Mudah, Cara lacak lokasi teman di WhatsApp

Melacak Lokasi orang lain di WhatsApp

RYANID.MY.ID - Apa itu melacak lokasi? Melacak lokasi adalah salah satu metode atau cara yang digunakan untuk menemukan lokasi dari target yang kita cari. Misalnya, ketika kita sedang chatting dengan teman di Whatsapp sering kali kita menanyakan lokasi mereka. Dibalik cara manual ini ternyata ada fitur WhatsApp yang sangat berguna buat kita dalam bekerja sehari-hari, namanya fitur share location.

Dengan fitur ini pngguna WhatsApp bisa membagikan lokasi terkni secara realtime dengan jangka waktu tertentu. Untuk pilihan waktu berbagi lokasi, tersedia antara 15 menit hingga 8 jam. Fitur ini akan sangat berguna bagi pelapak yang berbisnis di marketplace facebook.

Untuk menggunakan fitur Share Location anda bisa membuka chat/grup tempat dimana anda ingin membagikan lokasi, kemudian tap pada ikon attahcment pilih opsi berbagi lokasi. Fitur ini membutuhkan dukungan dari GPS penrima lokasi satelite, jadi pastikan anda menghidupkan GPS pada ponsel untuk menerima signal lokasi dari satelit yang tengah melintas.

Menggunakan GPS adalah cara berbagi lokasi yang realtime, tapi anda juga bisa membagikan lokasi dari sumber eksternal yang berada di luar WhatsApp, contohnya Google Maps.

Cara membagikan Lokasi Google Maps ke WhatsApp

  • Buka aplikasi Google Maps yang berada di perangkat anda, ketuk ikon profile di pojok kanan atas.
  • Izinkan aplikasi menggunakan GPS untuk mendapatkan lokasi terkini.
  • Kemudian pada laman beranda lokasi, klik bagikan lalu pilih aplikasi WhatsApp dan kamu akan di arahkan ke dua opsi pilihan.
  • Pilih Grup untuk membagikan lokasi ke grup chat, dan pilih kontak untuk membagikan lokasi ke teman.

Dengan membagikan lokasi ke teman / grup maka teman anda akan lebih mudah menemukan lokasi keberadaan anda. Namun untuk akun bisnis biasanya lokasi sudah bisa dilacak dengan mudah pada laman profile bisnis.

Melacak lokasi teman juga bisa ditemukan di facebook, pada laman profile teman. Ada sebagian dari mereka yang mengatur privasi tempat tinggal ke publik, pada laman facebook marketplaxe disana tertera lokasi tempat orang menjual barang. Untuk mendapatkan info lokasi mereka, anda wajib menjadi teman di akun fb nya. 80% fb akan menampilkan aktifitas teman tersebut pada laman newsfeed anda.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚