Cara menyembunyikan file dengan .nomedia di Android

Mengenal File .nomedia

Hai semuanya, setelah postingan saya kemarin tentang nomedia. Kali ini saya akan memposting kembali cara memanfaatkan file .nomedia di android. Buat temen-temen yang belum paham apa itu nomedia disini saya akan jelaskan sedikit. Nomedia adalah sebuah format file kosong untuk menyembunyikan prview dari sebuah file yang ada dalam sebuah folder. Nah bila dalam sebuah folder terdapat file .nomedia, maka semua file yang ada di dalamnya tidak akan tampil di Galery atau penampil perview media lain nya.

Nomedia sangat penting bagi android, karena dampak penggunaan aplikasi Android itu sendiri gambar konten yang di unduh disimpan dalam memory ponsel. Gambar tetap dalam bentuk gambar, kalau semua gambar di tampilkan di Galery/Penampil Media bisa jadi pengguna akan kesulitan ketika hendak mencari suatu file.

Bayangin saja, ketika kamu punya 1000 Stiker WhatsApp yang berhasil di unduh. Dan semuanya tampil di Galery, pasti sangat mengganggu sekali kan? Nah nomedia bisa mebuat gambar tersebut seakan-akan hilang.

Tapi jangan kewatir faktanya file yang berada dalam folder yang sama masih bisa tetap dilihat menggunakan file manager. Mau pakai filemanager bawaan hp atau aplikasi manager file pihak ketiga sama saja, file masih bisa dibuka kok.

Sekarang sudah jelas kan? setelah mengetahui kegunaan dari file ini, sekarang aku mau mengajak pembaca memanfaatkan file ini. Terus gimana caranya? simak tipsnya dibawah ini.

  1. Buka teks editor andalan kamu
  2. Kemudian, buatlah sebuah file kosong.
  3. Simpan file tersebut ke folder yang banyak mengandung file pribadi kamu, beri nama .nomedia
  4. Kemudian simpan

Setelah selesai kamu bisa membuka aplikasi galery atau penampil media lain yang ada di ponsel kamu. Sekarang kamu tidak akan melihat file yang berada pada folder tersebut. Preview / gambar mini nya tidak di tampilkan, ini sangat bermanfaat sekali bila kamu menyimpan file yang sangat rahasia. Bagi saya file .nomedia saa simpan dalam folder unduhan, karena tekadang saya lupa menghapus file private yang pernah di unduh sebelumnya.

Oh, iya satu lagi nih. Bila kamu membuat file dengan ekstensi .nomedia (tanda titik di awal file) maka file nya akan secara otomatis tersembunyi, untuk melihatnya pastikan kamu mencentang tampilkan file tersembunyi pada setelah file manager kamu.

Agar lebih aman kamu bisa menyimpan file pribadi di atas file folder sistem. Misalnya dalam sebuah folder sdCard/PatName/Android. Nomedia tidak akan menyembunyikan file, tapi hanya bisa mencegah aplikasi penampil media membuat Gambar kecil untuk mem-preview file tersebut.

Kalau kamu menyimpan video atau gambar dari telegram dan gambar tersebut tidak tampil di Galery, bukan karena tidak di unduh. File nya ada, tapi hanya bisa di lihat lewat file manager. Lokasinya ada di sdCard/0/Telegram/

Ngomongin file manager aku merekomendsdikan X-Plore sebagai filemanager untuk menemani kegiatan kamu sehari-hari. FileManager ini sangat lengkap, lebih unggul dibandingkan file manager bawaan Hp.

Untuk aplikasi versi MOD nya kamu bisa download di Blog saya pertama Aplikadi X-Plore BRM Mod Unlocked. Versi ini premium, banyak fitur dibanding versi gratis yang ada di PlayStore.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚