Bisakah satu dua adsense digunakan pada satu blog?

Mengaitkan beberapa akun adsense dalam satu blog

Mungkin anda bertanya, bisa nggak satu website punya dua akun Adsense? Apa nggak kena duplikat akun ya? Sebenarnya bisa banget, namun google Adsense hanya mengizinkan satu akun per-pengguna. Artinya kamu hanya boleh mempunyai satu akun adsense saja.

Tapi jika ada teman yang ingin memasang atau menonetisasi konten/artikel di blog kamu mereka tetap bisa memasang adsense mereka di blog mu. Dengan syarat dia harus mendapatkan akses ke sumber kode HTML blog agar bisa memasang iklan berbarengan dengan Adsense kamu.

Cara ini tidak berbahaya dan aman dilakukan, banyak perusahaan besar menggunakan lebih dari satu akun Adsense untuk menonetisasi konten mereka. Contohnya CNN Indonesia, Kumparan, Kompasiana, dan bahkan situs web seperti semawur menggunakan lebih dari satu akun Google Adsense.

Untuk blog personal yang hanya mempunyai sedikit pengunjung cara ini mungkin tidak akan terlalu dibutuhkan. Terlalu banyak memasang iklan pada blog bisa bikin blog jadi tidak enak dipandang. Banyak iklan juga akan menurunkan harga CPC (Cost Per Click).

Kalau blog kamu cuma blogspot dan menggunakan template viomag, mau diletakin dimana iklanya? Satu adsense saja sudah kesulitan mendapatkan klik yang bisa mendatangkan penghasilan apalagi mau pasang banyak akun.



Tips mengaitkan dua akun Adsense ke satu domain

Persiapkan domain kamu dengan matang selama 1 bulan penuh, hapus semua backlink spam (outbound link) sementara waktu. Artikel yang di anggap melanggar simpan dulu dalam draft, jika sebelumnya blog anda terkesan sederhana buatlah jadi penuh warna seperti website pada umumnya. Saya tidak ingin ribet biasanya punya template khusus, ada template buat mengajukan ke Adsense ada template khusus produksi biar mudah mengaturnya.

Low value content adalah siatu blog yang memang tidak berkualitas dalam segi konten dan trafik. Makanya saya bilang persiapkan blog kamu dengan matang selama satu bulan, kecuali blog baru yang memang sudah punya trafik tersendiri.

Setelah semuanya sudah siap, matikan kode Adsens pertama dengan menghapus semua kode js iklan dan kode slot iklan. Lalu kamu pasang kode js adsense versi asingkron, itu javascript url yang ada ?client_id=ca-pub...... Pasang di antara tag head blog kamu.

Login ke Adsense B, lalu masuk ke menu situs. Di sana kamu bisa add site dengan menambahkan domain. Kalau semua sudah benar biasanya cuma keluar pesan konfirmasi aja. Sekarang tinggal menunggu blog diterima Adsense.

Percobaan pertama saya gagal, penyebabnya situs tidak bisa di akses. Ya memang sih karena saya menggunakan Layanan dari Warnahost emang kurang bagus dari sisi uptime, karena masalah cuma ini jadi nggak apa-apa klik ajukan ulang. Setelah dua hari akun adsense adik saya mendapat teks notifikasi "penghasilan anda beresiko" ini artinya sudah di approve kenapa? Karena ada situs web baru yang belum memasang file ads.txt ditambahkan di domain kita.

dua adsense dalam satu blog



Teknik Pasang Iklan Dua adsense dalam satu blog

Selain pengaitan pemasangan iklan juga ada tekniknya, sekarang kan Adsense menggunakan javascript asingkron yang udah dilengkapi dengan parameter ?client_id=ca-pub-xx......, nah kamu buang aja parameter tersebut jadi kita pasang satu js seperti ini : https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Teknik peletakan iklan bisa letakan kode Adsense A di header, Adsense B di tengah artikel bebas lah. Kamu bagi-bagi space iklan buat dua akun adsense ini. Kalau saya menggunakan teknik random Ads, jadi saya buat slot iklan yang sama dalam satu blog. Dan kalau di refresh-refresh kadang menggunakan Adsense A, kadang menggunakan Adsense B.

dua adsense dalam satu blog

Blog dengan template viomagz memang tidak bisa menempatkan lebih banyak iklan mengingat tampilan nya yang cukup sederhana. Kecuali kalau witget nya rame, ada related post, ada witget posting terbaru, witget komen, witget trending, witget lain-lain kayak web portal berita. Kalau witgetnya rame otomatis iklan yang bisa kita pasang lebih banyak, tapi masalahnya loading website bakalan jadi lebih berat.


Kalau saran aku, lebih baik kita punya satu akun adsense saja asalkan bisa gajian tiap bulan. Daripada punya banyak akun, tapi penghasilan cuma 20rb sehari. Kebanyakan teman-teman yang ngeblog biasanya mengakali iklan agar mendapatkan lebih banyak klik. Teknik mengakali iklan bisa dengan cara menempatkan lebih banyak iklan, bisa juga dengan memasang teaser masih banyak deh nggak perlu saya jelasin.

Hal paling penting dalam bermain Adsense blog adalah trafik, konten hanya sebagai pendukung saja. Itu Pak Rusman patiwael yang open slot partnert hanya menggunakan artikel copy paste dari web berita sementara trafik nya berasal dari share ke facebook.

Grup facebook paling potensial untuk menshare artikel adalah grup bansos, grup politik, grup pinjaman online. Dan niche yang menghasilkan lebih banyak uang adalah artikel seputar pinjaman online, kredit, dan semua yang berhubungan dengan asset dan keuangan.



Kesalahan pemasangan iklan yang fatal

setelah mancoba selama kurang lebih dua minggu ada kesalahan pemasangan iklan yang menyebabkan data analistik adsense jadi tidak singkron, saya mengalami hal ini ketika mencoba memasang iklan dari dua akun secara bersamaan. Masalahnya akun adsense kedua tidak menerima data tampilan halaman tapi jumlah tayangan iklan ada 100 lebih. Sedangkan pada akun sebelumnya jumlah tayangan lebih sedikit dan tampilan halaman lebih banyak.

Ha seperti ini disebabkan karena memasang js adsense yang menggunakan kode asingkron, kamu perlu membuang parameter url ?client_id=ca-pubxxx pada js adsense. Kemudian kamu juga perlu menghapus kode iklan otomatis bila ada, kode iklan otomatis menyebabkan catatan analistik jadi tidak seimbang antara satu akun dan akun lainya.

Untuk saat ini saya hanya memasang 3 kode iklan pada akun kedua, dengan sistem iklan di acak. Jadi saya simpan dua mode iklan dengan stelan penempatan yang sama. Setelan ini nantinya di acak kerika ada kunjungan. Lihat gambar dibawah ini, saya punya dua setelan ads.
Setelan ads


Gunakan jika anda punya trafik yang tinggi, memasang dua adsense sama saja membagi trafik untuk kedua akun trsebut. Pada akhirnya, penghasilan yang kita dapatkan tidak optimal. Saya sebelumnya bisa mendapatkan 1000 tayangan, tapi setelah menggunakan dua akun jadi kurang dari 1k views. Mungkin buat temen-temen yang pengen mengelolah sau blog tunggal namun penghasilanya dipisah bisa mengguanak metode ini.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚