teman-teman semua.

Buatlah blog cadangan di akun lain, usahakan konten dan templates sama persis dengan blog yang kamu gunakan. Apabila blog kamu kena ban/kunci oleh Google kamu tinggal memindahkan domain lama ke blog baru. Caranya : Hapus domain lama pada blog sebelumnya, kemudian tambahkan domain tersebut ke blog baru.

Propagasi domain tidak butuh waktu lama, hanya 1-5 menit saja, ini terjadi karena domain sudah mengarah ke ip publik milik Google sendiri. Jauh lebih baik daripada mengajukan banding, banding belum tentu juga di terima.


Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚