Tips mengamankan motor dari pencurian, marak terjadi di tempat ramai

Waspada pencurian motor

Ryanid - Pencurian motor banyak terjadi karena begitu mudahnya menyalakan mesin motor. Kemudahan menghidupkan kelistrikan ini membuat tingkat pencurian semakin banyak.

Setelah menyaksikan banyak video rekaman cctv di Youtube mengenai pencurian sepeda motor yang terekam CCTV akhirnya saya bisa mendapatkan sebuah kesimpulan. Dalam artikel ini akan saya bedah, bagaimana cara mengamankan sepeda motor agar aman dari tindakan pencurian.

Dimanapun tempat kita memarkir motor lebih baik membayar uang parkir sebesar 2000-3000 dari pada harus kehilangan sepeda motor yang harganya puluhan juta. Pelaku pencurian selalu punya banyak ide dalam melancarkan aksi mereka, mungkin sebelum beraksi tempat yang akan menjadi lokasi pencurian sudah di survey.

Ini terlihat ketika pelaku curanmor tidak membutuhkan waktu lama buat membawa kabur sepeda motor, mereka menggunakan kunci T. Kunci jenis ini adalah kunci yang paling sering di gunakan oleh pelaku untuk melancarkan aksi mereka. Dari sekian banyak video yang saya saksikan, awal mula pelaku akan memastikan kondisi lokasi aman terlebih dahulu.

Bila lokasi sudah dirasa aman, barulah mereka merusak kunci motor menggunakan kunci jenis T. Kunci ini digunakan untuk merusak kunci motor dengan cara memutar nya secara paksa, ketika kunci motor rusak maka posisi switch akan berpindah sehingga motor bisa di hidupkan.

Target pelaku lebih suka memilih motor honda, lantaran motor honda punya slot kunci yang mudah di rusak. Meskipun motor model terbaru sudah di bekali dengan penutup kunci yang menggunakan magnet, penutup ini ternyata bisa di buka dengan mudah oleh pelaku.

Setelah berhasil merusak kunci, maka motor akan hidup. Pelaku akan menggnakan starter otomatis dibanding kick starter untuk menyalakan motor. Pilihan menyalakan motor menggunakan starter otomatis ini jelas mempermudah pelaku kabur.

Motif nya sama, semua video yang saya saksikan sama. Ada salah satu motor yang di ikat menggunakan rantai, tapi aneh sekali rantai tersebut bisa di potong hanya menggunakan tang buaya. Dari sini saya mendapatkan sebuah kesimpulan untuk mengamankan motor dari pelaku pencurian.

Berikut ini adalah jurus ampuh mengamankan motor

  • Buatkan saklar tambahan yang tersembunyi selain kunci kontak, jadi jika kunci kontak berhasil di rusak motor tidak akan bisa hidup.
  • Pasang kunci cakram pada motor, kunci cakram bisa memperlambat dan mempersulit pelaku melancarkan aksinya.
  • Tambahkan alarm pada motor anda, hanya alaram jangan ada tambahan lain.
  • Sebagai pengaman tambahan gunakan kunci REM juga sebagai tambahan.

Pengaman di atas akan membuat pelaku curanmor berfikir dua kali, seandainya dia mencoba membobol kunci kontak maka alarm akan bersuara. Suara alarm akan membuat mereka merasa ketakutan. Kalaupun mereka tidak takut hanya dengan suara alarm, anggaplah mereka berhasil membobol kunci kontak.

Rintangan selanjutnya mereka tidak akan bisa menggerakan motor, sudah ada kunci cakram dan kunci rem yang tidak mudah di buka. Anggaplah mereka sanggup membobol kedua kunci pengaman tersebut, maka terakhir akan kecewa karena motor tidak bisa di hidupkan.

Hahaha, mau di bawa pake apa motornya kalau mesin tidak bisa hidup. Sudah pasti pelaku akan meninggalkan lokasi, merekapun akan kesulitan mencari cara buat menghidupkan mesin. Pada akhirnya pelaku tidak akan berani membawa kabur motor yang sudah dilengkapi dengan banyak pengaman.



Bila kamu punya garasi parkir, boleh dipasang sebuah lampu sorot yang dilengkapi dengan sensor gerak. Pasang alarm pada parkiran, ini bisa di aplikasikan di garasi rumah. Saat kondisi masih di gunakan, atau masih ada kamu di situ kamu bisa mematikan alarm dengan remote control agar tidak menyala.

Setelah kamu ingin meninggalkan lokasi, baru deh alarm dan cctv di hitupkan. Sensor gerak ini biasanya banyak di jual pada lampu emergency tenaga cahaya matahari. Dimana lampu akan menyala bila mendeteksi adanya gerakan di sekitar lampu. Gunakan sensor ini bila jumlah motor yang ada di garasi rumah kamu ada banyak.



Sebagai catatan, wajib berhati-hati jika meninggalkan motor di parkiran umum, di pinggir jalan, dan di tempat manapun. Bahkan di tempat ramai sekalipun pelaku curanmor masih berani beraksi, dan mereka tidak takut sama sekali akan keramaian.

Ketika kamu berhasil menciduk pelaku jangan langsung di kejar, tapi lempar benda ke arah mereka. Sebagian pelaku biasanya membawa senjata 4p1 rakitan, ini pernah aku lihat dalam video youtube kumpulan pencurian motor yang terekam CCTV.

Lebih baik mereka yang terluka dibanding kamu yang harus terluka. Seandainya di wilayah kamu ketahuan ada pelaku pencurian, begini caranya. Ambil seutas batu atau benda apapun, lempar ke pelaku. Beruntung kalau kena, hal ini akan membuat jera pelaku curanmor.

Setelah berhasil, coba deh kamu teriak minta pertolongan warga. Kalau kamu lari, langsung mengejar pelaku bahaya, bisa jadi pelaku membawa senjata tajam.

Tetap waspada, pelajari lebih lanjut mengenai strategi terbaru yang sering di gunakan oleh pelaku kejahatan. Ini akan membuat kita waspada, kita juga akan mengetahui bagaimana cara antisipasi nya. Biasanya pelaku tidak serta merta langsung beraksi, pasti di beberapa hari sebelumnya sudah melakukan survey terlebih dahulu.

Waspada jika ada orang yang gerak-geriknya mencurigakan, perencanaan survey memang jarang terlihat. Ada yang hanya duduk di motor mereka sendiri seolah-olah sedang menelpon, ada yang cuma pura-pura istirahat.

Pelaku akan berpindah-pindah tempat jika pada lokasi tersebut sudah pernah berhasil. Karena setelah satu kali kejadian, sudah pasti warga pada waspada, dan ada persiapan keamanan tambahan. Para pelaku ini mengetahui, bahkan pemilik motor yang akan dia curi sudah di ketahui oleh nya.

RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.