Penyebab malas mandi dan cara mengatasi malas mandi

Seorang Gadis yang sedang mandi di sungai

RYANID.MY.ID - Malas mandi di pengaruhi oleh berbagai sebab, ada yang di pengaruhi oleh faktor kebiasaan ada juga yang di pengaruhi oleh faktor lain. Mandi sebenarnya bisa menyegarkan badan, namun dalam kondisi tertentu bisa membuat kita tidak nyaman. Misalnya, air yang dingin atau kamu sedang punya luka terbuka.

Malas mandi di sebabkan oleh beragam faktor, tapi ada juga yang mandi berkali-kali dalam sehari. Pekerja keras pasti akan rajin mandi karena mereka merasa capek dan lelah, mandi adalah salah satu cara untuk menghilangkan gerah. Orang yang tinggal di tempat yang bersuhu dingin pasti akan jarang mandi dibanding orang yang tinggal pada iklim panas.

Lalu apa yang akan terjadi bila kita tidak mandi beberapa hari saja? Jika kita tidak mandi, maka keringat dan debu akan menumpuk di badan kita. Jika dibiarkan terus menerus, semua kotoran yang ada bisa menjadi penyebab munculnya penyakit. Jerawat misalnya, kalau kamu jarang mandi, dan jarang membasuh wajah dengan air. Maka minyak dan kotoran yang ada dalam pori-pori akan menggumpal, jika kulit menutup maka ini membuat kotoran tersebut menekan kedalam sehingga terjadi benjolan kecil yang isinya nanah.

Keringat yang kita hasilkan selama beraktititas juga bisa menyebabkan bau badan. Jadi kalau kita jarang mandi bisa menyebabkan penyakit kulit, dan bau badan. Apalagi jika kamu tidak mengganti baju, pasti debu yang ada akan menyebabkan flu/bersin-bersin.

Dalam sehari kita biasanya mandi sebanyak 2x, mandi pagi dan mandi sore. Agar kita semangat mandi 2x sehari tidak pernah bolong, tipsnya mudah. Seorang akan mandi sendiri bila mereka merasa badanya sudah bau atau gerah, sama seperti saya. Sebagian lagi akan mandi kalau mereka merasakan panas, tapi tidak bisa dipungkiri lagi. Karena sekarang sudah ada kipas angin, ac lagi.

Agar kamu bisa rajin mandi, kamu harus mengetahui apa saja manfaat mandi dan penyeba kenapa kita malas mandi. Salah satu manfaat mandi yaitu bisa membuat badan kita yang tadinya gerah / panas jadi lebih segar, kalau kamu sering ngantuk dipagi hari cobalah mandi. Yakin deh badan akan terasa fit kembali, serta membuat kita lebih bersemangat kerja.



Cara membiasakan diri agar rutin mandi 2x sehari.

Kalau kamu merasa gerah, atau merasa bau badan walaupun disiang hari, cobalah mandi. Semakin lama kamu akan terbiasa dengan kebiasaan tersebut, kamu akan jadi paham betapa bermanfaatnya mandi bagi kesehatan. Kamu juga akan mulai merasakan kalau nggak mandi badan jadi bau, panas dan sering sakit. Ketika mandi kamu menjadi lebih segar.

Secara umum manusia punya PFC dalam otak yang bertugas membuat keputusan, PFC ini juga menjadi pengontrol mana yang baik dan mana yang buruk. Jika kamu sudah menerapkan mandi saat panas, saat badan kita bau bahkan semakin rajin mandi maka otak akan selalu mengingat apa yang membuat kita nyaman.

Banyak orang yang malas mandi dipagi hari karena dingin, tahu nggak kenapa gitu? Karena mereka belum merasakan sama sekali apa manfaat mandi buat kesegaran tubuh. Saya sewaktu sekolah mulai dari kelas 5 SD, SMP, SMA malas sekali mandi, dalam seminggu itu mungkin hanya beberapa kali mandi.

Alasanya karena dingin, kalau dulu sebelum kelas 5 SD nenek saya selalu menyiapkan air hangat buat mandi. Walaupun malas mandi tapi lebih suka dengan air hangat, sekarang setelah kelas 5SD saya jadi malas mandi. Setiap mau kesekolah hanya mencuci kaki, tangan kepala dan cuma gosok gigi doang.

Tapi setelah aku merasakan manfaat mandi aku jadi rajin mandi, pagi-pagi biasanya jam 8 pagi sudah mandi. Soree hari sebelum jam 5 sore sudah mandi, kalau sore mandinya semangat. Karena habis kerja cape banget, badan panas, bau keringat lagi. Makanya harus mandi, dan setelah mandi itu. Efeknya benaran terasa, saya yang sebelumnya letih capek jadi segar kembali.



Mengatasi rasa malas mandi

Sebelum masuk ke tahapan mengatasi malas mandi, kamu wajib mengetahui terleih dahulu apa penyebab kamu tidak ingin mandi. Jika kamu merasakan dingin, coba mandi air panas. Hangatkan 1 liter air hingga mendidih, kemudian campur dengan air dingin air kran/bak. Gunakan air hangat tersebut buat mandi, cara ini sering saya lakukan ketika duduk di bangku sd.

Jika kamu lupa, coba buat jadwal dengan alarm bersuara. Satu hal yang sedikit sulit mengatasi malas mandi adalah faktor kebiasaan. Jika kamu terbiasa tidak mandi, kamu harus memulainya, belajar membiasakan diri agar mau mandi. Carilah pekerjaan/aktifitas yang menghasilkan keringat, bisa bikin badan kita gerah. Hal tersebut akan menuntun kamu mandi.



Tidak masalah walaupun cuma mandi 1x dalam sehari, tapi tergantung dengan kondisi badan kamu. Aktifitas yang kita lakukan sehari-hari mrmbuat kulit kita terpapar debu, minyak, dan beragam kotoran lain. Mungkin kamu akan merasakan gatal-gatal di malam hari. Jika memang berniat tidak ingin mandi, gunakan lap basah untuk membersihkan bagian badan. Jangan lupa cuci wajah, tangan, dan kaki.

Bagian tersebut sangat penting bersih, kaki adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan lantai, tanah dan apapun yang kita injak. Begitu juga dengan tangan, tangan bersentuhan dengan benda apapun yang berada di sekitar kita. Mandi adalah salah satu cara membersihkan diri, alternative selain mandi adalah membasuh wajah, tangan, kaki serta membersihkan badan dengan lap basah.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚