Panduan Sambung kabel Headset 4 dan 5 warna lengkap!

Gambar Headset Jenis TRRS

RYANID.MY.ID - Menyambung kembali kabel Headset yang putus pada jack Audio memang menjadi perkara mudah-mudah sulit, mudah bila bagian kabel hanya mengalami putus saja. Sehingga kita bisa menyambung kabel nya dengan mudah berkat kecocokan kedua warna kabel sambungan. Tapi hal ini menjadi lebih sulit ketika anda ingin melakukan sambungan pada Headset dengan jack audio yang berbeda.

Jack Audio sendiri adalah salah satu jack yang sering digunakan dalam penyambungan sound sistem atau apapun yang berhubungan dengan Audio, khusus audio kecil pada mp3 player dan juga smartphone pada umumnya menggunakan jack tipe 3.5mm.

Jack ini, yang sering kita temui ada dua jenis. Pertama ada yang dua pin penghubung, ada juga yang hanya 3 pin penguhubung, bisa dilihat pada gelang perak yang ada pada ujungnya, kemudian ada yang punya 4 pin penghubung. Khusus yang punya 4 pin pengubung ini adalah jenis jack audio yang lebih lengkap dengan dukungan Microphone. Tapi saya belum pernah melihat jack audio dengan 5 pin penghubung.

Jika anda melihat ada jenis jack 3.5mm dengan 4 pin penghubung namun kabelnya ada 5, kemungkinan ada dua kabel yang dijadikan dua. Alasan yang tepat kenapa satu kabel dijadikan dua hal ini agar bisa menyuplay mic sekaligus tombol, biasanya yang di dobelkan itu adalah bagian Grounding (jalur Negatif).

Setelah anda memahami jenis Jack 3.5MM dan kegunaan pin outnya masing-masing sekarang mari kita belajar menyambungnya dengan kabel Headset lain. Dalam prosed kerja kali ini saya tidak akan menggunakan patokan warna, sebab warna tidak selalu mencerminkan fungsi dari masing kabel. Sekarang kita gunakan susunan deretan Pinout.

Seperti pada umumnya deretan pin out ini tidak berubah sewaktu-waktu kecuali bila anda mengganti jenis HP dan juga jenis Dukungan jack aduio. Bagaimana cara menentukan sambungan yang tepat untuk sebuah jack audio?

Pertama-tama kamu wajib mempunyai multitester ataupun benda lain yang bisa membuktikan bahwa kabel itu saling terhubung. Alat ini bisa diganti dengan LED senter + baterai 3.7volt, kegunaanya hanya untuk menentukan jalur saja tidak lebih. Jadi teman-teman perhatikan gambar pin out jack audio dibawah ini :

Pada gambar di atas ada 4 jenis susunan pin Out jack audio mulai dari yang 3 pin gelang hingga 4 gelang. Untuk Smartphone dengan teknologi terbaru gunakan yang standar. Langkah kerjanya seperti dibawah ini:

Pin Out Headset 4 dan 5 jalur warna

  • Kupas semua ujung kabel jack audio, buang lapisan emailnya dengan dibakar lalu dikorek sedikit menggunakan cutter.
  • Siapkan Multitester atau LED yang siap menyala
  • Hubungkan salah satu pin alat ukur pada ujung gelang jack audio sesuai gambar di atas.
  • Sementara kabel lain hubungkan pada kabel yang sudah dikupas, pindahkan secara bergantian ke kabel yang lain.
  • Disini kamu wajib mencari kabel yang saling terhubung, bila dapet catat warna kabel nya dan fungsinya.
  • Gunakan Patokan Pin Out standar yang ada pada gambar di atas.


Langkah Penyambungan Kabel dengan Headset

Sebelumnya anda sudah menemukan fungsi kabel? Kalau sudah segera sambung pada Headset Speaker dan Mic yang kamu punya tanpa memperdulikan warna. Lupakan warna kabel, karena warna kabel tidak bisa menjadi acuan dasar dalam proses penyambungan kabel Headset yang putus.

Apabila jack anda punya 5 kabel, pastinya anda akan menemukan dua kabel pada jalur yang sama saling terhubung ketika melakuian pemeriksaan seperti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di atas. Saran saya lupakan saja kabel yang sama tersebut, kamu hanya mebutuhkan 4 jalur kabel yang terdiri dari Ground, Mic, Spk L, dan Spk R.

Catatan : bila tidak menggunakan Microphone jalur mic harus dihubung singkatkan ke Ground agar Headset bisa di deteksi oleh smartphone. Beberapa smartohone mewajibkan komponen ini terhubung agar bisa dideteksi headset nya, sebagian lagi tidak.

Bila kamu menemukan ada 5 kabel, pastinya akan ada satu yang tidak terpakai. 5 kabel digunakan oleh Headset Nokia, sebenarnya itu hanyalah dua buah Ground/Negatif yang dibuat jadi dua kabel berbeda. Oke fair ya sekarang? Kalau udah berhasil langkah selanjutnya sebelum mempresisikan sambungan, adalah langkah pemeriksaan.


Menganalisis Kondisi Suara pada Headset Sambungan

Seperti pada gambar di atas, kamu wajib menyambung masing-masing jalur pada tempat yang benar. Pastikan semua komponen aktif diberi Grounding/Negatif, Spk L, Spk R, dan Mic perlu mendapatkan jalur Ground. Masalahnya terkadang anda sering terbalik memasang antara Ground sama jalur MIC, ini yang menyenabkan suara speaker mengecil, tidak ada suara, dan lain-lain.

Pastikan kamu mencatat dengan teliti antara warna kabel dengan jalur pinout yang digunakan. Sambungnya juga jangan kebalik, jika terbalik dalam proses penyambungan yang ada malah Headset tidak bekerja dengan baik.

Oh iya, buat kamu yang ingin menggunakan tombol Play/Pause, tombol tersebut bisa dibuat dengan kombinasi menghubung singkatkan jalur MIC ke Ground dengan hambatan 0. Oke sampai disini anda sudah berhasil menyambung kabel Headset yang baik dan benar.

Demikianlah Tips dan Trik menyambung kabel jack Audio Headset 4 kabel dengan 5 kabel warna, setiap jack punya jalur yang berbeda-beda. Warna pada kabel tidak selama nya melambangkan fungsi dari jalur itu sendiri, hal ini terbukti dengan banyaknya teman-teman melakukan kesalahan ketika saya membuat panduan nya di Youtube.

Trik ini sebenarnya sama dengan trik sebelumnya yang pernah saya posting, hanya saja proses pencarian jalur/menemukan kabelnya menggunakan skematik diagram dan alat ukur. Kalau teknik sebelumnya anda akan bingung sendiri, lagian tidak semua smartphone mewajibkan jalur Mic di Groundkan agar bisa terdeteksi. Beberapa Smartphone ada yang langsung terhubung ketika dipasang jack yang putus sekalipun.

Jika dihitung-hitung sudah satu tahun saya mempelajari Headset, bahkan saya hafal. Jalur G, Mic, R, L. Saya tidak melakukan banyak eksperiment dengan Headset, karena tipe headset sambungan tanpa di solder punya kelemahan sendiri. Teman-teman akan menyadari hal ini setelah beberapa hari pemakaian, sambungan sebelumnya pasti bakalan kendor kembali yang disebabkan oleh goyangan/tarikan pada kabel selama penggunaan. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas suara, kadang timbul, kadang tidak, hilang timbul, kresek kresek dan sebagianya.

Kunci terbaik untuk memperkuat sambungan adalah di Solder dengan timah panas hingga melekat sempurna pada kabel. Kemudian pada ujung kabel diberi ikatan untuk mencegah tarikan dari luar, sudah biasa kabel headset mengalami tarikan rendah maupun tinggi. Tergantung penggunaan..

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚