Cara mengatasi dan mencegah HP Panas Berlebihan

Smartphone android yang panas

RYANID.MY.ID - Smartphone panas disebabkan akibat penggunaan sumber daya yang berlebihan, smartphone juga bisa beresiko terkena panas dari hardwarenya sendiri. Panas disebabkan karena meningkatnya konsumsi energi listrik, sisa dari konsumsi listrik diubah jadi energi panas.

Panas terjadi akibat dua medium yang menjadi tempat mengalirnya listrik mempunyai panampang kawat yang minim, sehingga pada jumlah daya konsumsi yang besar bisa menghasilkan panas. Ini biasanya tetjadi didalam sirkuit kecil pada smartphone.

Tak cuma itu, baterai juga bisa menghasilkan panas apabila sumber energinya diserap lebih banyak dan cepat. Pemborosan daya pada smartphone dipicuh akibat jaringan buruk, dan juga menjalankan aplikasi yang membutuhkan proses besar. Misalnya memutar video youtube HD 1024px, pastinya CPU akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan gambar jernih yang sesuai yang nantinya diproses oleh GPU unit.

Nomongin smartphone panas, semua merek tipe, jenis HP bisa panas. Panas yang terjadi bisa terus berlanjut, bahkan bisa jadi lebih panas seperti seterika. Menggenggam Smartphone yang panas pastinya sangat tidak nyaman, oleh karena itu anda wajib menurunkan susuh terlebih dahulu sebelum menggunakanya ulang.

Dalam percobaan saya sehari-hari saya berhasil melakukan penyrunan suhu smartphone hanya menggunakan satu cara. Mau tau bagaimana cara mudah menurunkan suhu smartphone? Simak cara berikut ini, saya yakin kamu pasti bisa melakukanya.


Cara mudah menurunkan suhu pada Smartphone

  • Bila terjadi kenaikan suhu secara mendadak Hentikan penggunaan sementara.
  • Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan untuk mengakhiri proses latar belakang.
  • Matikan sambungan data Internet
  • Diamkan Hp selama beberapa menit sampai dia dingin kembali
  • Setelah dingin anda boleh memainkanya dan menjalankan aplikasi yang sama.

Penting, bila anda terus menggunakan smartphone yang panas maka dia akan bertambah panas dan panasnya bisa terjadi dalam jangka waktu lama. Menghentikan penggunaan sementara bisa membuat CPU istirahat sebentar, setelah itu CPU boleh bekerja lagi dengan mengambil frekuensi kerja yang lebih rendah. Periksa apakah jaringan internet anda lemah, panas pada ponsel juga disebabkan oleh faktor jaringan yanh lemah.

Jaringan Radio lemah bisa membuat ponsel menggunakan energi yang besar agar bisa menemukan jaringan dari BTS terdekat. Signal pada bar ponsel hanya menggambarkan seberapa bedar signal yang anda terima, namun kecepatan transfer data masih bergantung pada jarak BTS yang ada. Semakin jauh jaraknya semakin lemot jaraknya, signal dari BTS pemancar jauh lebih kuat dibandingkan signal yang dipancarkan oleh HP.

Kemudian jangan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, menjalankan aplikasi secara bersamaan bisa menggunakan sumber dyaa yang besar.

Setelah anda selesai menjalankan aplikasi lain, jangan gunakan tombol Home untuk menutup aplikasi. Tapi, tutup secara langsung dengan mengakhiri sesi. Hindari menggunakan kipas tambahan, kipas tambahan hanya akan menambah pemakaian energi.

Demikianlah cara menurunkan suhu pada android dengan cepat, anda hanya membutuhkan 10-20 menit agar android bisa dingin spenuhnya. Jangan melakukan pengisian saat sedang dalam pendinginan, proses pendinginan bisa berjalan dengan lancar.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚