Berkat rangka ESAF Hancur Harga diri motor Honda

rangka honda berkarat.

Rangka esaf pertama kali di perkenalkan pada 17 uli 2019 lalu, Rangka eSAF merupakan singkatan dari enhanced Smart Architecture Frame. Rangka ini di klaim mempunyai berbagai keunggulan di antaranya lebih ringan, stabilitas lebih baik, dan memiliki daya tahan yang lebih baik.

Berdasarkan sumber yang saya dapatkan, rangka esaf terbuat dari bahan dasar baja yang di pres dengan menggunakan teknologi laser welding. Teknologi laser welding di gunakan untuk merekatkan satu plat baja dengan plat yang lain.

Baja adalah paduan logam yang terbuat dari besi dan karbon, serta bahan tambahan seperti mangan, silikon, krom, dan lainnya. Keberadaan karbon memberikan kekuatan dan keras pada baja, sementara bahan tambahan lainnya dapat meningkatkan sifat-sifat spesifiknya, seperti ketahanan terhadap korosi atau kemampuan lentur.

Meskipun baja mempunyai kekuatan dan ketahanan yang baik, bahan baja sangat rentan terhadap korosi. Korosi dapat terjadi karena reaksi kimia antara logam besi dalam baja dengan oksigen dan air. Ketika besi teroksidasi, ia membentuk senyawa besi oksida atau karat, faktor-faktor seperti kelembaban, keasaman lingkungan, serta adanya garam atau bahan kimia lain dapat mempercepat proses korosi ini.

Ketebalan plat rangka eSAF adalah sekitar 1,18 mm hingga 1,2 mm di beberapa bagian berdasarkan pengukuran, jauh lebih tipis dari rangka keluaran sebelumnya yang memiliki ketebalan 1.4-1.5 mm. Kekuatan baja di pengaruhi langsung oleh berapa persen ketebalan plat, bahan yang digunakan dalam pembuatan, serta desain.

Bahan baja sangat bergantung pada pelapis akhir seperti cat pelindung, pelapis anti karat, atau kebutuhan untuk mencambur bahan baja dengan bahan lain untuk mencegah karatan. Sementara itu, produk honda yang menggunakan rangka ESAF pada tahun 2020 lalu masih mempunyai kekurangan dalam hal pelapis anti karat.

Bahan baja sangat mudah sekali berkarat, ia akan mudah karatan apabila cat pelapisnya tergores, mengelupas, atau terciptanya celah. Kemungkinan cat pelapis anti karat tidak di buat dengan baik, ini terlihat dari setiap celah potongan bekas cat yang banyak di temui mulai berkarat, welove honda malah menyebutnya dengan istilah silikat.

Plat baja honda di susun menjadi bentuk balok berongga, kesalahan produksi membuat rangka ini menjadi lebih rentan keropos. Pada bagian dalam tidak di beri lapisan pelindung anti karat, sehingga bagian dalam rangka akan mengalami proses korosi yang lebih cepat apabila terkena udara yang lembab.

Korosi yang terus menerus, sementara itu plat baja yang tipis membuat rangka ini menjadi hancur. Tak heran kalau kamu banyak melihat produk Honda yang mengalami rangka patah di jalan-jalan. Semakin hari jumlah kerusakan rangka motor terus bertambah.

Motor honda di buang ke bak sampah

Rangka semestinya kokoh, tidak mudah berkarat, dan tahan dalam jangka waktu lama. Sementara kehadiran rangka esaf membuat daya tahan dari sasis motor satu ini berkurang, ketebalan plat dapat terkikis dengan cepat, kemungkinan daya tahan rangka di perkirakan cuma 5 tahun pada kondisi iklim di indonesia, dimana banyak air dan suhu udara lembab.

Menurut saya, garansi rangka selama 5 tahun tidak cukup membantu dalam hal ini. Saya termasuk pada tipe orang yang tidak percaya garansi, garansi ibaratkan sebuah asuransi jika produk rusak/kendala akibat cacat produksi maka akan di perbaiki atau di ganti bila perlu tanpa mengenakan biaya apapun.

Selama ini asuransi hanya di buat dengan lebih banyak menguntungkan perushaaan di banding konsumen, banyak sekali persyaratan polis yang mereka buat sampai saling bertentangan antara satu poin dengan yang lain. Tujuan dari hal ini memang baik, yakni mencegah kalau ada modus penipuan.

Tapi jelas saja asuransi mempersulit konsumen, dalam hal rangka jika mengalami karatan sangat tidak mungkin untuk mengganti nya dengan rangka baru. Kemungkinan hanya di perbaiki dengan cara di las ulang. Rangka motor, terkait dengan identitas yakni nomor rangka, oleh sebab itu tidak mudah dalam proses penggantian rangka.

Sebelum terjadi korosi yang lebih banyak, ada baiknya melakukan pelapisan anti karat ulang terhadap rangka. Menurut saya honda harus menyediakan ini secara gratis, termasuk untuk motor yang sudah di rilis bukan malah menyediakan garansi 5 tahun. Meskipun tanpa garansi kita dapat melakukanya sendiri di rumah, dengan membeli cat pelapis anti karat.

RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.