Pageviews VS unique pageviews bagus mana?
RYANID.MY.ID - Page views adalah istilah dalam bahasa inggris yang mengambarkan sebuah tampilan halaman, sedangkan unique pageviews adalah tampilan unik. Tampilan unik adalah satu tampilan atau satu sessi yang di buat oleh satu pengunjung. Dalam unique, satu pengunjung hanya sekali membuka halaman tidak dua kali.
Pada artikel ini saya akan membagikan pengalaman buruk dan baik antara tampilan dan pageviews unik. Selama mencoba membangun blog saya memantau dengan cermat bagaimana google bisa menyimpulkan baik atau buruknya suatu artikel.
Di penelusuran google unique page views di nilai bagus, karena user membuka lebih dari satu halaman. Itu artinya konten atau topik tersebut bagus, nilai bounce rate pun bisa lebih rendah. Situs web yang sering menggunakan spilit page tentunya punya bounce rate rendah.
Terlebih lagi mereka sering berada di halaman pertama penelusuran, lalu bagaimana dampak buruk page views?
Dampak buruk dari page views baru bisa saya simpulkan ketika saya sering mengalami pembatasan iklan dari Google Adsense, ini artinya pengguna yang sama secara tidak sengaja melakukan klik iklan berulang.
Yang namanya website pasti iklanya banyak, minimal jumlah iklan pada web ada 5 slot yang di pasang di tempat terbaik. Jika kita punya 450 visitor, tapi page viewsnya ribuan itu artinya satu pengunjung membuka lebih dari satu halaman.
Cukup bagus buat web, dan tidak cocok buat pemasang iklan adsense. Klik berulah merupakan pelanggaran berat terhadap kebijakan google adsense, oleh karena itu bila situs web kamu mendapatkan klik terus menerus tanpa di bendung bisa jadi akun adsense di baned.
Website apa saja yang pageviewsnya tinggi?
Tampilan halaman yang tinggi biasanya di pengaruhi oleh konten yang ada pada web itu sendiri, apalagi kalau niche pada blog/website membahas hal yang spesfik sudah pasti page viewsnya banyak. Misalnya ada blog yang membahas walpaper semuanya, bahas chor gitar semuanya, blog tersebut jadi punya nama.
Website yang membahas niche secara spesfik biasanya di kunjungi lebih dari sekali, hal ini bisa terjadi karena pengunjung penasaran di tambah lagi konten yang ada di web adalah konten yang mereka sukai.
Itulah kenapa algoritma rekomendasi sedang populer sekarang, algoritma rekomendasi membantu memfilter dan mentarget konten sesuai persepsi dan kesukaan seseoarang. Contohnya facebook akan merekomendasikan topik yang serupa dengan apa yang kamu lihat berdasarkan riwayat jelajah, kata kunci pencarian, dan halaman yang mungkin anda ikuti.
Konten spesfik membantu mempertahankan visitor agar bisa bertahan lebih lama dalam web, web streaming film biasanya sering down karena visitor yang ada lebih tinggi. Kenapa karena visitor tidak hanya menjelah halaman tapi juga menonton film secara streaming.
Selain itu web MP3 search engine atau dikenal dengan istilah AGC mp3, salah satu teman saya bernama seltra regi aglu hersa pernah kaya berkat bermain web mp3 search engine.
Iklan apa yang cocok untuk page views tinggi?
Rata-rata semua iklan cocok di gunakan untuk web yang pageviewsnya tinggi, hanya saja khusus adsense kamu wajib membatasi jumlah iklan yang di tampilkan di halaman. Jika ada user mengklik beberapa kali, penghasilan yang didapat akan masuk ke dalam trafik tidak valid.
Terlebih lagi filter google sangat pintar dalam menganalisis klik dan tayang iklan, jika terjaring filter ini akun adsense kamu bisa saja mengalami pembatasan iklan. Bisa berdampak terhadap penghasilan yang akan di terima nantinya.
Untuk jenis iklan yang cocok bagi website dengan page views tinggi cuma iklan banner, iklan teks dan link, bila kamu memasang iklan popunder bisa berdampak terhadap page views yang ada.
Punya website dengan page views yang tinggi merupakan primadona semua orang. Kalau web tinggi page viewsnya otomatis nilai valuasinya tinggi juga. Valuasi yang tinggi bisa mendatangkan banyak advertiser, bahkan bisa dijadikan sebagai tempat pemasangan iklan.
Saya juga sedang berusaha menaikan page views blog ini dengan mengaplikasikan algoritma rekomendasi. Algoritma rekomendasi adalah salah satu cara menargetkan konten, memfilter konten berdasarkan kesukaan dari visitor yang hadir. Dengan adanya fitur ini di harapkan visitor menghabiskan waktu yang lebih lama di web.