Apa itu bot builder telegram, dan manfaatnya

Bot builder telegram

RyanID - Bot builder adalah bot pihak ketiga tempat dimana kita bisa membuat dan menghosting sebuah program bot baik gratis maupun berbayar. Istilah bot builder telegram mengacu pada tools atau alat yang bisa di gunakan untuk membangun bot telegram sendiri.

Apa perbedaan menggunakan bot builder dan bot yang koding sendiri? Kalau di cari perbedaanya, yang pasti banyak. Ambil saja dari sisi kemudahan, bot builder telegram memberikan kemudahan bagi siapa saja dalam membuat bot tanpa perlu memahami koding.

Dengan bot builder pengguna hanya perlu menyusun sebuah perintah tanpa harus menulis baris kode fungsi untuk menjalankan perintah. Bot builder tersedia gratis dan berbayar, versi gratis disediakan dengan batasan tertentu.

Membuat bot yang custom / koding sendiri jauh lebih mahal dibanding membangun bot menggunakan bot builder. Biaya mahal karena pemilik harus menyewa server guna menjalankan program bot, jika menggunakan PHP pemilik juga harus menyewa nama domain.

Kalau bot menggunakan python, mungkin bisa sewa di heroku dengan harga $7/bulan atau sewa VPS yang lebih murah, misalnya digitalocean harga VPS cuma $5 perbulan. Harga sewa bukan cuma sekali, tapi tiap bulan harus di bayar.

Harga lain yang harus dibayarkan pemilik yakni jasa developer, kecuali kalau bikin bot sendiri. Untuk harga jasa developer kisaranya antara 100-600ribuan, tergantung pada sisi kerumitan pembuatan program.

Bagi pehobi koding bisa menggunakan hosting Heroku selama 22 hari secara gratis. Heroku menyediakan gratis 555 jam dyno hours (Machine Running).

Untuk kelas perusahaan bisnis besar, bot custom dengan sistem koding sendiri lebih cocok dibanding menggunakan bot builder. Kalau menggunakan bot builder fitur bot nya terbatas, sedangkan kalau menggunakan koding pemilik bisa menambahkan sendiri fitur pada bot.

Bisa dibilang harga pembuatan bot telegram sangatlah mahal, dan bot builder sangat bermanfaat buat membantu kamu dalam membuat bot telegram sendiri secara gratis!.

Tidak semua orang bisa mengoperasikan bot builder, satu bot dan bot lain nya menggunakan perintah command yang berbeda-beda. Nggak perlu di hafal, yang penting paham cara mengoperasikanya saja. Berikut ini ada daftar bot bulder yang bisa kamu coba secara gratis.



Daftar bot builder telegram yang bisa di coba gratis

  • @GroupHelpBot
  • @Gruphelpsbot
  • @Manybot
  • @ProtectronBot
  • @TIPSharEs

mengingat harga sebua web server mahal, dari mana bot builder mendapatkan pendanaan? Mereka tidak mengratiskan layanan sepenuhnya. Layanan gratis bisa saja dibatasi . Fitur yang tersedia pada layanan bot gratis juga terbatas, kemudian terdapat sebuah pesan sponsor pada bot yang kamu buat.

Secara langsung pesan sponsor tersebut akan mempromosikan layanan mereka, bot builder bisa memangkas biaya promosi. Kalau banyak user yang gabung, bisa lumayan. Seandainya ada 80% dari pengguna membeli fitur premium pemilik bot builder bisa mendapatkan keuntungan.

Bot builder sangat cocok digunakan bagi pemula, sekarang ada banyak layanan bot builder dengan beragam fitur menarik. Kalau kamu pengen memiliki bot telegram pribadi, tapi nggak punya uang buat beli pake aja bot builder.


Dalam artikel ini saya sedikit ingin berpromosi, bagi yang pengen bikin bot telegram dengan harga murah bisa hubungi saya di @ryanx (username tele). Harga murah dengan pelayanan sama seperti website lain.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚