Tips mengisi daya baterai Lifepo4 menggunakan Power Supply

cara isi ulang lifepo4.

LifePo4 populer berkat ke awetanya, baterai ini mampu bertahan sampai 2000-3000 kali siklus pengisian, tak heran kalau nilai jual nya masih cukup tinggi meskipun baterai bekas. Baterai ini masih mempunyai umur yang panjang meskipun siklus pengisian sudah melebihi batas kemampuan.

Hanya saja kapasitas akan berkurang apabila siklus sudah mencapai batas, misalnya baterai yang sebelumnya berkapasitas 100Ah. Setelah mencapai siklus pengisian, kapasitasnya mungkin berkurang menjadi 80=90% dari kapasitas murni.

Kapasitas baterai Lifepo4 dapat di ukur dengan cara melakukan pengurasan pada saat baterai penuh, total energi yang terpakai di hitung sebagai kapasitas tersimpan dalam baterai. Selain punya umur yang panjang, baterai ini cukup haus akan energi listrik.

Baterai lifepo4 mampu menyedot energi listrik hingga batas kemampuanya. Jika anda mempunyai power supply berbasis switching, jika current yang mengalir tidak di batasi kemungkinan akan mengalami protect. Baterai akan menyedot arus lebih besar, jika batas maksimal power supply adalah 20A maka baterai akan menyedot 20A, tanpa hambatan ini menyebabkan lonjakan arus tinggi yang memicuh auto cutt off sistem pengaman dari power supply.

Beberapa orang khususnya yang menggunakan baterai lifepo4 untuk menangkap iklan mereka mempunyai charger power supply yang sudah di modifikasi. Proses modifikasinya cukup mudah, hanya dengan mengurangi jumper pada bagian output, ini memungkinkan arus mengalir jadi lebih rendah karena lebar penampang kawatnya jadi berkurang.

Tegangan pengisian pada baterai lifepo4 harus di sesuaikan berdasarkan spesifikasi pabrik, atau mengikuti tegangan umum yaitu 3.65v per sel nya. Jika baterai di seri menjadii 4s, berarti tegangan totalnya adalah 14.6 volt pada posisi penuh.

Untuk pengisian harus menyetel ke angka tersebut, saya mengambil posisi 14v saja, 99% dari kapasitas penuh nya. Agar lebih aman dan baterai tidak terlalu overcharger atau panas. Pengisian baterai dengan arus tinggi akan menghasilkan panas yang cukup tinggi.

Beberapa orang memilih menggunakan power supply dengan tegangan lebih tinggi daripada yang di rekomendasikan. Dan menggunakan stepdown sebagai alat regulator penurun teganganya. Power supply dengan kapaistas arus yang besar dan tegangan rendah biasanya tidak benar-benar murni.


Adaptor laptop bisa di gunakan untuk charging lifepo4

Jika anda belum mempunyai power supply, adaptor laptop bisa di gunakan untuk mengisi daya baterai lifepo4. Dan gunakan stepdown sebagai regulator penurun tegangan, atur tegnagan regulator stepdown ke angka 14 volt atau 14.5V untuk mencapai titik puncak 100%.

Sambungan ini akan protect bila di gunakan, harap batasi arus pengisian dengan mengatur trimpot current pada regulator stepdown. Sebagai contoh bila kita mempunyai adaptor laptop dengan tegangan output DC 19v, 4.5A artinya daya total dari adaptor adalah 85Watt ( hasil perkalian antara tegangan dengan arus ). Nilai current output yang dapat kita gunakan adalah 7.1A ( hasil pembagian antara watt dengan tegangan 12v).

Meskipun anda sudah menggunakann 7.1A ingat ini adalah arus puncak, baterai lifepo4 akan menyedot semua arus tersebut dalam durasi yang sangat cepat. Adaptor laptop akan protect karena ia menerima beban kejut yang relatif besar. Untuk menghindari kejadian serupa, bisa di turunkan lagi trimpot arus pada stepdown ke posisi minimal 4A.

Jika anda bingung untuk melakukanya bisa menambahkan sofstart, sofstart bisa di buat dengan menggunakan kabel kawat yang tahan panas, tapi tidak mengubah nilai hambatanya. Berikut ini saya mencontohkan bagaimana cara mengisi lifepo4 dengan adaptor laptop tapi tetap menggunakan arus 7.1A ( daya maksimal )


Contoh jenis power supply tidak real

Banyak sekali power supply yang di jual di toko online menawarkan kapasitas tinggi dan juga bintang nya 4 ke atas. Jangan percaya sama ulasan, percayalah pada sebuah pengujuan yang memang benar terbukti dan ter-uji. Berikut ini saya membeli power supply merek YAMASAKI.

Merk tersebut kemungkinan bukan asli merek nya, produk ini di jual di toko online dengan harga terjangkau dan juga bintang ulasan yang menggiurkan. Tapi jangan pernah fikir kalau kapasitas nya benar-benar real, ini saya membuktikan kalau kapasitas power supply ini tidak seperti yang di sebutkan pada deskripsi produk.

Pada deskripsi produk di sebutkan 24 Volt 20A, jika memang benar 20A maka total daya nya adalah 480 Watt. Tapi saat saya gunakan daya yang di dapatkan hanyalah 132 Watt. Daya bisa di ukur dengan menghitung berapa watt yang di konsumsi oleh power supply, bisa juga dengan menghitung berapa arus yang masuk ke baterai saat pengisian.

Berdasarkan pengujian, arus yang masuk ke baterai adalah 7A lebih dari itu akan protect. 7A x 12 = 84 Watt. Jika kapasitas nya memang real 20A, maka jika di stepdown ke 12v kita bisa mendapatkan pengisian 40 Ampere.


Tidak perlu menyambungkan stepdown dengan solar charger controller

Banyak orang berfikir bahwa baterai akan overcharger bila pengisian penuh tanpa di cuttoff, anggapan seperti itu hanya terjadi pada orang yang belum pernah mencoba. Apabila kita mengisi baterai dengan tegangan yang telah di tentukan sesuai dengan standar, maka ketika penuh arus pengisian akan berkurang.

Baterai akan masuk ke float mode, dimana hanya sedikit sekali arus yang mengalir, dan itu aman tidak berbahaya. Menambah solar controller justru akan menambah beban dan membuang lebih banyak listrik. Faktanya SCC model MPPT akan menurunkan tegangan menggunakan regulator stepdown mereka.

Sementara itu model SCC transistor, mereka mempunyai kelemahan yaitu hambatan pada transistor mosfet. Ini menyebabkan arus hilang 2-3A dan tidak masuk ke baterai. Cukup hubungkan saja secara langsun output dari stepdown ke kutub baterai atau ke kutub BMS nya.

Dan jika menggunakan stepup jangan mengatur current lebih besar dari pada output power supply, contoh output power supply adalah 30A 12v. Maka total daya nya adalah 360W, pada tegangan 48V hanya bisa di pakai 7.5A ( tapi sesuai dengan pengalaman saya sebelumnya, power supply itu tidak murni jadi arus yang dapat di pakai hanya sekitar 5A saja).

menyambungkan scc dengan stepdown.jpg


Utamakan memilih power supply dengan ouput tegangan yang lebih tinggi

Power supply banyak yang tidak sesuai dengan deskripsinya, untuk mendapatkan daya ( watt ) yang lebih besar ada baiknya memilih power supply dengan tegangan tinggi. Sama hal nya seperti fast charging pada ponsel pintar jaman sekarang.

Pengisian cepat menggunakan tegangan DC 9V, kenapa tegangan ini di pilih? Tujuanya untuk mengurangi panas berlebihan pada power supply dan juga kebutuhan kabel tidak perlu di tingkatkan. Tapi baterai pada HP tetap mengisi daya pada tegangan 4.2 volt ( tegangan penuh ). Di dalamnya sudah ada stepdown alias regulator penurun tegangan.

Lifepo4 juga demikian, untuk mendapatkan daya pengisian yang besar sebaiknya pertimbangkan memilh power supply yang lebih tinggi. Sesuaikan dengan stepdown yang anda punya, atau beli power supply variabel yang harganya lebih mahal.


Utamakan menggunakan stepdown daripada variabel pengatur tegangan Power supply

Power supply banyak sekali gimmick nya, mulai dari kapasitas yang tidak murni, hingga ukuran tegangan yang tidak stabil. Tegangan tidak stabil pada power supply merupakan ciri khas dan di pengarui oleh pana, atau faktor effisiensi lain. Khawatir jika voltage variabel yang sudah kita atur sebelumnya akan naik tinggi di atas tegangan penuh bisa menyebabkan baterai mengalami kembung over pengisian.

Berbeda dengan stepdodwn, stepdown dengan dua variable pengatur arus dan tegangan memang sudah di rancang khusus. Bila ada stepdown yang mengalami masalah seperti kenaikan tegangan tiba-tiba, pasti sudah banyak di posting oleh komunitas hobi elektro, tapi buktinya gak ada tuh.

Regulator stepdown ini sebaiknya di ikat dengan baterai sebagai jalur pengisian, agar sewaktu-waktu dapat menggunakan power supply appun untuk mengisi di rentang tegangan kerja stepdown misalnya stepdown 15-45 volt artinya kita bisa menggunakan pengisian dengan tegangan tersebut tanpa harus membeli kontroller lain.


Pelajaran berharga jika anda melakukan experiment ini adalah, anda akan paham kalau lifepo4 sangat berbeda dengan accu. Lifepo4 mempunyai karakteristik sifat unik, yaitu menyedot arus listrik sangat besar, jika di berikan arus berapapun ia akan menyedot hingga penuh. Dan ini menyebabkan sebagian besar power supply mengalami protect saat di gunakan untuk mengisi baterai, kecuali power supply konvensional dengan trafo besi.

llasladads sdsdsfsdfd dadadad sdsdsd sdsddsfdsd ss adasdadsad
RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.