Penyebab Status Resi JTR Shopee tidak jalan
Ryanid - Mungkin teman-teman mengeluhkan resi jtr yang ada di shopee tidak jalan. Resi shopee tidak pernah bergerak alias stok di tempat atau paket tidak dikirim dalam jangka waktu yang cukup lama merupakan hal yang biasa terjadi.
Ada banyak penyebab yang membuat resi kita tidak di-update, bahkan berhari-hari. Nah dalam artikel ini aku akan membahasnya Berdasarkan pengalaman yang pernah aku dapatkan, ketika membeli paket di shopee menggunakan jasa pengiriman JNE Trucking.
Jasa pengiriman JNE model trucking adalah teknik pengiriman menggunakan truk khusus untuk mengangkat barang-barang berat. Bedanya sama kelas ekonomi atau kelas JNE Reguler yang lain, jasa kirim ini menawarkan harga ongkos kirim yang jauh lebih murah.
Harga yang lebih murah tersebut dapat dicapai karena dalam satu muatan truk ini bisa mengirim lebih banyak paket. Tidak hanya itu proses pengiriman tidak seperti menggunakan pengiriman reguler.
Pengiriman menggunakan JNE tracking adalah paketnya disortir di gudang utama kemudian langsung dikirim ke kota paling dekat secara langsung tanpa transit ke gudang lain terlebih dahulu.
JNE trucking tidak menggunakan jalur udara melainkan melalui jalur darat. Kalaupun harus menyeberang Pulau mau tidak mau mobil harus menggunakan jasa penyebrangan menggunakan kapal.
Nah di sini ada lagi kendala kedua, ketika mobil mau mengantarkan barang atau mobil truk harus mengantri jadwal keberangkatan kapal.
Lama waktu menunggu jadwal keberangkatan ini, sedikit mau makan waktu. Walaupun tidak terlalu lama mungkin hanya beberapa jam saja, tapi ini akan menunda pengiriman.
Selain masalah yang aku Sebutkan di atas ada lagi masalah lain yang menyebabkan Resi tidak di-update di shopee. Masalah kedua adalah sistem shopee tidak melakukan update data dari data sumber resmi ekspedisi.
Dan kalau kamu memeriksanya menggunakan ponsel mobile di website JNE tracking lacak paket, Kamu tidak akan bisa melihat lokasi paket saat ini.
Karena website tracking milik JNE ini tidak dirancang khusus mobile, terdapat bagian yang tersembunyi ketika dibuka melalui ponsel. Untuk melihat status resi kamu bisa menggunakan laptop atau komputer yang bisa membuka mode desktop.
Atau ada alternatif lain agar, kamu bisa melihat status paket meskipun Resi tidak di-update oleh shopee. Caranya dengan mengklik bagian pengiriman pada paket yang ingin kamu periksa, dan tetap pada menu tersebut klik icon customer service pada menu tersebut.
Jendela baru customer service akan segera terbuka di sini kamu bisa berbincang dengan kostumer, untuk menanyakan keberadaan paket kamu sekarang.
Silakan Kirimkan pesan Jika kamu dibalas oleh robot, pastikan untuk memilih chat with person. Dalam bahasa Indonesianya kamu bisa memilih tombol berbicara dengan agen.
Agen shopee biasanya akan menanyakan nomor pesanan di sini, biasanya mereka sudah mengetahui nomor pesanan karena kamu melakukan Open chat dari halaman produk yang dibeli.
Jika customer memberitahukan "Apakah maksud adalah kode resi", meskipun kode resinya berbeda dengan kode pesanan oke kan saja.
Customer akan membantu kamu melacak keberadaan paket di sisi mereka. Perlu kamu ketahui terdapat perbedaan data antara Sisi customer dengan Sisi kamu. Ini disebabkan karena kemungkinan si customer tadi tidak melakukan pengecekan tracking melalui website JNE langsung.
Tapi melainkan melalui sistem tracking yang diberikan oleh shopee. Estimasi pengiriman di aplikasi shopee itu sangat jelas tertulis sehingga kita tidak perlu melacak dimana paket kita sekarang.
Pada menu transaksi kamu akan melihat estimasi Kapan pesanan tersebut diterima, bagian ini terdapat tanggal batas di mana kamu harus mengkonfirmasikan penyerahan uang kepada penjual.
Batas estimasi Kapan paket terima bisa jadi patokan mengenai tanggal berapa paket kamu akan diterima. Estimasinya bisa saja paket kamu diterima lebih cepat dari tanggal jatuh tempo estimasi yang diberikan oleh shopee.
Atau kemungkinan terkadang melenceng lebih dari satu hari dari tanggal yang sudah diberikan oleh shopee. Jika paket kamu melenceng tidak perlu panik, ini umum terjadi, apalagi di saat musim libur di mana jumlah paket berada di gudang dan belum diantarkan itu banyak sekali.
Bisa Jadi kemungkinan paket kamu sudah berada di dalam gudang, namun belum sempat diantarkan oleh kurir. Antara kurir dengan mobil itu sangat berbeda sekali, di mana kurir hanya dapat mengirimkan beberapa paket dalam satu waktu, sedangkan mobil bisa mengirim lebih banyak paket dalam satu waktu.
Jadi sebelum saya akhiri artikel kali ini ada beberapa kemungkinan jika resi kita tidak di-update oleh shopee. Kemungkinan pertama adalah sistem shopee yang tidak melakukan update resi dari sumber website ekspedisi. Masalah kedua terjadi gangguan pada pengiriman atau terdapat penundaan pada saat mobil ingin menaiki kapal.
Peemasalahan laon juga terjadi pada hari libur nasional atau tanggal merah. Jika permintaan padat juga akan mengalami keterlambatan karena truk harus memuat lebih banyak paket dalam satu kali muat menghemat ongkos kirim.