Cara mengatasi SSL HandShake Failed CloudFlare

Cara mengatasi SSL HandShake Failed

Tips ini sebenarnya sudah banyak diposting oleh teman-teman blogger. SSL HandShake failed sering terjadi ketika kita mengaitkan sebuah domain yang sudah dilengkapi dengan SSL dengan CDN CloudFlare. SSL HandShake failed terjadi ketika SSL dari CloudFlare tidak bisa terhubung dengan SSL yang ada di situs web kamu.

Seperti yang kita ketahui kalau SSL itu merupaka sertifikat sidik jari yang mewajibkan domain terhubung punya sertifikat yang sama. Baik pada CloudFlare ataupun pada penyedia domain, pasti pernah mengalami SSL HandShake Failed. Tapi beda nya, kalau di penyedia domain kebanyakan domain langsung jadi tidak bisa di akses. Sementara di CF di sediakan sebuah halaman peringatan.



Cara Mengatasi SSL HandShake Failed

Masalah ini sebenarnya mudah di atasi. Tantangan buat menyelesaikan masalah ada pada platform yang kamu gunakan. Tapi karena kebanyakan sahabat blogger yang pake cepot jadi saya bahas untuk versi BlogSpot nya saja. Berikut ini adalah langkah dasar perbaikan.

  1. Baik Blogger (Host Google) atau CF mereka menyediakan enkripsi SSL Gratis. Nah agar tidak terjadi error SSL, sebaiknya kamu gunakan saja SSL CloufFlare. Sementara SSL Blogger di nonaktifkan saja.
  2. Bila masalah belum juga selesai, langkah kedua matikan fitur DNS Proxy di CF jadi DNS Only. Caranya klik Logo Awan berwarna orange, lalu kemudian matikan (don't use proxy).
  3. Pada Subdomain, sebaiknya tidak mengaktifkan SSL Bawaan Blogger. Karena nanti akan mixed SSL nya. Pakai saja SSL langsung dari CF, kalau kamu mau pakai SSL blogger sebaiknya gunakan direct domain.
  4. Perbaikan lain, coba nonaktifkan SSL pada blogger sementara. Kemudian, matikan fitur DNS Proxy pada CloudFlare. Pertama hidupkan lagi SSL Blogger. Setelah domain terkonfigurasi dengan SSL (tanda ada https valid) baru nyalain lagi awan Proxy CloudFlare.

Setelah masalah selesai jangan lepas pengaitan domain kamu, kalau nggak akan muncul masalah baru. Di Google Search Console akan terdapat nontifikasi SSL tidak memadai. Biarkan domain tetap terkait dengan CF, kamu hanya bisa menambahkan DNS baru tanpa mengubah DNS yang sudah ditambahkan sebelumnya.

Oke mungkin banyak yang belum paham cara memperbaikinya, atau masih ada pertanyaan lain. Bantu saya menyempurnakan artikel ini dengan berkomentar, klik ikon komen warna merah. Berkomentar menggunakan akun Disqus untuk mendapatkan nontifikasi terkait jawaban pertanyaan kamu.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚