Penyebab Akun telegram dihapus atau terhapus

Penyebab Akun telegram terhapus

RYANID.MY.ID - Pernah mendengar istilah akun Terhapus? Di telegram penulis sangat sering mendengar akun terhapus sendiri, bila kamu pengguna aktif telegram pasti kamu bakalan menyadari beberapa dari akun yang pernah ber-interaksi denganmu sudah tidak ada lagi alias sudah menjadi akun terhapus. Ada beragam penyebab akun telegram jadi terhapus, tapi yang jelas kasusnya adalah tidak aktif dan melakukan pelanggaran berat.

Meskipun telegram terkenal jarang sekali menghapus akun pengguna (tidak seperti facebook yang sangat sensitiv). Tapi kamu tidak seharusnya meremehkan telegram, dalam beberapa kasus ketika kamu tengah berhasil mengembangkan bisnis lewat telegram. Ada kalahnya akun kamu jadi terhapus tanpa sebab, bisa karena dilaporkan oleh orang lain atau pelangaran yang terjadi tanpa kamu sadari.

Agar kamu bisa terhindar dari akun terhapus, sebaiknya simak baik-baik penyebab dibawah ini yang bisa bikin akun jadi dihapus oleh telegram. Sebagian orang sudah terbiasa dengan hal semacam ini, mereka menyediakan akun cadangan untuk berjaga-jaga kalau akun utama terhapus. Penulis sendiri punya 2 akun yang saling terkoneksi (jadi admin tunggal dibeberapa grup dan channel). Tujuanya agar salah satu akun bisa menjadi admin bila salah satu akun tumbang. Berikut ini ada beberapa penyebab akun terhapus oleh Telegram menurut Pengetahuan Penulis.


1. Tidak aktif dalam jangka waktu tertentu

Karena sangat menjaga privasi pengguna, telegram punya penghancur akun otomatis bila kamu tidak aktif menggunakan telegram selama beberapa bulan. Pada umumnya fitur ini aktif default nya selama 6 bulan, dan apabila dalam rentang waktu 6 bulan kamu tidak login ke telegram, maka akun kamu akan dihapus otomatis oleh sistem. Semua grup dan channel yang kamu kelolah akan hilang bila tidak ada admin lain. Begitu juga dengan semua files/media yang kamu simpan pada telegram.

Pengaturan ini bisa di setel ke angka maksimal 1 tahun, caranya gampang. Buka menu pengaturan » pada bagian Hapus akun saya bila tidak aktif beberapa saat atur jangka pada angka paling tinggi 12 bulan. Setelah pengaturan ini dibuat, kamu wajib aktif minimal 1x dalam jangka waktu 12 bulan. Bila tidak, maka akun kamu akan terhapus otomatis oleh sistem.


2. Menguggah Konten Tak pantas

Konten dewasa masih bisa berada di telegram, tapi jelas sangat tidak aman mengunggah konten dewasa ke telegram. Terlebih lagi bila konten yang kamu unggah tidak disensor, pastinya akun akan lebih cepat hangus. Telegram punya sistem pendeteksi otomatis untuk konten dewasa khususnya konten yang melibatkan anak, selain itu ada pula sistem pelaporan.

Nah bila kamu menggungggah secara terang-terangan konten +18 ke telegram bila ada yang melaporkan konten tersebut sebagai pelanggaran siap-siap akun kamu akan dihapus. Pastinya banyak ya yang posting konten +18 di telegram kok bisa awet? Mereka menggunakan akun Bot dan media yang dikirim itu bukan orang pertama yang mengunggahnya alias menggunakan forwading media. Jadi bila ada orang yang melaporkan konten mereka, yang kena adalah orang pertama (pengunggah original konten).

Info : Pesan bot telegram dengan kami dapatkan diskon 25%, harga awal Rp 100.000,- dan kamu dapet potongan 25rb, ayo buruan order. Cek demo bot dan penjualan di sini

Selain konten dewasa konten yang paling berbahaya di telegram adalah konten ber-hak cipta. Konten dengan hak cipta, dan konten sadis, rasis juga berbahaya. Jadi berhati-hati saja saat mengunggah file ke telegram, semua media yang kamu unggah akan menjadi media publik yang bisa di akses oleh siapapun. File/media tersebut bisa di fordward ke mana saja.


3. Melakukan Spam

Masih berhubungan dengan fitur report/lapor, telegram adalah media publik yang berbeda dengan WhatApps. Setap orang bisa saling menghubungi satu sama lain, hanya butuh Link profile / username saja. Nah bila kamu menghubungi orang yang tak dikenal pada bagian atas chat ada menu "Blokir Dan Report"

Sekilas terlihat spele, tapi bila ada lebih dari 1 orang yang melaporkan akun kamu sebagai pelanggaran bukan tidak mungkin akun bakalan dihapus. Sistem telegram sifatnya otomatis, penulis hampir setiap hari melihat akun klien terhapus otomatis.

Semua tindakan spam di telegram bisa jadi penyebab akun di hapus, jadi bukan hanya melakukan chat kepada orang tak dikenal saja. Misalnya, kamu mengirim pesan terlarang ke sebuah chat di telegram bisa langsung dihapus. Pesan Rasis, ujaran kebencian, Penistaan agama, rencana kejahatan, dan lain-lain yang bisa dideteksi oleh sistem telegram.


4. Kena Lapor Oleh Banyak orang

Berbeda dengan Bot, bot telegram sulit di hancurkan. Tapi akun telegram sangat mudah tumbang, bila ada lebih dari satu akun yang melaporkan kamu pasti sistem otomatis dari telegram bisa bertindak. Telegram berbeda dengan layanan sosmed lain, telegram tidak menyimpan data mereka pada datacenter. Telegram menyewa CDN dunia untuk mendistribusikan konten mereka, itulah sebab nya semua pesan dan media yang kita kirim pada telegram bisa lebih cepat diterima.

Nah karena dia menggunakan CDN dan metode enkripsi kriptografi (MTProto). Tidak ada orang lain yang bisa melihat isi pesan beserta media yang diikirim kecuali server telegram dengan si pemilik pesan. Karena hal inilah telegram menggunakan laporan pengguna untuk mendeteksi pelanggaran. Laporan pengguna ini difilter kembali oleh sistem, dan yang berhasil terjaring filter bisa dihapus oleh telegram.


5. Sering Kena Hukuman Spam Telegram

Ada kabar baik ya ini adalah filter telegram apabila kamu mengirim pesan yang sama ke banyak orang tak dikenal alias kontaknya tidak disimpan. Kemarin penulis sempat ber-eksperiment dengan mengirim pesan promosi yang sama ke dua orang berbeda. Namun penulos tidak diblokir oleh orangnya, tapi malah kena limit alias dibatasi mengirim pesan ke orang tak dikenal (bukan mutualan kontak).

Kok bisa? Ya tentu saja bisa, hal ini terjadi karena si penerima pesan mengklik tombol Laporkan Spam yang ada di pojok atas layar. Dan tentu saja akun yang bersangkutan langsung dibatasi oleh sistem telegram. Disini ada yang namanya bot pemeriksaan apakah akun kita sedang dibatasi atau tidak, namun hasilnya tidak akurat. Ya yang benar saja, akun mimin kena limit kirim pesan ke orang tak dikenal. Tapi hasil pengecekan bot akun bebas dari pembatasan. Kalau kamu kena limit seperti ini masih tetap aman, tapi kalau berulang kali kemungkinan akun bisa terhapus.


Sampai disini paham kan kenapa tiba-tiba akun teman kita yang ada di telegram bisa terhapus otomatis. Selain terhapus otomatis, ada juga yang sengaja menghapus akun mereka. Jadi banyak penyebab akun terhapus itu, penulis juga pernah meminjam nomor adik untuk mendaftar telegram. Dan setelah digunakan akun telegram tersebut sengaja dihancurkan.

Bila kamu punya bisnis di telegram, sebaiknya pisahkan antara bisnis ilegal dan bisnis legal. Bisnis ilegal seperti jadi admin channel konten dewasa, menyebarkan konten berhak cipta, melakukan spam (alias mengundang banyak orang ke dalam grup) dan masih banyak lagi. Buatlah akun cadangan untuk berjaha-jaga.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚