Hosting bulanan cuma 15rb per bulan, IdCloudHost

RYANID.MY.ID - Selamat malam broku, jumpa lagi bersama saya tentang review hosting. Kali ini saya akan berbagi info sekaligus pengalaman menggunakan web hosting murah dengan harga cuma 15rb saja per bulan. Selama masa percobaan saya mendapatkan pengalaman yang berbeda, hosting idCloudHost dengan datacenter di Singapore jauh lebih stabil dan cepat di banding Warnahost yang masih menggunakan Server indonesia.

Memang served indonesia sedikit lemot bila kita pengen di kaitkan dengan layanan lain, cuma kalau buat pengunjung dari indo ya server indo lebih baik. Tapi karena saya pengen agar website bisa di akses world wide (lebih luas) dengan cepat akhirnya saya pilih wilayah datacenter singapore.

Sudah lama saya mencari hosting murah yang pas di kantong. Meskipun website ini sudah menghasilkan banyak uang, tapi saya tidak mau buang-buang uang cuma karena perkara hosting. Blog saya trafiknya stabil, saat ini ada 100 page view per hari. Dengan 100 page view, tentu saja rugi kalau kita menggunakan web hosting dengan paket mahal.

Trafik memang fluktuatif, nanti ada waktunya sendiri. Setelah mencapai batas 10.000 visitor, saya akan upgrade ke hosting yang lebih tinggi lagi. Sementara saya hanya pakai hosting murah. Sebenernya untuk menghandle 1000 kunjungan dalam sehari web saya masih sanggup.

Web ini lebih ringan dibanding Wordpress, tidak banyak fitur dalam nya. Cuma insert data, delete data doang. Asset css internal juga saya pasang bersama halaman, tidak dipisah. Kalau di pisah bisa menambah jumlah request, web nya jadi berat. Saya juga menggunakan CDN Eksternal untuk menyimpan asset gambar, saya pakai Imagekit. Alasan kenapa saya pilih id cloudhost dan meninggalkan WarnaHosting



Kecepatan akses idCloudhost Juga Lebih Cepat

Saya punya masalah dengan hosting yang saya pakai saat ini, nggak perlu menyebut nama. Masalah nya, kadang situs kita tidak bisa di akses alias downtime. Downtime tanpa sebab, padahal trafik saya tidak begitu banyak. Dalam daftar capture usage saya tidak menemukan snapshoot yang menunjukan tanda kalau sudah melebihi batas penggunaan sumber daya.

Website ini menyediakan jasa bot telegram Murah. Ada beberapa layanan bot utilitas yang di hosting bersamaan blog ini, hosting yang lemot dan tidak stabil membuat pelanggan merasa sedikit terganggu. Saya beli dengan harga 300rb setahun.

Awal mula ketemu IdCloudHost berawal dari client saya. Dia sewa hosting paket diskon di Rumah Web, namun belum sampai sebulan ternyata sudah terkena limit Resource Usage. Akhirnya saya mencari web hosting lain yang lebih stabil, murah, dan juga tidak dibatasi. Web hosting yang membatasi jumlah visitor bulanan bagi saya hosting kecil. Akhirnya ketemu idCloudHost.



Harga lebih Murah dibanding tempat lain

Untuk blog baru, website yang penggunaan resource kecil saya rasa paket hosting dengan harga 15rb sudah cocok. Kemarin, saya sempat membuatkan website Paid Layanan Shorten URL nurkay-short.com, ini masih dalam tahap percobaan. Hasilnya berjalan dengan sempurna, web tidak lemot saat di akses.

Paket yang kamu dapatkan di harga 15rb/bulan, yakni Disk Space 1 GB, CPU 1 Core, RAM 512 MB, Sub Domain Unlimited, Bandwidth Unlimited, Database Unlimited. Kamu sudah dapet CPU yang 1 core untuk proses walau berada di server bersama. Bukan 0.75 core, wajar saja proses pengerjaan skrip nya lebih cepat di banding hosting biru milik om Ivan.



Run Script lebih cepat, walaupun uptime tidak sampai 99.98%

Bagian terpenting adalah proses menajalankan script/appsnya, baru kali ini saya merasakan kecepatan yang begitu nyata. Kalau sebelumnya masih rata-rata lemot untuk hosting di harga murah 25rb/month. Dengan cepat nya proses menjalankan script, sehingga load time server bisa di kurangi. Faktor ini bisa mempengaruhi keberhasilan SEO kita, website bagus kalau load server nya lemot ya percuma.

Sementara di uptime, idcloudhost tidak bisa dibilang 99.98%. Karena kemarin saya mendapati website yang saya gunakan mengalami downtime pada pukul 3:00 dinihari hingga pukul 05:00 pagi. Satu alamat IP downtime, saya bahkan tidak bisa masuk ke Cpanel. Kalau masalah uptime saya rasa jarang ada perusahaan hosting lokal yang benar-benar jujur mengatakan kalau layanan mereka punya uptime 99.98%.



Cocok untuk memulai website baru dengan Biaya minim

Kesulitan dalam membangun website adalah investasi biaya yang cukup besar, tapi dengan adanya paket hosting murah, serta bisa bayar bulanan tentu saja akan banyak orang terbantu dalam menuju ke arah digital. Tidak semua orang punya uang, website adalah investasi. Kalau harganya mahal, sebagian mungkin akan berfikir seperti ini, ah mending buat beli beras dibanding beli web hosting.

Jujur saja paket hosting paling murah sebelum tahun 2021 itu ada di harga 600ribuan per tahun. Murah, tapi spesifikasinya masih limited. Baru kali ini ada perusahaan web hosting yang menawarkan paket unlimited bandwidth, total kunjungan bulanan tidak di catat, unlimited domain, unlimited database. Mereka hanya memberikan batas seberapa besar database/file yang bisa di simpan.

Untuk kelas blogger saya rasa mungkin cuma menghabiskan space 300MB untuk 1000 posting. Kalau masalah gambar bisa di kompressi ke gambar dengan size kecil, misal 50kb. Total jika ada 1000 gambar dia hanya memakan sepace 50Mb saja. Atau bisa juga menggunakan CDN pihak ketiga, misalnya cdn imagekit.



Tagihan bisa bulanan, di bayar sehari sebelum jatuh tempo

Jika bayaran bulanan hosting biru milik kang ivan membuat tagihan invoice lebih awal, yakni 17 hari lebih awal dibanding tanggal jatuh tempo. Saya heran sekali, padahal saya langganan tanggal 23 tapi yang di tagih tanggal 8 bulan berikutnya. Tentu saja saya ingin move on dari hosting dayak 😁 , mereka unggul dalam pelayanan costumer service tapi tidak dalam kualitas layanan khususnya bagian biling.

Kalau sebelumnya saya menghabiskan uang 25rb untuk hosting sebulan, sekarang saya mungkin akan menghabiskan uang 200.000 saja. Paket ini sudah cocok untuk blogger dengan trafik 1000/day, asalkan tidak banyak dokumen assets internal yang disimpan pada server.

Asal kalian tahu, kenapa webhosting membatasi jumlah trafik perbulan? Alasanya tak lain adalah karena dokumen internal. Misalnya website kamu memuat 5 javascript eksternal di hosting, memuat 20 gambar. Maka setiap satu kunjungan totalnya ada 25 request yang di lakukan pada server, kalau kamu ada 1000 visitor per day kali kan saja 25. Jumlahnya akan sangat banyak, makanya saya bilang simpan gambar di cdn eksternal..



Sedikit kekurangan yang bisa saya berikan sebelum kamu memutuskan berlangganan idcloudhost. Saya pernah mendapati di mana website jadi lemot ketika ada lonjakan trafik, nggak tau asalnya dari mana. Mungkin hanya pengalaman saya, lonjakan ini udah biasa karena saya menggunakan web safelink.

Tunggu apalagi, buat siapa saja yang pengen mengembangkan bisnis Go online, Go digital bisa coba layanan idclouhost yang murah ini. Bisnis kita mulai dari nol, tapi kalau sudah berkembang bisa upgrade ke VPS IdCloudHost juga menyediakan VPS managed yang bisa kamu sewa dengan harga murah. cuma 60ribu perbulan.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚