Mau jadi orang kaya? Ubah pola pikir sekarang!

Sandiaga uno salah satu orang sukses

Mau jadi orang kaya? Pasti mau donk, lagian siapa sih yang nggak mau jadi kaya. Memang susah jadi orang kaya, apalagi kalau pola pikir / mindset kamu masih rendah, pola fikir yang rendah karena kamu nggak pernah mengasah pola pikir.

Pola fikir rendah itu seperti apa sih? Jadi gini, ketika orang berada dalam suatu kecukupan. Punya pekerjaan, penghasilan tetap, tapi tidak berfikir untuk ber-inovasi. Mereka cenderung menjalani hari-harinya seperti biasa, itulah yang bikin orang miskin susah jadi kaya.

Kebanyakan orang kaya punya pola pikir yang tinggi, dan selalu ingin ber-inovasi, itulah yang membuat mereka makin kaya. Coba kita lihat, mindset orang kaya sama miskin.

Orang kaya kalau dapet uang banyak, mereka akan berfikir gimana caranya, membuat uang ini bekerja untuknya. Mereka akan terus meningkatkan penghasilan, tidak pernah puas.

Dengan uang, orang kaya akan semakin giat bekerja. Orang kaya itu pandai mencari peluang dan menghindari resiko, bahkan dia bisa melihat potensi keuntungan dari sebuah bisnis 5-10 tahun yang akan datang.

Sementara orang miskin, kalau dapet uang banyak, mereka akan membelanjakan semua uang mereka untuk barang-barang barang keinginan. Orang miskin, kalau dapet uang banyak mereka akan malas bekerja. Dan ketika uangnya habis, mereka harus bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan banyak uang.

Dan orang orang miskin, cenderung mempertahankan pekerjaan mereka saat ini. Sedikit dari mereka yang mempertimbangkan resiko yang muncul di kemudian hari.


Sekarang paham kan? Kenapa orang kaya makin kaya dan si miskin makin miskin. Nah untuk menjadi orang kaya, ubah pola pikirmu. Apapun pekerjaanya, asal pola pikir kamu bagus dan selalu ingin berinovasi pasti bisa jadi orang kaya.

Menjadi orang kaya itu susahnya minta ampun loh, nggak ada orang langsung bisa kaya. Semuanya di mulai dari nol, dan karena keinginan untuk belajar belajar dan belajar mereka bisa sampai ke sisi tertinggi nya yang di sebut orang kaya.

Sekarang aku tanya nih, menurutmu pekerjaan apa yang bisa dikerjakan dan menghasilkan banyak uang tanpa menyita banyak waktu? Tulis jawaban kamu di kolom kokentar ya.



Gimana caranya agar kita bisa mengubah pola pikir?

Pola Pikir yang ada dalam diri kita didapat hal-hal yang kita lihat, tempat dimana pergaulan kita, dan tempat dimana kita ber-sosialisasi. Nah untuk mengubahnya, yang pertama kamu harus mengubah sesuatu yang mempengaruhinya.

Cobalah bergaul dengan orang pinter, memang tidak mudah. Tapi kamu bisa melihat apa yang ia lakukan. Cara ini akan menginpirasi diri kamu untuk berinovasi.

Jangan pernah meniru orang lain karena mereka sukses, jadilah diri kamu sendiri tanpa harus meniru orang lain. Mungkin kamu punya bisnis, pekerjaan, hobi, atau sejenisnya? Cobalah berfikir, bagaimana caranya agar kamu bisa meningkatkan pekerjaan kamu dengan mudah.

Sebagai contoh, seorang penjual baju membuka penjualan mereka secara online untuk meningkatkan penjualan. Tapi, tanpa iklan mana mungkin mereka bisa dikenal? Sementara harga pasang iklan mahal. Karena pola pokir yang cerdas, selalu haus dengan informasi dapet lah ide. Pasti pemilik bisnis akan membuka layanan affiliasi dan reseler yang bisa meningkatkan penjualan mereka tanpa harus bayar mahal.

Pada intinya kita harus terus berinovasi dan meningkatkan pengetahuan, semakin banyak ilmu pengetahuan yang kita miliki. Maka akan semakin mudah mencari uang, kamu juga nggak perlu mengeluarkan tenaga ekstra buat kerja.

Asah pola pikir denga menonton film inspirasi, membaca, dan cobalah meminta saran/pendapat orang lain. Jangan spelekan kritikan/pendapat orang lain. Karena dari sanalah kamu bisa memperbaiki kesalahan.


Biasakan Hidup Hemat dengan Tidak menambah Harta Baru

Biaya hidup itu murah, yang mahal itu gaya hidup. Jangan terlalu mengikuti keinginan, kalau selalu mengikuti keinginan. Walaupun penghasilan kamu besar, percuma kamu nggak bakalan cepat kaya.

Misalkan kamu membeli mobil mewah? Kebutuhan atau gaya hidup? Ya jelas gaya hidup, sementara mobil mewah punya pajak yang tinggi, biaya perawatan nya mahal, itu tentu saja bakalan menguras keuangan kamu.

Hidup hemat bisa membuatmu cepat kaya, karena ada margin keuntungan yang ditabung. Uang tabungan bisa diinvestasikan lagi guna mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Walau hidup hemat bukan berati kita memangkas uang kebutuhan, bukan. Maksudnya tidak terlalu berlebihan, tidak membeli barang yang bukan untuk kebutuhan.



Selalu Perbanyak Asset selagi kamu punya banyak Uang

Orang kaya pastinya akan selalu ingin meningkatkan jumlah kekayaan mereka. Selagi punya uang, kamu bisa membuat bisnis apapun. Yang penting, kamu pandai melihat peluangnya.

Misalnya saja, hari-demi hari jumlah penduduk di bumi kan makin banyak tuh. Nah di hari yang akan datang harga sebuah rumah baru akan pasti lebih mahal. Kalau kamu buka bisnis rumah untuk di kontrakkan pasti bakalan laku.

Usahakan membangun aset yang menguntungkan dalam jangka panjang. Jangan lupa, selalu lihat peluang dan resiko yang kamu hadapi.

Hampir semuanya punya resiko, tapi jangan pernah takut mengambil Resiko. Semua orang yang pernah sukses sekarang, mereka sebenarnya sudah sering mendapatkan resiko. Misalnya saja, SpaceX Perusahaan Akomodasi Roket Ruang angkasa tersebut sudah berkali-kali menerima kegagalan. Kerugianya nggak main-main, namun mereka bisa membuat kerugian (Resiko) tersebut jadi pengalaman yang berharga.



Kalian semua, para pembaca artikel ini pada pinter kok, nggak ada yang b*d*h. Hanya saja belum sanggup melawan rasa malas, dan mengubah pola pikir.

Memang sulit, apalagi kalau kamu berada di lingkungan yang tidak baik. Kotor, jorok, toxic, kurang pergaulan, atau tempat nyaman dimana bisa membuat seseorang menjadi malas bekerja.

Cobalah, keluar dari zona tersebut. Kamu pasti bisa, perlahan. Tapi pasti, selagi ada kemauan kamu masih bisa sukses kok.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚