Mengatasi gagal install Armoury create pada ASUS ROG

Cara mengatasi gagal install Armoury Create ASUS ROG STRIX

Bagi pengguna ASUS TUF GAMMING, ASUS ROG, atau perangkat MOBO asus mungkin sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama Armoury Create. Software ini merupakan program control unit yang di gunakan oleh vendor sofware untuk mengontrol kinerja perangkat keras dari komputer.

Dengan Armoury create kita bisa melakukan kustomisasi warna backlict RGB pada keyboard, AURA, serta mengubah mode performance dari perangkat keras laptop. Ketika kita mengubah performance maka kita bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam bermain game.

Software ini akan memungkinkan perngatkat keras bekerja dengan optimal pada mode yang kita pilih. Misalnya kita mengatur pada mode turbo, maka processor dan VGA pada laptop akan bekerjasama untuk menghasilkan clokspeed yang tinggi, serta kartu grafisnya akan bekerja lebih keras agar gambar yang di hasilkan bisa lebih tajam.

Kemudian juga fan bisa di kontrol oleh software Armoury create, misalnya kita ingin mendapatkan suhu cpu yang lebih dingin dengan sistem kerja yang berat maka putaran fan bisa di tingkatkan. Atau mungkin kita hanya pengen menggunakan mode hemat daya, maka putaran fan juga bisa di matikan.

Selain sebagai pusat kontrol perangkat keras, Armoury Create juga menampilan statistik penggunaan saat ini. Contohnya berapa kecepatan putaran kipas pendingin, berapa fps gambar yang di proses, berapa konsumsi baterai, ram dll. Pokonya lengkap....

Beberapa waktu lalu laptop saya tidak bisa menekan tombol LOGO ROG ( tombol Armoury Create ), setelah saya cari aplikasi nya dan di buka secara manual ternyata Armoury Create sedang melakukan installasi pembaruhan.

Armoury Create gagal di perbaruhi

Di tengah pembaruhan installer gagal melakukan koneksi ke internet, padahal sudah saya kasih internet kok. Sudah beberapa kali saya restart laptop, saya coba kembali, dan tidak pernah berhasil. Akhirnya saya coba download manual Software Armoury Create yang versi Full.

Beda sama installer nya, versi full sudah ada file software mentah sehingga tidak perlu download lagi di internet. Saat saya download, ternyata ukuran file arsip Armoury create full pack ini besarnya mencapai 2.9GB

Buat kamu yang punya kuota terbatas sebaiknya rencanakan terlebih dahulu buat mengunduhnya. Saran aku jangan download lewat browser chrome, kenapa? Karena kalau gagal di tengah unduhan otomatis haru mengulang dari awal, chrome gak bisa melanjukan unduhan otomatis.

Sebagai gantinya download via HP menggunakan bantuan IDM+. Ini alternatif saja, kalau sudah punya wifi dan kecepatan intenet yang memadai kamu bisa download kapan saja.

Catatan: Armoury Create ini merupakan software yang unik, dari sekian banyak percobaan installasi baru kali ini saya berhasil. Jadi buat kamu yang selalu gagal dalam proses istallasi jangan panik. Teruslah mencoba sammpai keberhasilan menghampiri.

Adapun kegagalan dalam proses istallasi Armoury Create adalah loading installer stuck, Tidak bisa terhubung ke internet, serta installer gagal melakukan aksinya dan kamu di arahkan ke halaman download unistaller untuk mengulang dari awal.

Intinya kalau mau sukses dan berhasil menginstall Armoury Create jangan pernah berhenti mencoba, terus lakukan sampai berhasil. Ini saya sudah sukses dan berhasil melakukan istall.


Cara install Software Armoury Create ASU ROG Strix

  • Pertama unduh aplikasi Armoury Create Unistaller di Website asus. Pilih jenis sistem operasi yang kamu gunakan, pada bagian software klik download ArmouryCreateUnistaller.
  • Kedua jalankan software unistall maka ini akan membersikan aplikasi Armoury yang ada di ponsel kamu. Kenapa di hapus? Krena software lama perlu update namun gagal.
  • Setelah proses penghapusan berhasil, Masuk ke menu system configuration cari saja pada search bar windows. Kemudian disable semua aplikasi dengan nama awal "ASUS" ( Huruf besar semua).
  • Langkah selanjutnya silakan extrax data fullpack dari software yang kamu gunakan dan klik file exe run as administrator.


Perlu diketahui kamu di minta memilih devices apa saja yang di gunakan, kalau menggunakan laptop cukup pilih saja jenis system untuk keyboard, tuchpad, mouse, webcam, dll biarkan saja. Karena itu adalah driver khusus untuk perangkat exsternal atau khusus kalau kamu menggunakan pc bukan laptop.

Setelah itu klik next, proses installasi akan berjalan. Pastikann kamu sabar menunggu, karena proses install memakan waktu 40 menit lebih. Saya gak tahu juga kenapa install software ini butuh waktu lama. Jangankan pake installer, sudah kita download saja filenya masih lama proses installasi.

Jika proses installasi sudah berhasil akan ada tanda berupa lampu Armoury dan Backlit pada keyboard laptop kamu menyala otomati. Tombol FN + Aura akan bisa di gunakan, mode keyboard fan juga akan bisa digunakan untuk memilih mode.


Penyebab Armoury create tidak bisa di buka padahal sudah ada bawaan

Penyebabnya adalah sistem windows sendiri yang mengizinkan update aplikasi secara otomatis. Pada saat laptop kita koneksikan ke internet beberapa software bisa memperbaruhi dirinya secara otomatis. Hal inilah yang menyebabkan kerusakan pada software.

Saat proses unduh berlangsung software yang sedang di perbaruhi sama sekali tidak bisa di gunakan apalagi di jalankan. Khususnya buat software yang mempunyai hak akses administrator.

Mungkin karena proses installasi nya sulit, sehingga proses pembaruhan software mengalami gangguan. Saya juga belum mengetahui kenapa installasi Armoury create lebih sulit dibandingkan installl software lain.

Siapapun yang pernah menggunakan devices ASUS Gaming pasti pernah bermasalah dengan software Armoury nya. Dan itu bakalan menambah pengetahuan kamu seputar installasi software berat.

Silakan kamu maksimalkan, sendiri mengenai proses installasi nya. Karena belum ada panduan lengkap mengenai tips installasi, mungkin aku hanya bisa menyematkan video milik orang lain dari Youtube.

Video ini mempunyai kesamaan langkah dengan tips yang aku berikan di atas, untuk selengkapnya silakan tonton saja video di bawah ini.

Sekali lagi pastikan kamu punya koneksi internet yang stabil, serta minimal kuota data 100GB. Kok banyak banget? Ya tentu saja karena saat laptop di hubungkan ke jaringan beberapa software lain juga akan memperbaruhi diri secara otomatis, setidaknya kamu tidak kehabisan kuota di tengah download file yang berkapasitas besar.

Untuk armoury create setiap laptop windows sama saja, hanya terletak perbedaan pada jenis perangkat windows antara 32 bit dan 64 bit. Jika kalian punya pertanyaan silakan diskusi di kolom disqus di bawah ya.

RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.