Review Lampu Emergency Intelligent 28Watt

Lampu Emergency Darurat

Apa kamu sedang mencari lampu emergency untuk rumahmu? Di toko online, ada banyak pilihan lampu emergency yang bisa kita beli. Tersedia mulai dari harga yang paling mahal dan harga yang paling murah.

Nah, di indonesia kebanyakan masyarakan ber-ekonomi menengah sehingga nggak heran kalau produk dengan harga murah lebih banyak dipilih dibanding produk dengan harga mahal.

Kamu pasti pernah menemukan lampu LED darurat yang sama dengan lampu LED pada biasa nya kan? Tapi uniknya lampu ini dilengkapi dengan baterai, bisa menyala otomatis ketika listrk padam, terus harganya cuma 23ribuan.

Memang seperti yang kebanyakan dikatakan orang, ada kualitas ada harga. Tapi kalau membeli produk yang tidak bisa digunakan ya sama saja tidak ada manfaatnya, atau bahasa kasar nya "buang-buang duit"

Pada artikel ini saya akan membahas lampu darurat merek intelligent, harganya 23 ribu. Saya beli di tokopedia, beli nya dua unit dengan total belanja 46ribuan (tanpa ongkir).

Berdasarkan pengalaman saya saat unboxing lampu LED ini sama seperti lampu LED biasanya, tapi perbedaan nya dalam lampu ini terdapat lebih banyak LED SMD nya dibandingkan lampu led biasa.

Kemudian dilengkapi dengan baterai jenis Lead Acid (aki kering) kapasitasnya kemungkinan cuma 350mAh, pada posisi baterai terisi penuh lampu ini bisa menyala selama 30 menit. Sudah saya coba sendiri, tidak seperti yang ada di catatan penjual.

Pada catatan penjual lampu bisa bertahan selama 3 jam - 6 jam ketika listrik padam. Kenyataanya setelah saya coba, lampu ini hanya sanggup bertahan selama 30 menit saja.

Dari segi kualitas cahaya memang sedikit redup, tapi ini sudah cukup. Karena kalau cahayanya terang bisa menambah efek panas yang diterima oleh LED SMD, semakin panas led tidak akan bisa bertahan lama, penggunaan baterai juga semakin boros.

Karena baterainya cuma berkapasitas 350mAh, saya coba ganti menggunakan baterai bekas HP dengan kapasitas 2400mAh. Percobaan pertama dengan kondisi baterai yang ter-isi penuh, lampu bisa bertahan selama 1 jam 58 menit.

Percobaan saya di atas membuktikan kalau baterai 2400mAh saja hanya bisa menghidupkan lampu selama kurang dari 2 jam, apalagi menggunakan lead acid baterai dengan kapasitas 350mAh.

Bagi teman-teman yang tidak paham elektronika membeli lampu jenis ini sama saja dengan buan-buang duit, lampu tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Jadi kalau ada keadaan darurat, misalnya aliran listrik terputus selama 6 jam lampu ini hanya bisa bertahan selama 30 menit.

Deksripsi dibawah ini tidak ada dalam kemasan, saya mendapatkan ini dari hasil meneliti setiap komponen yang saya temukan dalam rangkaian lampu.

Detail/komponenSpesifikasi
Led SMD29 buah
BateraiPB Lead Acid Mini 4.2v (200mAh)
Pengisian DayaDioda Kiprox
Daya Tahan 30 Menit
Jenis SaklarShort Capacitive Hight Ristance
PencahayaanSedikit Redup tapi led tidak terlalu panas
HargaRp 23.000,-



Prinsip Kerja Lampu Darurat

Lampu Darurat jenis ini menggunakan saklar elektronik dari transistor dengan memanfaatkan hambatan tinggi. Bila ada listrik yang mengalir di kaki resistor meskipun hambatanya tinggi maka lampu akan menyala.

Tapi bila ada listrik yang mengalir di antara dioda dan kaki E nya transistor maka dia akan cut Off karena transistor berhenti bekerja dan menghabat aliran listrik dari baterai ke lampu.

Lampu ini akan menyala bila ada sedikit hambatan pada jalur inputnya, pada saat mati lampu. Sekumpulan alat listrik yang terhubung pada soket yang sama menjadi saklar untuk lampu ini agar bisa menyala. Tangan manusia maish tetap bisa mengalirkan listrik karena punya kelembaban.

Baterai nya akan otomatis ter-isi karena sudah mendapatkan aliran listrik langsung dari PLN, aliran listrik AC di turunkan daya nya menggunakan Resistor 10k Ohm dan kapasitor Keramik. Kemudian di searahkan oleh chip dioda kiprox mini.

Karena listrik AC lumayan besar yakni 300volt setelah di searahkan, maka sebagian lampu Led SMD disusun seri untuk mencapai tegangan kerja yang diinginkan. Sedangkan khusus penggunaan baterai lampu led SMD di susun paralel dengan tegangan kerja 3 volt.

Dalam sistem kerja nya, kalau menggunakan baterai semakin banyak led SMD yang di paralel maka semakin besar daya beban, semakin besar juga penggunaan daya baterai oleh lampu. Cahaya yang terlalu terang juga berpotensi membuat daya tahan lampu berkurang, sebagai contohnya saya pasang li-ion 2400mAh saja hanya bertahan selama 1 jam 58 menit.

Sebagian energi listrik juga di ubah jadi energi panas, makanya baterai cepat habis. Beruntung panas yang dihasilkan tidak melebihi daya tahan lampu, karana kalau lebih lampu bisa terbakar.

Sebenarnya produk ini sudah bagus, hanya saja kapasitas baterai yang di sematkan di dalam nya kurang besar. Kemudian, tidak adanya pelindung terhadap baterai, memungkinkan baterai bisa rusak lebih cepat.

Setelah dibeli saya ber-inisiatif untuk memodifikasi lampu ini, dengan menambahkan 4 buah baterai lithium bekas HP dengan masing-masing kapasitas 2400mAh sehingga totalnya 9600mAh (9.60AH).

Dan berdasarkan perhitungan untuk menghidupkan 12 buah LED SMD mini, bisa mencapai 8 jam tanpa mati. Rumus yang saya gunakan seperti ini.

2400mAh = 01:58 (genapkan saja jadi 2 jam)
2x 4 = 8 jam

Semakin banyak led SMD yang dihidupkan semakin cepat baterainya habis, gunakan resistor 980 Ohm untuk membatasi total arus yang mengalir pada lampu. Jika dibiarkan tanpa resistor arus yang mengalir lebih besar, sangat tidak efisien.

LED SMD juga akan panas, semakin panas semakin kecil mata let (cahaya penedangan). Berdasarkan penjelasan saya di atas kamu mungkin dapet kesimpulan kenapa lampu ini di rancang seperti itu.

Dengan harga 25ribu rupiah untuk menyiapkan 30 menit waktu bagi kita akan sangat berharga sekali. Kalau sebelumnya lampu bisa mati secara tiba-tiba, dengan adanya emergency ini kamu jadi punya waktu untuk menyiapkan penerangan yang lebih lama.


Kualitas berdasarkan pemakaian Real

Tidak semua penjual jujur, ulasan/rating yang ada di toko onlinepun tidak bisa di percaya. Pembeli cenderung memberikan penilaian tanpa mencoba produknya terlebih dahulu, sehingga takheran kalau nilai rating yang ada kebanyakan tidak sesuai dengan ekspetasi produk aslinya. Disini saya ingin menceritakan pengalaman saya selama pemakaian.

Lampu LED ini sebenarnya tidak bertahan selama 3-6 jam seperti pada deskripsi produk, kualitasnya juga kurang bagus. Tidak cocok buat penggunaan dalam jangka lama, lampu ini menggunakan Baterai kering jenis LEAD ACID. Tapi pemasananya, baterai di lem langung ke papan pcb lampu. Cara seperti ini berbahaya, karena baterai akan menerima panas langsung yang di alirkan oleh led SMD.

Terlalu sering menerima panas baterai bisa lebih cepat rusak, terkadang bisa juga meledak. Selain itu komponen pengisian daya hanya terdiri dari dioda kiprok dan hambatan 17 lampu LED SMD. Bila dinyalakan secara terus menerus dengan mengunakan PLN, baterai bisa mengalami overcharger terus menerus. Bisa berdampak pada umur pemaiakan baterai, makanya saya bilang perlu di modifkasi agar bisa menjadi lampu emergency yang aman.

Harga asli lampu ini hanya 16ribu rupiah saja, harga berubah jadi lebih mahal karena di naikan oleh penjual. Saya membeli lampu ini hanya untuk mengambil led nya saja.

Bila kamu masih berminat dengan produk ini, bisa Beli produk di sini



Update, Setelah di modifikasi diganti baterai serta penambahan Modul TP4056

Lampu Emergency
Gambar di atas adalah hasil modifikasi, sengaja dibuat seperti itu karena menyesuaikan terhadap baterai yang digunakan. Saya menggunakan baterai bekas Powerbank 2000mAh tiga sel dengan tambahan modul TP4056 yang sudah dilengkapi dengan IC Charger.

Untuk modifiksi sebenarnya lebih bagus menggunakan baterai bekas HP. Saya bikin jadi seperti ini karena memanfaatkan baterai bekas, jauh lebih murah dibanding membeli baterai baru.

Sementara lampu yang satu lagi saya hanya tambah baterai bekas HP Samsung Galaxy, itu loh baterai HP mini. Dengan kapasitas 2400mAh lampu bisa hidup selama 2 jam 30 menit sebelum akhirnya mati.

fitur nyala otomatisnya sengaja tidak digunakan, posisi saklar dalam mode on. Saya hanya memanfaatan saklar yang ada pada pitting lampu. Dengan tambahan 3 sel baterai bekas powerbank lampu darurat ini sudah bisa menyala non stop selama 10 jam.

Bahkan dia masih sanggup hidup 2 jam lagi, tapi cahaya yang dihasilkan sudah mulai redup. sudah di tes. 12 unit Led SMD mampu bertahan selama 10 jam dengan total kapasitas baterai 2000mAh x 3 = 6000mAh ( 6Ah).

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚