Tips memilih tools online yang baik dan aman

Tools Online Gratis

RYANID.MY.ID - Apa yang kamu ketahui tentang tool online? Tool merupakan bahasa inggris yang artinya sebuah alat, tool online dapat di artikan sebagai alat bantu berbasis web. Contohnya Google Spreadsheet, program alat bantu berbasis cloud saat ini banyak diminati karena metode penggunaanya yang mudah serta tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.

Ada banyak tools utilitas yang tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Program alat bantu berbasis cloud (online) sangat mempermudah pekerjaan dibanding software biasa. Dengan adanya aplikasi online, kita bisa bekerja tanpa harus mengkhawatirkan kebutuhan perangkat keras. Alat bantu berbasis online juga bisa mempercepat pekerjaan karena semuanya serba otomatis.

Alat bantu cloud bisa mengautomatisasi karena ia terhubung ke internet di mana terdapat puluhan, bahkan ribuan dokumen, informasi yang, dan asset lain yang bisa langsung di gunakan. Berbeda jika kita menggunakan alat bantu offline, misalnya kamu ingin mengembangkan program aplikasi. Pasti akan sangat banyak dokumen yang perlu kamu download di internet, mulai dari gambar, library, font, dan lain-lain. Tapi dengan tools semuanya bisa jadi mudah, salah satu alat deveoloper dan hosting software populer yang saya kenal github misalnya. Dengan github kamu bekerja bersama tim kamu secara bersama-sama dalam jaringan (online).

Saya sangat menyukai alat bantu online yang berbasis web, ada beberapa alat bantu yang pernah saya gunakan. Mungkin kamu juga pernah menggunakan salah satu di antaranya, MP3 Downloader, Logo Maker, Online video compressor, files miror multcloud.com, online file storage, html tools conver (base64, unicode, htmlentiti, minify, etc), kalkulator umur, online notes pastelink, dan masih banyak lagi.

Saya menggunakan tools utilitas online jika kemampuan perangkat yang saya gunakan tidak memenuhi kriteria. Misalnya, ketika saya ingin mengunduh film dengan ukuran besar. Sementara kuota bandwidth yang saya punya sedikit bahkan tak cukup, tapi dengan bantuan video compressor saya bisa mengecilkan ukuran file tanpa haru skehilangan banyak kualitasnya cukup dengan URL sumber vidoe. Jika kita harus mengunduh fie kemudian mengkompressnya di hp pasti bakalan memakan waktu lama bukan.

Tools apliktais berbais web atau online sangat memudahkan pekerjaan, namun tidak semua tools online bisa kita gunakan gratis. Pada dasarnya software tersebut di sewakan, pengguna gratis hanya di berikan batasan-batasan kecil. Terkadang pengguna gratis harus membuat akun agar bisa menggunakan tools dengan gratis percobaan selama 7 hari.

Setiap tools punya sistem masing-masing, sebagai pengguna baru pasti akan membutuhkan waktu bagi kita untuk mengenali menu, fungsi dan item yang ada pada tools tersebut. Hal yang paling menyebalkan adalah ketika kamu tidak bisa mengekport atau mengunduh asset yang sudah kamu buat dengan tools online. Beberapa perusahaan software online mengharuskan kamu membayar agar bisa mengunduh asset yang sudah di buat.

Ini sangat merugikan, dan juga buang-buang waktu. Kaemarin saya pernah menggunakan termly.io untuk mengetik atau menggenerate teks pernyataan privasi pengguna. Saya sudah berhasil membuatnya selama 2-10 menit dengan alat tersebut. Ketika saya ingin mengunduh hasilnya, saya di haruskan mendaftar dan membuat akun baru. Tapi setelah login eh tidak bisa di download, malah cuma di preview doang.Dan agar bisa mengunduhnya saya harus membayar biaya berlangganan sebesar 49 dolar.

Pengalaman di atas merupakan pengalaman buruk ketika menggunakan tools online. nah pada artikel ini saya akan berbagi tips memilih tools software online tanpa di paksa seperti cerita saya di atas. Jika menemukan tools yang seperti itu tinggalkan saja, sayang uangmu jika sudah bertransaksi akan sulit mendapatkan pengembalian uang. Berikut ini tips yang saya sarankan:



Ketahui Seberapa lama umur domain tools tersebut

software yang sanggup bertahan dalam jangka waktu lama bisa menunjukan kalau kualitas mereka baik di mana pelanggan, serta mampu mengkomersilkan produknya agar bisa bertahan. Umur domain bisa di ukur menggunakan tools whois.com, gratis tidak di pungut biaya sepersenpun. Saya selalu memeriksa whois suatu domain sebelum menggunakanya. Jadi kita bisa mengetahui, apakah domain tersebut tergolong baru atau sudah lama.

Sebaiknya hindari menggunakan software yang umurnya masih muda, di era sekarang sudah banyak penipuan dalam bentuk modus yang tidak kita kenali. Walaupun hasilnya asli, tidak menutup kemungkinan kalau web software tersebut aman. Saya kasih contoh, shrimadhavuk adalah orang yang suka buat tools bot telegram. Namun siapa sangka di web nya di tanam skrip yang bisa menambang uang kripto secara tersembunyi.

Kamu bisa di rugikan bandwidth bisa terkuras habis, browser bisa mengonsumsi cpu yang besar. Dan tentu saja ini akan menghabiskan baterai. Meskipun niat mereka baik, yakni membantu banyak orang dalam menyelesaikan pekerjaan menggunakan tools tapi justru harus merugikan orang lain. So wajib hati-hati saja kalau mau pake tools online, sekarang banyak modus web yang hanya berpura-pura demi mendapatkan keuntungan semata.



Lihat komunitasnya serta feeedback dari pelanggan

Tools yang bermanfaat akan menghasilkan tanggapan positif dari pelanggan, tak heran terkadang banyak yang merekomendasikanya. Dengan cara seperti ini perusahaan software bisa berkembang, coba kamu cari di penelusuran google. Ada seberapa banyak orang yang mempublikasikan artikel seputar tools tersebut. Google punya database yang besar jadi kamu bisa mengetahui seberapa besar otoritas sebuah layanan.

Jika tidak ada, sebagai alternative kamu bisa menggunakan tools wayback machine di archive.org untuk mengetahui riwayat suatu domain. Kita nggak bisa mengetahui secara pasti tentang suatu bisnis. Apakah dia sudah berubah dari tujuan aslinya ataukah tidak. Website sifatnya tidak permanent, apabila pemilik tidak sanggup membayar biaya operasional maka bisa saja domain web tersebut jatuh ke orang lain.

Saya akan berikan contoh feeback buruk dari suatu layanan. Kemarin tuh ada yang trending nama nya php.id, domain sudah bagus namun feedback dari pengguna justru terbalik arah. Banyak orang yang mereview negatif, dari sini kita bisa mengetahui seberapa bagus otoritas yang dimiliki suatu layanan.



Kenali harga paket atau produk

Jangan lupa mengenali batasan-batasan paket gratis yang di sediakan. Sebagian web tools memberikan paket gratis yang lebih dari cukup, sebagian lagi hanya menyediakan gratis percobaan selama 7 hari. Bagian yang paling wajib kamu hindari adalah percobaan gratis selama 7 hari. Kenapa? Karena website tersebut langsung meminta informasi tagihan pembayaran, serta kartu debit kamu. Sehingga ketika masa free trial habis kamu akan langsung dikenakan charge sesuai paket yang di pilih.

Disini saya juga berikan contoh, web saya membutuhkan tools pihak ketiga untuk mendeteksi trafik yang berasal dari VPN. Saya melakukan ini karena trafik anonymous/VPN bisa merusak pendapatan dari Google Adsense. Maka dari itu saya menggunakan layanan dari isproxyip.com, kenapa pake ini? Jelas karena dia memberikan batas 1000 permintaan pengecekan harian gratis. Dan tentu saja batas 1000 permintaan tersebut sudah lebih dari cukup untuk blog saya dengan visitor kurang dari 500 per hari.

Dari sini kamu bisa mencontoh, kalau ada layanan yang bagus yang dimana paket gratisnya bisa lebih unggul dibanding web tools lain. Mungkin jika trafik saya meningkat, saya akan berlangganan disini dengan harga paling murah di mulai dari 2$ perbulan. Kalau melihat dari kesuksesan bisnis google dia lebih banyak memberikan ruang dan alat bagi banyak orang untuk bekerja. Itulah sebabnya Google bisa sukses.



Hindari menggunakan email pribadi saat menaftar

Seandainya kamu diminta mendaftar akun terlebih dahulu sebelum menggunakan. Sebaiknya jangan gunakan email utama, jika kamu memasukan emil utama resikonya bisa lebih besar. Layanan software tools online terkadang sering mengirim email marketing. Bagi sebagian orang kegiatan ini cukup mengganggu, selain email marketing data email kamu juga bisa bocor ke pihak luar.

Alamat email yang tersebar bisa jadi celah keamanan peretas, orang akan menawarkan bisnis, mengirim program jahat, membuat halaman palsu dan lainnya untuk mendapatkan akun Google kamu. Sebaiknya gunakan alamat email alternative ketika ingin mendaftar suatu layanan online.

Setelah percaya dan berlangganan cukup lama, baru deh kamu bisa mengganti alamat email alternative dengan email asli yang kamu gunakan sehari-hari. Hampir semua layanan tools online punya fitur penggantian alamat email, jadi nggak perlu khawatir. Yang terpenting adalah kamu harus tetap mempunyai akses ke akun email tersebut.



Cukup sampai disini artikel yang bisa saya bagikan hari ini, pengalaman setiap orang pasti berbeda. Tapi sebelum pamit, saya akan memberikan daftar beberapa web tools yang bisa kamu coba secara gratis. Berikut ini ada beberapa tools online yang sedang saya gunakan hingga sekarang.

  • Konversi video youtube jadi mp4, dan music mp3 serta downloader nya ryanid.my.id/yt-mp3
  • Hosting gambar dengan gratis bandwidth unlimited, free space 20GB imagekit.io
  • Deteksi pengunjung yang menggunakan VPN/Proxy via API khusus developer gratis 1000 permintaan tiap hari isproxyip.com
  • Debugger menggunakan cURL dengan body yang bisa di kustomisasi khusus developer reqbin.com/req/v0crmky0/rest-api-post-example
  • HTTP Header Checker, periksa kode response header dari permintaan akses tools.keycdn.com/curl dan hackertarget.com/http-header-check
  • Pengecil atau kompressor file gambar dan video gratis youcompress.com
  • Web tools lengkap khusus developer tersedia base64, htmlentiti, colorpiker, binary, texshadow, dll. mothereff.in
  • Tools Penghasil uang dengan memperpendek URL pink.my.id
  • Tools buat miror atau memindahkan file antar penyimpanan clooud, misal dari mega.nz ke Gdrive multcloud.com
  • Tools pencari gambar dengan menggunakan sebuah gambar di semua mesin pencari bing, google, duckduckgo, dll bit.ly/cgambar



Demikianlah seputar tips dan cara memilih web tools gratis dan aman. Mulai sekarang hindari menggunakan banyak tools yang tidak tahan lama. Lebih baik menggunakan yang sudah profesional serta sudah berumur. Pada dasarnya umur adalah pengalaman berharga, siapa saja yang punya umur panjang pasti punya banyak pengalaman. Tetap semangat dalam bekerja, jangan peenah menyerah jika gagal. Semua keberhasilan yang kita dapatkan adalah buah manis dari kegagalan, cobalah berfikir lebih cerdas untuk menyikapi dan menghindari sesuatu yang bisa membahayakan kita sendiri.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚