Mudah cara membuat payment donasi di Bot Telegram

Sistem pembayaran di telegram

RYANID.MY.ID - Setelah lama berkecimpung dalam dunia per telegraman akhirnya saya bisa memahami kegunaan bot telegram. Bot telegram bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan, baik kebutuhan bisnis maupun kebutuhan utilitas sehari-hari. Aslinya Bot telegram itu adalah sebuah komputer jarak jauh yang kita remote melalui aplikasi telegram. Dia bisa melalukan proses terhadap berbagai data dan juga media.

Kemarin saya sempat mengembangkan sebuah robot mirip-mirip lah seperti Google, cuma database yang disimpan adalah file. Dengan memanfaatkan server telegram yang tanpa batas saya bisa membuat web storage online untuk mendistribusikan pesan. Dan juga data tersebut bisa di cari menggunakan teknik Query Search, aplikasi lain yang saya kembangkan dengan telegram bot adalah survey online, dan juga aplikasi utilitas seperti RyanID Blog Updater, RyanIDbLog Shortlinker.

Telegram sendiri sudah menyediakan fitur payment gateyway yang bisa kamu coba secara gratis. Hanya saja kenis payment ini jarang digunakan oleh masyarakat indonesia, jadi akan sangat sulit bagi kita untuk memberikan imformasi pembayaran bagi pengguna yang berlangganan bot premium. Saya berusaga keras buat menyelesaikan tahap ini, dan pada akhirnya Alhamdulillah berhasil banget.

Caranya sangat gampang sekali, kamu tinggal menggunskan layanan pengumpul dana / pembayaran pihak ketiga yang mendukung payment via E-Wallet dan Rekening bank lokal. Disni, aku menggunakan saweria.co agar lebih simpel, cukup daftar menggunakan alamat email, masukan nama dan password, dan akun sudah jadi. Kamu bisa menggalang dana donasi dengan membagikan link profile saweria.

Situs web ini menyediakan metode pembayaran lewat E-Wallet dan rekening bank, ada dukungan untuk OVO, LinkAja, Dana, Shopeepay, dan juga Gopay. Berikut ini ada tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat payment dari saweria.


Cara membuat payment atau penerima pembayaran Dari Bot Telegram

  • Daftar saweria.co menggunakan alamat email
  • Isi Biodata sesuai dengan fansbase nama kamu, isi juga nomor HP, dan tambahkan username.
  • Lengkapi link Profile media sosial dan juga foto profile agar terlihat lebih menarik.
  • Habis itu untuk menerima pembayaran kamu tinggal sebarin link profile saweria kamu.

Menggunakan sawria jelas lebih aman dibanding menyertakan metode pembayaran langsung seperti E-Wallet, dan Rekening Bank. Sebab beberapa transaksi tertentu dilarang oleh layanan paymen ini. Kalau ada yang melaporkan rekening kita, kamu bakalan di blokir. Saat ini aku baru mendengr pengguna Gopay yang lebih sering terkena sanksi akibat transaksi barang yang tidak diizinkan. Saldo mereka di gembok nggak bisa di tarik, akun mereka juga di tanggguhkan.

Buat kreator konten +18 pasti lebih berbahaya lagi, alterbative nya adalah dengan menggunakan saweria, trakteer, atau onlyfans dimana tempat para kreator konten 18 bisa menjual konten mereka. Layanan payment ini disebut juga sebagai dukungan atau donasi, tapi bisa digunakan sebagai media payment atau pembayaran loh. Beda antara donasi dengan bayar adalah letak nominal pembayaran, kalau donasi pengguna/fans/buyer bisa membayarkan uang seiklasnya sedangkan kalau bayar kita bisa menentukan penbayaran sendiri.

Kamu bisa membuat sebuah pesan yang berisi Hyperlink mengarah ke profile saweria camu, gampang kok. Cukup ketikan saja pada pesan gelegram URL nya, link akan jadi aktif (berwarna biru dan bisa di klik). Jika user menggunakan ponsel maka ia bisa melanjutkan pembayaran di aplikasi yang digunakan, misalnya ada yang pilih pembayaran lewa Dana. Maka di aplikasi dana akan muncul invoice yang bisa hilang beberapa detik saja. Pembeli harus bergerak cepat memverifikasi pembayaran dengan mengklik notification bar invoice yang ada.

Setelah dana terkumpul kamu bisa mencairkan uang nya ke rekening bank atau ke rekening E-Wallet, untuk rekening E-Wallet & Bank minimum pencairan adalah Rp 100.000,-. Sedangkan untuk minimum pembayaran donasi adalah Rp 10.000. Fee nya juga rendah hanya 5-6% untuk setiap ada transaksi masuk, kemudian kamu juga bakalan dikenai fee saat penarikan sebesar Rp 5000.

Salah satu hal yang wajib kamu ingat adalah minimal penarikan yakni 100rb atau minimal kamu sudah mendapatkan 10 dukungan. Nah kalau kamu nggak yakin bisa mencapai angka itu ada baiknya gunakan rekening virtual dari E-Wallet Ovo atau menggunakan metode pembayaran multiplatform kamu wajib membuat Merchant di aplikasi Dana/OVO/Gopay/LinkAja agar bisa mendapatkam kode QRis yang dimana bisa di scan oleh orang lain.

Fitur premium dari sebuah aplikasi masih sangat minim pasarnya, sebab kebanyakan masyarakat indonesia khususnya remaja ya. Mereka lebih sayang membelanjakan uangnya kecuali produk / layanan yang kamu berikan memang berkualitas. Saya sendiri cukup sulit buat mendapatkan pendanaan dengan sistem payment atau berlangganan. Sebagai gantinya saya menggunakan sistem kredit, sistem kredit ini mewajibkan setiap pengguna bergabung ke Grup/Channel yang saya promosikan atau mempromosikan channel/grup iklan saya agar bisa menggunakan layanan bot yang saya tawarkan.

Kebanyakan syaratnya adalah Join Channel. Disini bisa meraup banyak audiens, sehingga kita bisa memperoleh keuntungan lewat Ads atau iklan. Ini adalah alternative masih banyak cara lain yang bisa kamu gunakan, metode apapun itu yang penting bisa memanjakan pelanggan.

Semangat Yaaa

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚