Cara menjadikan telegram sebagai penyimpanan pribadi

Cara menjadikan telegram sebagai cloud storage

RYANID.MY.ID - Dalam kegiatan sehari-hari pasti kita pernah menggunakan cloud Storage, entah disadari atau tidak saya yakin semua pengguna smartphone android sudah menggunakan layanan penyimpanan awan. Sebenarnya, apa sih layanan penyimpanan awan itu?

Layanan penyimpanan awan adalah suatu penyimpanan online yang memungkinkan penggunanya bisa menyimpan dokumen berupa file. Dokumen ini bisa di akses di perangkat mana saja asalkan diberi akses login atau akses ke URL sumber file.

Pengguna android sudah familiar dengan Google Drive, ya setiap pengguna android yang punya email. Diberikan penyimpanan gratis sebesar 15GB oleh Google. Penyimpanan ini bisa digunakan sebagai tempat menyimpan data dari produk google yang kamu gunakan.

Misalnya kamu menggunakan layanan Google Photos, gambar yang kamu simpan sebenarnya tersimpan di aku Google Drive dalam folder tertentu. Atau mungkin kamu mencadangkan data dari android ke Google Drive, semua data akan tersimpan di penyimpanan server Google.

Baiklah, sekarang mari kita lirik telegram. Telegram adalah aplikasi pengirim pesan instan dengan banyak fitur. Tidak seperti WhatsApp yang tidak menyimpan data pada server mereka, justru telegram menyimpan nya. Tapi sebenarnya, data sobat di simpan ke semua CDN Global yang di sewa oleh Telegram.

Hal inilah yang membuat pengiriman pesan, unggah media, dan download media jauh lebih cepat. CDN sendiri merupakan singkatan dari Content Delivery Network, alias jaringan data yang terdistribusi. Seperti cache gitu, jadi konten kamu bisa tersedia di banyak tempat.

Begitu ada orang yang mengakses nya, CDN akan memberikan file yang bersumber dari server terdekat. Sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengunduh file nya.



Apa Mungkin bisa menjadikan telegram sebagai Penyimpanan

Sebelum saya menjawab mungkin atau tidaknya, saya akan jelaskan dulu bagaimana sistem kerjanya. Sistem kerjanya gini kmau cukup mengirim pesan ke telegram, nanti pesan tersebut kamu simpan dalam sbeuah channel privet. Pertanyaanya sampai berapa lama data bisa disimpan?

Kalau melihat telegram sendiri di telegram punya yang namanya penghancur otomatis, jadi kalau kamu tidak online selama minimal 6 bulan maka akun kamu akan di hapus oleh telegram beserta semua media, grup, dan data lain yang ada di dalamnya. Fitur ini bisa di atur lewat menu pengaturan ke palng lama maksimal satu tahun.

Berarti kamu wajib login ke telegram minimal sebelum mencapai satu tahun sekali. Kemudian, akun telegram admin sebaiknya tidak di jadikan sebagai akun utama. Ini karena telegram punya peraturan yang ketat, akun bisa saja dihapus oleh telegram akibat keteledoran pemakai.

Kamu bisa baca artikel saya sebelumnya tentang penyebab akun telegram tiba-tiba di hapus guna mengetahui secara mendalam apa saja sih yang bisa menyebabkan akun jadi terhapus.

Kemudian, ada pertanyaan lagi. Apakah file bisa di akses di luar telegram? Jawabnya bisa, semua file yang sudah kamu unggah ke telegram akan tersedia secara publik. Apabila kamu mengetahui id sebuah file maka kamu bisa mengaksesnya menggunkan bantuan bot telegram. Jika id file nya nggak tersebar berarti file nya tetap aman ya.



Cara menjadikan telegram sebagai media penyimpanan

  • Buatlah sebuah channel private dan tambahkan semua akun telegram yang kamu punya sebagai admin.
  • Untuk mengirim dokumen kamu cukup kirim pesan media ke channel tersebut.
  • Apabila kamu mengunduh salah satu media, maka media tersebut akan tersimpan dalam folder sdcard/Telegram/ Idsana terdapat folder audio, documents, images dan video.
  • Kalau kamu memindahkan penyimpanan default ke eskternal sdcard, jalur penyimpananya ada di storage/sanDisk/Android/org.telegram/messenger/files/telegram

Perhatikan kalau file offline nya nggak muncul di galery atau penampil media lain, itu artinya terdapat file bernama .nomedia yang melarang konten ditampilkan dalam bentuk pratinjau. Kamu tidak bisa menghapus file .nomedia, karena file ini akan selalu dibuat otomatis oleh aplikasi telegram. Cara terbaik dengan menyalin file ke folder lain.


Seperti itulah cara menjadikan telegram sebagai penyimpanan pribadi secara online, semua dokumen yang kamu unggah akan tetap tersedia secara offline apabila kamu tidak mengganti perangkat yang digunakan. Jalur penyimpanan sudah saya sebutkan, file nya tidak akan terpengaruh oleh aplikasi pembersih sampah. kecuali kamu melakukan pembersihan data secara langsung lewat aplikasi telegram.



Pengalaman menyimpan file di akun telegram

Sejak tahun 2020 saya sudah mempunyai akun telegram dengan nomor hp utama (nomor pribadi), di dalamnya ada sebuah channel privat yang saya gunakan untuk menyimpan cerita / novel. Sumbernya saya copy paste dari Quora dan Watppad. Sampai saat ini catatan tersebut masih ada, kalau dihitung sudah hampir dua tahun media nya ada di telegram. Tujuan saya menyimpan media tersebut agar bisa di baca kembali di saat tida ada kuota.

Dan baru-baru ini saya juga menyimpan film di akun telegram menggunakan channel private. File nya didapat dari import dari web lain menggunakan URL. Nama bot tools yang saya gunakan @urluploadxbot. terkadang bisa juga di fordward dari channel lain, sayangnya hasil forwarded media bisa terhapus kalau channelnya sumber filenya kebanned.

Masih tetap aman buat menyimpan dokumen / file yang berhak cipta, selagi kamu tidak menyebarluaskanya. Misal memfordward media ke chat publik, kalau ada yang lapor ke telegram (Di laporkan oleh orang lain) otomatis akan kebanned. hati-hati saja, media pribadi jangan dijadikan media publik, akun penyimpanan pribadi jangan dijadikan akun pribadi.

Jurnalis
Jurnalis Hai cuy, kalo mau komen klik ikon logo komentar dibawah ya. Samping logo twitter tuch 😚