Kumpulan Aplikasi pendukung Mobile Blogging Android

Aplikasi buat menulis blog dari HP

Meskipun mudah menggunaka laptop tapi kebiasaan menggunakan ponsel android sudah menjadi bagian dalam hidup kita. Dengan android bisa mendukung mobilitas pekerjaan dimanapun dan kapanpun. Bentuknya yang mungil sehingga mudah bisa dibawa ke mana saja.

Ponsel android mengonsumsi lebih sedikit energi dan kuota dibanding laptop, tapi bukan berarti ponsel bisa menggantikan kemampuan komputer. Ada kalah nya suatu saat kita membutuhkan laptop.

Pada postingan kali ini, mimin akan mencoba memposting aplikasi apa saja yang bisa kita gunakam untuk menulis blog menggunakan ponsel android. Aplikasi ini hanyalah aplikasi pendukung, sekalian cocok buat kamu yang masih pengen menjadi blogger HP.

Blogger itu bukan hanya sekedar nulis, tapi ada bagian-bagian nya. Pertama bagian risset konten, bagian kreator atau pembuatan konten, dan terakhir bagian promosi (marketing). Ketiga nya adalah langkah yang wajib dilakukan oleh seorang blogger.

Jika salah satu saja tidak dilakukan, maka bisa jadi blog yang kamu kelolah sulit berkembang. Sama halnya seperti blog yang mimin buat pada tahun 2018 lalu, hingga sekarang blognya jauh dari kata sukses. Kembali ke topik, apa saja sih aplikasi yang kamu butuhkan? Simak selengkapnya dibawah ini.



1. Web Browser

Yang paling utama untuk menjelajah internet adalah web browser (peramban). Untuk masalah browser mimin merekomendasikan Chrome Browser untuk membuka halaman web aplikasi maupun dashboard blogger.

Sementara kebutuhan lain untuk browsing dan juga risset keyword mimin memeprcayakan kepada Kiwi Browser dan IDM+ Browser. Kenapa tidak menggunakan chrome? Sebab browser ini tidak memiliki fitur istimewah, jika digunakan untuk browsing kuota lebih cepat terkuras. Apalagi saat ini semua situs web sudah mempunyai iklan video stream yang di putar secara otomatis.

IDM+ mempunyai fitur pemblokiran yang bagus, dan juga terdapat fitur untuk mengunduh file kebutuhan blog. Dengan menggunakan peramban idm+ kamu bisa memangkas 80% penggunaan kuota yang dihabiskan hanya untuk memuat iklan web saja.

Kemudian ada kiwi browser yang cocok digunakan untuk Risset Keyword. Kiwi memungkinkan kita menambahkan ekstension pendukung ke dalam nya. Sama halnya seperti browser chrome/firefox di desktop. Kiwi juga mempunyai pemblokir iklan bawaan, pemblokir ini bisa di aktifkan dengan mudah hanya dengan satu kali klik.


2. Notepad dan Manager file

Susus berkas blog yang akan kamu buat secara rapih pada memory eksternal atau internal smartphone. Kalau hanya untuk membuat file teks biasa dan memanaging file, kamu bisa menggunakan aplimasi X-Plore.

X-Plore adalah file manager yang lengkap, UI nya juga lebih bagus dibanding aplikasi file manager bawaan. Dengan fitur 2 tab yang berbeda, kamu bisa melihat daftar isi file dalam sebuah folder pada lokasi yang berbeda. Misalnya tab pertama membuka folder gambar, dan tab kedua membuka folder artikel.

Untuk membuat file teks baru pada aplikasi X-Plore kamu cukup klik ikon Create New File /BuatFile pada menu tools (sebelah kiri/kanan layar). Masukan nama file gunakan ektensi .txt agar teks tersebut dibaca sebagai teks plain biasa. Ketik dan simpan, edit kapan saja bila kamu mau.

X-Plore bisa di download gratis, tersedia di Google Play dengam fitur terbatas. Versi premium nya dijual juga, tapi kamu bisa menggunakan versi Mod dari X-plore. Satu aplikasi untuk semua kegiatan, jangan mau terlalu banyak menginstall aplikasi yang bisa menyebabkan performa ponsel menurun.


3. Pengedit Gambar dan Kompressi

Aplikasi edit gambar juga penting, kamu membutuhkan aplikasi handal. Mimin merekomendasiman Pixellab sebagai aplikasi pengedit gambar yang paling lengkap. Pixellab memungkinkan kita mengatur sendiri kanvas ukuran gambar, menyimpan template, menambahkan font, beberapa efek filrer, transparant, dan lain-lain.

Untuk membuat thumbnail pada artikel ini, aku sudah menyimpan template nya. Oleh sebab itu semua gambar pada blog ini punya ratio ukuran yang sama. Ukuran gambar pada blog ini di sesuaikan pada dasar 1280x600px dan untuk gambar portrait 700x1280px. Semenatara gambar kotak dimensi kanvasnya 1280x280px.

Gambar yang dihasilkan oleh aplikasi pixellab masih terlalu besar ukuranya. Ukuran gambar yang besar bisa menghabiskan kapasitas penyimpanan hosting, dan membuat loading halaman jadi lambat. Oleh sebab itu, mimin menggunakan aplikasi Lit Photo untuk mengurangi size gambar tanpa mengurangi kualitasnya.

Setiap gambar yang ingin ditambahkan ke blog, akan di kompressi hingga ukuran minimal 50-80kb. Gambar terlalu besar akan menghabiskan hanyak kuota, beswrta waktu saat mengunduh nya.


4. Media Promosi & Marketing

Blog akan terasa hambar bila tidak mendapatkan trafik dari sosial media, untuk hal ini mimin memanfaatkan Facebook bussines, Facebook lite, Facbook, dan Telegram untuk berpromosi. Jadi sumber trafiknya nggak selalu mengandalkan Google, trafik Google memang bagus.

Tapi pengaruh algoritma dan peraturan kebijakan Google bisa membuat kita jadi sekarat. Agar blog bisa berkembang buat juga sponsornya pada bagian promosi. Kalau di facebook itu kan, kita punya kolam sendiri. Bisa dimanfaatkan untuk membagikan link artikel.

Artikel yang bisa dipromosikan di sosial media adalah artikel pengetahuan, artikel berita, dan juga artikel viral. Ada banyak jalan menuju roma, ngeblog tidak harus berketergantungan dengan Google.

Sekiranya cukup untuk hari ini, mungkin kamu membutuhkan aplikasi lain seperti catatan keuangan, Google Adsense, atau aplikasi E-Money lainya. Tapi menurut penulis keempat aplikasi di atas adalah yang paling banyak digunakan. Tak ada aplikasi lain yang intensitas penggunaanya tinggi kecuali sosial media. Semua aplikasi bisa kamu dapatkan gratis diinternet

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚