Perbedaan formulir pajak Adsense Tanpa NPWP dan dengan NPWP

Kantor Pelaporan Pajak

Ryanid - Saat ini pajak sudah merambah ke dunia digital, dan setiap warga negara wajib membayar pajak. Setahuku ada dua jenis pajak, yakni pajak Pendapatan dan Pajak Pertambahan nilai. Hari ini aku akan membandingkan potongan akun tanpa pajak dan akun dengan pajak NPWP indonesia.

Pajak memang sudah diterapkan, kamu pasti tidak pernah merasakan kalau barang yang kamu beli sudah terekena pajak. Hal itulah yang menyebabkan harga suatu produk menjadi lebih mahal, nilai pajaknya lebih besar.

Begitu juga dengan Google Adsense, akun yang tidak menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan mempunyai potongan sebesar 30% untuk setiap penghasilanya. Katanya sih cuma bagi warga Negara Amerika saja.

Nggak kok, indonesia sekarang sudah mulai memungut pajak penghasilan dari konten kreator dan pendapatan-pendapanan dari layanan digital. Yang pastinya Google pasti bakalan patuh terhadap regulasi pemerintah di setiap daerah.

Namun kali ini aku akan membandingkan berapa persen potongan untuk akun Adsense yang tidak menambahkan NPWP pajak pada akun meereka alias membuat formulir pajak tanpa di klaim.

Potonganya gede banget yakni 30% untuk setiap pendapatan yang kamu dapat dari warga negara Amerika. Sebagai perbandingan pertama, kamu bisa melihat gambar yang aku sertakan dibawah ini.

Akun Adsense yang ajuin formulir pajak tanpa NPWP

Tuh kan, kaalu dilihat dari Analistik ya. Pendapatan dari negara US punyaku lumayan banyak. Kalau dipotong 30% hasilnya jadi nggak enak donk hehehe, semakin gede pendapatan kita dari Negara Amerika semakin gede juga potonganya. Sebab dia menggunakan sistem persentase.

Setelah aku klaim pembayaran dengan mengirim formulir faktur pajak yang baru akhirnya potongan bisa lebih rendah. Bahkan potongan hanya 0% untuk Adsense dan juga 10% untuk produk lainya seperti Youtube, Konten affiliasi, Film, dan Konten Berhak cipta.
Akun Adsense yang ajuin formulir pajak dengan NPWP


Dari mana Penulis bisa mendapatkan NPWP?

Penulis mendaftar NPWP secara online di situs pajka lewat link pendaftaran ereg.paja.go.id, pendaftaran hanya membutuhkan NIK dan No KK saja. Kerumitanya adalah ketika mengisi formulir perekaman data.

Kamu bisa membaca panduan tentang pajak dan perpajakan sebelum mendaftar agar nantinya tidak salah pilih saat mendaftar. Penulis sempat punya kesalahan, dimana tempat KPP pendaftaranya di daerah Prabumulih labih jauh dari wilayah penulis tinggal.

Saat ini penulis hanya punya nomor NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang bisa digunakan untuk mengklaim semua pajak pendapatan, pajak PPN dan pajak lainya atas nama penulis.


Seperti biasa beberapa layanan digital membutuhkan NPWP sebagai syarat mendaftarnya. Nilai potongan pajak ini kebih kecil dari pendapatan, namun bila kita tidak punya NPWP kita bisa membayar lebih mahal akibat tidak mempunyai nomor pajak.

Sekarang penulis akan menambahkan semua nomor NPWP ke setiap layanan yang penulis gunakan. Ada Netzme, Google Adsense, Provider By.u, Biling Hosting dan Domain, Gopay, LinkAja, OVO, Dana, Flip, dan masih banyak lagi.



Cara mendapatkan NPWP secara online di Djp Pajak

Sebelum mendaftar pastikan kamu sudah menyiapkan persyaratan yang di butuhkan, pertama NIK dan No KK nomor HP aktif, dan alamat email pribadi. Pendaftaran NPWP secara online sudah terhubung ke database pemerintah kepndudukan sehingga kamu bisa cek langsung identitas nya.

daftar melalui situs ereg.pajak.go.id, pada halaman rekam data buat rekaman baru. Isi data tersebut seusuai dengan data kamu sendiri. Setiap ada action yang butuh konfirmasi silakan cek inbox dalam email. Rekam data seperti biasa jangan terburu-buru, kamu akan mendapat sejumlah pertanyaan. Alamat tinggal, domisili, pekerjaan, penghasilan, daerah pendaftar, isi semua dengan lengkap.

Berdasarkan pengalaman penulis pembuatan NPWP secara online untuk rekam data hanya membutuhkan waktu satu jam. Dan proses verifikasi membutuhkan waktu 5 jam, setelah proses verifikasi berhasil maka kamu akan dapat nomor NPWP yang bisa digunakan untuk melaporkan pajak.

Selanjutnya data kamu dalam tahap pemeriksaan kelengkapan, dan apabila dinyatakan lengkap maka kamu akan mendapat kiriman email kedua. Berupa konfirmasi kalau permohonan NPWP kamu sudah berhasil, nanti kartu cetak NPWP akan dikirim oleh petugas Pos ke Alamat yang tertera sesuai dengan alamat tinggal yang kamu cantumkan saat mendaftar.

Tujuan penambahan ini adalah agar jika ada transaksi yang terkena pajak, maka pajak nya bisa dilaporkan atas nama penulis. Tanpa NPWP kita mungkin sudah membayar pajak namun atas nama orang lain tampa catatan apapun, terlihat beda nya pada potongan harga yang lebih besar.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚