Cara mengatasi gagal upload file ke Google Drive

Mengatasi Google Drive Upload gagal

Google Drive adalah media penyimpanan awan yang di sediakan oleh Google secara gratis untuk pengguna akun Google. Setiap akun diberikan gratis penyimpanan maksimal 15GB, ruang ini mencangkup semua data yang kita simpan di akun Google.

Keunggulan GDrive lumayan banyak, sayang dilewatkan. Banyak dari kita menggunakan layanan ini untuk berbagi file secara darinf di internet, dengan kapasitas 15GB dan penggunaan yang mudah tentu saja kita pasti akan sering menggunakan Gdrive.

Google Drive juga menjadi tempat penyimpanan ketika kita mencadangkan data android ke server awan google. Sebagian file mungkin tersimpan di Google Photos, namun tetap saja space yang digunakan adalah kapasitas yang berada pada Google Drive kamu.

Kegiatan Upload dan download juga bisa dilakukan melalui smartphone android atau juga apple, Google Drive punya aplikasi yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Tapi terkadang kita pernah menemukan kendala ketika ingin mengunggah file menggunakan Aplikasi Google Drive.

Saya juga sering, kendala yang pernah saya temui yakni upload file yang gagal, upload tidak kunjunr berjalan. Padahal konektifitas internet berjalan lancar, saya paham teman-teman pasti pernah mengalami kasus yang sama. Kebetulan banget hari ini saya mau berbagi sedikit pengalaman cara mengatasi tidak bisa upload file di Google Drive.

Bagi kamu yang pernah oprek android pasti sudah menguasai tekniknya, permasalahan ini sebenarnya gampang diperbaiki. Tapi karena kebanyakan orang jarang mengenali/mempelajari kegunaan dari menu-menu yang ada di Android jadinya bingung.

Ada beberapa kemungkinan penyebab yang bisa mengganggu aktifitas upload file di Google drive. Biar kamu paham aku buat daftarnya aja. Simak daftar permasalahan yang menyebabkan file tidak bisa di unggah.

  • Kamu tidak memberikan izin akses internet pada aplikasi Google Drive.

  • Pengaturan Hemat data hidup, sehingga membuat aplikasi menunda proses upload sampai anda terhubung ke wifi.
  • Adanya firewall yang menghalangi akses ke server Google Drive.
  • Kamu tidak punya pulsa atau kuota yang kamu gunakan tidak bisa berjalan tanpa pulsa.
  • Aplikasi diblokir dari akses data di latar belakang


Beberapa penyebab di atas mungkin tidak masuk akal, ya yang benar saja karena jika tidak ada akses internet atau tidak bisa terhubung ke server google pastinya file tidak bisa diunggah. Namun kasus yang kamu alami adalah gagal mengunggah di tengah-tengah unggahan.

Sebenarnya kegagalan mengunggah file ke server google adalah koneksi internet yang lambat. Seperti yang anda ketahui ketika koneksi internet lambat dan proses unggahan terhenti dalam jangka waktu yang sedikit lama itu menyebabkan koneksi ke server terputus.

Koneksi ke server terputus disebut juga dengan istilah time out, sebagian proses bisa dilanjutkan kembali tanpa harus mengulanginya dari awal. Namun sebagian lagi tidak bisa diulangi dan kamu wajib mengunggah file dari awal.

Ketika mengalami gangguan yang sama seperti yang saya sebutkan diatas adapun langkah yang saya lakukan seperti daftar di bawah ini:

  • Pertama memeriksa apakah smartphone saya terhubung ke internet menggunakan aplikasi speed meter atau terkadang saya akan membuka aplikasi facebook lite.
  • Jika smartphone saya terhubung ke internet maka saya akan melakukan pemeriksaan terhadap pengaturan jaringan internet pada aplikasi. Caranya masuk ke menu setelan kemudian cari aplikasi google drive, pada bagian menu perizinan pastikan aplikasi diijinkan menggunakan koneksi data internet.
  • Periksa apakah aplikasi diizinkan menggunakan akses internet data latar belakang. Kamu mungkin perlu mengizinkan beberapa aplikasi google lainnya sebagai pendukung aplikasi berjalan di latar belakang.
  • Kemudian kembali ke Google Drive, navigasikan ke tempat mana file kamu unggah sebelumnya. Klik opsi titik 3 ke bawah, kemudian pilih ulangi unggah. Tapi terkadang ada logo panah ke atas pada icon file, kamu bisa langsung klik saja.


Apabila proses unggahan mulai berjalan biarkan smartphone anda terbuka dan menjalankan aplikasi google drive tanpa berpindah ke aplikasi lainnya. Membuka aplikasi secara bersamaan bisa membuat kapasitas RAM Android jadi berkurang. Semakin berkurang maka sistem android kamu akan melakukan penghentian terhadap aplikasi terakhir yang kamu buka.

Jika aplikasi Google Drive berada di urutan kedua atau ketiga, proses upload bisa terganggu. Mengunggah dokumen ke google drive memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Kecepatan waktu unggah dipengaruhi oleh kecepatan akses internet dari provideder ISP kamu. Nggak cuma itu, ukuran file juga turut berpengaruh terhadap proses upload.

Untuk mempercepat proses pengunggahan sebaiknya kompres dokumen anda menjadi file arsip dengan format zip atau rar, meng-kompres file bisa mengurangi ukuran file sekitar 20%. Format kompresi dengan tingkat ukuran yang lebih kecil adalah tar.gz. Format tar.gz biasanya digunakan pada file dengan ukuran yang besar.

Jika file kamu berupa video, kamu bisa mengkonversi ke dalam bentuk file yang lebih kecil atau format streaming (.ts). Perlu diketahui ya, pada file yang besar pada akhir upload / download kecepatan transfer bisa menurun 10x lipat.

Situs web seperti youtube mempunyai mesin yang dapat menyesuaikan ukuran fils video berdasarkan kualitasnya dan kecepatan jaringan penonton. Oleh sebab itu video youtube bisa lebih cepat ditonton dibanding proses mengunggah file original ke Youtube.

Demikian untuk postingan kali semua penjelasan yang saya rangkuman dalam teks singkat di atas. Sebagian orang bisa memahami hanya dengan membaca teks biasa, namun sebagian lagi membutuhkan gambar agar bisa memahami dengan baik.

Saran saya, pelajari lebih dalam sistem android dan kuasai sistem dan menu-menu yang tersedia di android. Berbagai pengaturan yang disertakan di dalam android dirancang untuk memudahkan kita dalam mengontrol sistem gadget sendiri.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚