Cara menghidupkan kulkas dengan inverter 500w HF

Menghidupkan kulkas dengan inverter taffware

Banyak orang salah persepsi mengenai power inverter Hight Frequency, mereka menyatakan kalau inverter ini sangat tidak effisien, dan tidak sanggup terhadap beban lonjakan yang tinggi. Jangan salah, inverter Hight frequency justru lebih stabil, dan juga lebih hemat daya di banding power inverter Low Frequency.

Perbedaan inverter HF dan LF terletak pada segmen sistem penaik tegangan, Inverter HF menggunakan dua segment converting sedangkan LF cuma satu segment. Inverter Low Frequency menggunakan frekuensi tinggi untuk menaikan tegangan listrik dari 12v ke tegangan tinggi 400 volt DC. Penggunaan frekuensi tinggi justru lebih effisien, karena dapat memperkecil ukuran transformator, dan juga lebih ringan.

Tegangan tinggi 400 Volt tersebut kemudian di olah kembali untuk menjadi listrik AC 220V dengan frekuensi kerja 50Hz. Sedangkan pada power inverter Low Frekuensi menggunakan satu transoformator tunggal, ia sepenuhnya bergantung pada lilitan trafo untuk dapat mencapai tegangan 220V secara langsung.

Kehandalan power inverter Low Frekuensi dapat di temukan pada video DMP Elektro berikut ini, inverter LF lebih effisien terhadap daya stanby maupun saat ada daya beban. Ini di sebabkan karena inveter LF mampu menghandle arus balik yang di sebabkan oleh beban induksi.

Kulkas membutuhkan arus start awal yang tinggi, arus tinggi di butuhkan karena kompresor harus menekan fluida berupa freon dan juga mengatasi beban dirinya sendiri. Setelah berputar ia akan stabil mengonsumsi arus lebih rendah, beban sentrifugal membantunya berjalan lebih lancar.

Beberapa orang menggunakan softstart, padahal penggunaan sofstart tidak di rekomendasikan. Itu akan menyebabkan kulkas jadii ngejim alias macet. Gagal start, ini merupakna masalah umum yang terjadi pada kulkas.


Penyebab inverter Protect saat hidupkan kulkas

installasi inverter nya.jpg
Taffware 1000W mempunyai daya lonjakan kejut sebesar 1000W untuk menangani starting beban, dengan daya continue 500W. Kulkas yang dapat di hidupkan dengan power inverter taffware adalah kulkas dengan daya 50-250 Watt. Rata-rata daya kulkas rumahan berkapasitas 100-500 liter volume.

Kalau kita hitung arus yang di konsumsi oleh kompresor kulkas sekitar berkisar 0.2 s/d 1.1 Ampere, angka yang lumayan kecil untuk sebuah komponen elektronik. Tapi ingat, pada input tegangan DC nya akan menyentuh angka 20-30 Ampere.

Inverter taffware saya pernah menyentuh angka 40 Ampere continue digunakan untuk menanak nasi selama 30 menit, dan juga memanaskan air selama 40 menit dengan penggunaan 500W alias 41 Ampere input DC. Ini menunjukan bahwa inverter ini mampu menghandle arus sebesar itu tanpa mengalami kendala.

Masalah sebenarnya terletak pada sistem installasi, sistem installasi yang buruk menyebabkan inverter protect ketika di kenai beban kejut yang besar. Bisa di hitung titik pada input inverter tegangan turun drasis ke angka di bawah 11 volt. Inilah yang menyebabkan masalah, tapi kebanyakan orang tidak memahami dengan baik, mereka malahan mengakali dibanding memperbaiki. Contohnya menggunakan softstart.

Kabel installasi yang panjang dapat membuat penurunan tegangan pada input DC, dan juga diameter yang kecil berpengaruh. Itulah mengapa pada mobil kabelnya besar-besar bak selang pipa. Untuk menghindari penurunan tegangan pada titik inverter, usahakan jarak antara inverter dengan baterai sedekat mungkin, sehingga kebutuhan kabel jadi lebih pendek.

Selain itu gunakan kabel dengan diameter lebih besar, kabel AWG 2.5MM saja tidak cukup untuk mentransmisikan arus tinggi dalam bentuk kejut. Di butuhkan 2x 2.5MM agar bisa mendapatkan arus kejut yang besar. Masalah penurunan tegangan dan arus yang besar hanya terjadi pada power inverter dengan input tegangan lebih rendah 12 -24v..


Memperbaiki installasi agar bisa hidupkan kulkas

kanel daya 1000A.jpg
Jika tidak ada kabel yang besar sebaiknya gunakan busbar, kalau tidak ada busbar gunakan kabel yang sudah di gandakan. Jika kabel sebelumnya pakai 2.5MM maka di gandakan jadi dua kabel, nanti totalnya akan menjadi 4 buah kabel.

Jarak antara power inverter dengan baterai usahakan sedekat mungkin, tegangan listrik akan turun 1-2volt per 2 meter kabel. Tegangan yang turun dapat menyentuh angka di bawah 11 volt yang menyebabkan inverter dapat protect. Tegangan di titik inverter harusnya tidak turun lebih dari 1 volt saat dikenai beban, apabila turun drastis maka akan menyebabkan inverter protect.

Perlindungan protect pada inverter taffware adalah mekanisme low voltage disconnect atau perlindungan terhadap tegangan rendah, ini adalah fitur umum. Jika di biarkan semakin turun tegangan inverter akan menyedot arus lebih besar lagi untuk dapat memenuhi kebutuhan daya listrik.

Jika anda menggunakan baterai VRLA, sebaiknya tidak memilih baterai Mobil?Accu Mobil. Baterai mobil mempunyai sifat yang tidak cocok terhadap beban kejut yang tinggi. Sebaiknya pilih accu khusus jenis VRLA atau menggunakan baterai Lithium Pack seperti LiPolymer, LifePo4 yang lebih tangguh.

Pada ujung sambungan jangan hanya bergantung pada satu skun, skun biasanya mempunyai ujung yang lebih tipis. Pada titik ujung yang hanya pakai 1 skun biasanya rawan panas dan terjadi penurun tegangan, gunakan dua skun pada satu kutub kabel ganda yang sudah di buat sebelumnya.

Jika anda berniat menggunakan MCB ( Miniatur Circuit Breaker) pastikan memilh MCB khusus yang tidak mengurangi tegangan start awal.


Setelah semua installasi di perbaiki, anda bisa mencoba menghidupkan kulkas menggunakan power inverter ini. Pastikan baterai yang di gunakan mempunyai kapasitas Drain yang tinggi, karena arus start awal yang akan di konsumsi oleh inverter sekitar 20-30A untuk kulkas 250Watt.

Jika inverter protect, lihat bagian panel voltmeter. Cabut steker kulkas, dan koneksikan ulang, lihat apakah ada penurunan tegangan di bawah 11 volt? Penurunan tegangan mungkin tidak bisa di lihat dengan baik karena hanya terjadi dalam hitungan mili detik, lebih singkat dari apa yang bisa di lihat.

Apabila ada penurunan tegangan perbaiki installasi, ada yang salah dengan installasi anda. Coba kencangkan baut pada titik titik sambungan skun, kalau menggunakan MCB coba mcb nya di lepas terlebih dahulu, experiment tanpa mcb dulu.

Tidak di rekomendasikan menggunakan capit buaya untuk menghidupkan kulkas, capit buaya tidak mempunyai daya cengkeraman yang lebih kuat. Itu akan panas, ganti capit buaya dengan skun asli dan pasang Mur yang kuat.


Buat yang belum punya power inverter Taffware NBQ 1000, dapatkan diskon pada produk link berikut ini, Taffware 1000W Discount 30%. Selama promosi masih berlangsung harga di potong 30% dari total harga Rp 497k menjadi Rp 347k.

RyanID
RyanID Scroll terus ke bawah, sampe kamu menemukan topik yang menurutmu berguna. Jangan lupa, tinggalkan komentar slur.