Penyebab Layanan AnterAja Tracking tidak Update

Penyebab Resi anteraja tidak update

RYANID.MY.ID - Sejak tiga hari belakangan ini paket USB yang saya pesan melalui tokopedia mengalami masalah pada saat pengiriman. Dimana tracking dari Ekpedisi AnterAja tidak berubah, dan samapai hari ini sudah 2 hari paket yang saya pesan berada di gudang penyimpanan.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan terjadinya gangguan dalam pelayanan AnterAja? Gangguan ini terjadi secara massal dan menyebabkan semua resi yang ada tak kunjung berubah, bahkan barangnyapun mengalami keterlambatan sampai.

Saya rasa permasalahan ini cuma di alami saya sendiri, tapi ternyata banyak juga teman-teman yang mengalami kendala sama. Saya berani menuliskam artikel ini karena sudah mendapatkan informasi dari email AnterAja yang menjelaskan penyebab paket tak kunjung dikirim.

Sebelumnya saya bukan cuma sekali pernah menggunakan pelayanan AnterAja, di toko online itu kan terdapat fitur bebas ongkos kirim dengan pilihan pengiriman ditentukan otomatis oleh sistem. Dan saya pernah dua kali menggunakan ekpedisi AnterAja ketika belanja online.



Penyebab Resi AnterAja tidak berubah

Dalam sebuah informasi yang saya dapatkan dari cs@antaraja.id (Layanan Costumer Service). Saat ini semua pelayanan AnterAja sedang melakukan maintenance pada sistem, hal ini menyebabkan resi yang ada tidak kunjung diperbaruhi dan bahkan tidak ada layanan pengiriman sejak tanggal 2 kemarin.

Kalau kamu ingin mengetahui bagai mana sistem maintenance bisa mempengaruhi layanan, saya bisa sedikit menjelaskan berdasarkan kemampuan saya tentang sistem database.

Perlu kalian ketahui maintenance itu adalah proses perawatan sistem, didalamnya meliputi pengubahan data, pembersihan, mengupgrade server, dan lain-lain. Karena server akan diperbaiki maka teknisi akan mematikan server guna menghindari data error.

Jika terjadi data error tentunya akan sangat bahaya, misalnya sebuah website menangani 2 juta pengguna. Dan pada saat maintenance server masib memproses data, pada saat itu juga data pengguna di database terus diperbaruhi. Dan ketika mendapat penambahan fitur baru atau penghapusan beberapa field data MySQL yang bisa menyebsbkan data penggguna tersebut jadi tidak kompatibel, ini tentunya bisa berpotensi kehilangan data.

Data Dalam Layanan Ekpedisi sangatlah penting, karena mencangkup identifikasi Paket kiriman yang akan dikirim. Oleh karena itu, pihak tenikal harus menghentikan proses kinerja server sebelum melakukan maintenance.

Informasi lebih lengkapnya kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini, satu email yang saya dapatkan dari pihak AnterAja.
Layanan anteraja mengalami maintenance



Apa yang harus saya lakukan?

Tidak ada yang perlu kamu lakukan, tapi bila produk yang kamu beli adalah produk yang mudah kadaluarsa atau misalnya produk tanaman sebaiknya segera jemput paket sebelum produk nya rusak.

Kalau belanja di tokopedia, biasanya akan ada biaya kecil tentang asuransi produk. Nah biaya yang kecil ini bisa menanggung ganti rugi apabila produk mengalami kerusakan, hilang, dan sebagainya selama proses pengiriman. Bila paket nya nanti rusak, kamu bisa mengajukan komplain, pastikan kamu membuat sebuah video unboxing sebagai bukti.

Karena masalah ini terjadi secara massal maka saya pastikan dalam 2-5 hari kedepan kemungkinan paket belum akan di antar, sebab selama layanan AnterAja tidak ber-operasi ada ribuan paket yang menumpuk di gudang penyimpanan dan belum di antarkan.

Petugas kurir akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengantarkan barang. Saya harap teman-teman bisa memahami kondisi yang terjadi, dan semoga kasus ini secepatnya bisa di selesaikan.



Kenapa Layanan Costumer AnterAja Tidak Respon

Masalah ini terjadi secara masal, sehingga membuat daftar pesan yang masuk ke kontak cs lebih banyak mengingat banyak orang yang komplen ke layanan Costumer AnterAja. Sementara admin CS yang menangani informasi kontak masuk (layanan pelanggan) hanya sedikit.

Mungkin tidak semua pesan masuk mereka balas, saya pastikan semua pertanyaan yang di lontarkan oleh konsumen rata-rata sama. Artikel ini sekaligus dibuat untuk memberikan informasi pada teman-teman terkait paket anter aja tidak kunjung diterima.


Demimianlah artikel singkat yang bisa saya sampaikan pada topik media konsumen kali ini. Bila ada pertanyaan atau masalah lain bisa diskusikan dalam kolom disqus dibawah ini.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚