Cara integrasikan website dengan Bot Telegram

Cara kaitkan web dengan telegram

Selamat datang kembali di blog saya, sengaja dibuat lebih sederhana dan clean. Blog se-simple ini ternyata managed nya lumayan rumit, dalam situs web ini saya juga menyimpan beberapa bot telegram milik user. Pada umumnya bot telegram dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman python, bahasa ini dinilai stabil bila digunakan untuk bot telegram.

Kelemahanya python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, tidak semua web hosting menyediakan software python. Sementara website kebanyakan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pertimbanganya seperti ini, kalau menggunakan python sulit mencari server sedangkan kalau menggunakan PHP mudah mencari server. Dari sinilah saya mempertimbangkan untuk menggunakan bahasa PHP saat membangun bot telegram.

Untuk mengaitkan Website ke telegram anda terlebih dahulu harus memahami koding, tidak cocok untuk pemula. Setidaknya anda sudah bisa memecahkan permasalahan-permasalahan terkait program. Kalau masih amatiran / mengenal fungsi-fungsi dasar, saya sarankan buat mempelajarinya terlebih dahulu sebelum masuk ke Bot telegram.



Mengenal Bot Telegram

Apa itu bot telegram? Bot telegram adalah akun khusus di telegram yang bisa memproses dan mengelolah data secara otomatis. Bot telegram terdiri dari dua hal, pertama akun spesial bot, kedua server pemroses data.

  • Akun Bot adalah akun spesial di telegram yang hanya bisa dibuat dengan @BotFather. Akun ini bisa dikendalikan melalui server menggunakan protokol HTTP REST API. Walaupun bisa dikendalikan, tapi tetap userlah yang memandu/memasukan perintah ke dalam bot agar bisa berjalan. Akun Bot ini fungsinya untuk menerima input data dari user ke server CDN telegram, nantinya data akan diteruskan ke web server pihak ketiga.
  • Kemudian Server, bagian terpenting dari Bot telegram adalah server. Server ini berisi aplikasi yang sudah di program sedemikian rupa, guna nya untuk memproses data yang diinput oleh user dari akun bot telegram. Sistem pertukaran data bisa jadi sangat cepat karena telegram tidak menyimpan data pada server, tapi pada CDN di semua wilayah yang di sewa nya. CDN sendiri merupakan singkatan dari Content Delivery Network atau disebut juga jaringan pendistribusian konten.

Karena bot telegram menggunakan server, makanya ada biaya berlangganan. Biaya berlangganan ini sifatnya relative, ada harga mahal ada juga harga murah. Tergantung pada spesifikasi server yang kamu butuhkan. Kalau untuk mengelolah banyak data, pasti biaya berlangganan nya mahal. Semakin banyak pengguna, semakin besar Resource (Sumber daya ) yang digunakan.

Oke sekarang paham kan? Kamu bisa membuat bot telegram sendiri dengan mempelajari dokumentasinya di https://core.telegram.org/, baca dengan teliti agar kamu bisa mengenal lebih dalam tentang bagaimana sistem kerja bot telegram.

Sampai disini kamu sudah paham ya? saya tidak akan lagi menjelaskan tentang membuat aku bot telegram, bot token, webhook dan segalanya. Kalau kamu membaca dengan baik dan secara teliti, saya pastikan bisa memahami tentang bot.

Oke lanjut ya, karena menggunakan PHP kita pasti membutuhkan cURL. Sebuah library dalam php yang fungsinya untuk saling terhubung dengan situs lain menggunakan protokol https. Untuk dapat mengaitkan website ke bot telegram, kamu terlebih dahulu harus buat program nya.

Saya menawarkan jasa pembuatan bot telegram dengan harga murah, mulai dari 100 ribu saja. Tidak mudah untuk memprogram bot telegram, sebelum membuat bot setidaknya pembuat sudah mengetahui mindflow bot yang akan di buat. Ini mencangkup semua aspek yang terkait dengan bot, di mulai dari sistem kerja awal hinga akhir.

Misalnya, pada saat pertama kali menggunakan bot telegram user akan mengklik tombol start. Jika kamu menggunakan webhook untuk menerima pesan dari telegram, pesan start yang berupa command akan diteruskan ke server kamu. Nanti yang kamu terima adalah /start.

Nah Program kamu harus mengenali command ini, dan melakukan langkah selanjutnya. Misalnya mengirim pesan ke telegram, saya bisa memanggil url berikut ini menggunakan bot token.

https://api.telegram.org/bot{TOKEN_BOT}/sendMessage?chat_id={CHAT_ID}&text={TEKs_PESAN}&parse_mode=HTML&reply_to_message_id=ID_PESAN

Harap perhatikan, di atas saya memberikan tanda pada CHAT_ID dan ID_PESAN, kedua data ini didapat ketika telegram mengirimkan pesan command start ke server kamu. Pesan ini berupa data JSON, contohnya seperti ini :

{
    "update_id": 416520526,
    "message": {
        "message_id": 8281,
        "from": {
            "id": 1248554663,
            "is_bot": false,
            "first_name": "Jasa Bot Telegram",
            "last_name": "\ud83d\ude1a\ud83d\ude1a",
            "username": "ryanx",
            "language_code": "en"
        },
        "chat": {
            "id": 1248554663,
            "first_name": "Jasa Bot Telegram",
            "last_name": "\ud83d\ude1a\ud83d\ude1a",
            "username": "ryanx",
            "type": "private"
        },
        "date": 1636907072,
        "text": "\/start",
        "entities": [
            {
                "offset": 0,
                "length": 6,
                "type": "bot_command"
            }
        ]
    }
}

Sekarang saatnya kamu mengembangkan sendiri program aplikasi yang akan kamu buat, asah kemampuanmu saya tidak akan mencontohkan skrip ataupun cara memproses data dari telegram. Alasanya simpel, produk yang saya jual tidak akan laku lagi kalau semua orang bisa membuat program bot telegram mereka sendiri.

Jika kamu butuh bot telegram, serahkan pada kami. Saya menyediakan jasa pembuatan bot telegram murah, mulai dari tingkat sederhana hingga profesional. Harga bersahabat, ridak seperti web lain yang harganya mencapai ratusan ribu. Sudah banyak loh, orang yang bisa memiliki bot telegram sendiri hanya menggunakan jasa kami.

Untuk membuat bot telegram biasanya kamu harus membayar dengan harga fantastis, disini saya coba bertanya dengan salah satu pembuat bot telegram. Anggaplah dia profesional, karena domain bisnisnya di daftarkan sejak tahun 2017 lalu. Dan ini jawabanya :
Harga pembuatan bot telegram

Di saya harganya jauh lebih murah, bahkan saat pertama kali memulai jasa pembuatan bot telegram saya hanya mengenakan harga 50ribu saja. Beda nya selisih harga 20-40% lebih murah dibanding toko lain. selain itu saya juga menggratiskan biaya berlangganan bagi pengguna yang hanya memiliki sedikit user. Biasanya bot untuk digunakan pribadi atau bot skala kecil.


Tantangan dalam membuat bot telegram

Tidak semua program bisa di selesaikan dengan cepat, ada waktu yang dibutuhkan bagi developer agar bisa menemukan sistem kerja / algoritma yang paling tepat untuk memproses data. Ada juga bot telegram yang mudah dibuat, hanya membutuhkan waktu sebentar contohnya bot insert dan show data. Kerjanya cuma menginput data dan menampilkan hasil data tersimpan ke pengguna telegram.

bagaimana bila prosesnya rumit? Misalnya membuat bot anonymous chat, atau bot admin grup. Pasti banyak membutuhkan kode tambahan untuk memproses datanya, tergantung sebrapa banyak fitur yang kamu inginkan. Semakin banyaj fitur semakin banyak pula program yang wajib di susun. Saya sendiri membuuthkan waktu 1-4 minggu untuk memikirkan sistem kerja bot yang akan dibuat.

Kalau kita sudah menemukan program sistem kerjanya, nanti bisa di aplikasikan ke bot lain. Bertahap, mungkin hari ini kamu hanya bisa memproses pesan berbasis teks, besiknya gambar, video, dna mulai menampilkan keyboard. Yang paling lama adalah memahami data json yang dikirim oleh telegram.

WEb official telegrm core tidak meyediakan data lengkap terkait pesan json yang diterima. Tapi dijelaskan dalam bentuk teks dan tabel, untuk dapat memprosesnya mau tidak mau kamu harus menjalankan debugger. Haisl feedback dari telegram di debug dulu, teks json nya disimpan. Setelah itu coba uraikan dan proses. Kalau sudah baru kirim pesan balasan hasil proses nya ke telegram.


Saya tidak ingin mempulikasikan koding disini, karena banyak sekali blog copaser yang cuma bisa menyalin kode orang kemudian di posting ulang tanpa izin. Sudah cukup pengalaman saya dirugikan oleh copaser.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚